Hypercar Buatan Pabrikan Swiss Ini akan Punya Tenaga Nyaris 2000 HP

VUADENS, Carvaganza – Sebentar lagi Morand Cars, pabrikan asal Swiss akan meluncurkan hypercar pertamanya di tahun 2023 dengan bekal mesin hybrid dan listrik. Baik dengan tenaga hybrid ataupun listrik kabarnya hypercar ini mampu mencapai kecepatan maksimal hingga 400 km/jam.  

Hypercar yang diproduksi oleh perusahaan lokal Morand Swiss ini akan menggunakan chassis monokok yang terbuat dari serat karbon dan struktur bodinya terbuat dari komposit material yang ringan dan kokoh atau disebut Amplitex. Sehingga beberapa bagian seperti kap mesin, pintu, sayap, jok, dan ruang interior terbuat dari Amplitex Bcomp. Meski bahannya ringan, Amplitex kabarnya memiliki massa yang  lebih berat dari serat karbon namun sudah melalui uji tabrak dengan hasil yang memuaskan. 

Dalam hal jantung pacunya akan terdapat mesin V10 berkapasitas 5,2 liter yang mampu menghasilkan tenaga 690 hp dan torsi maksimal yang mencapai 542 Nm. Kemudian tersedia pula tiga motor listrik yang bekerja untuk menggerakan roda dengan songkongan dari transmisi manual-otomatis 7-percepatan Xtrac.

Morand Cars Hypercar Swiss

Sedangkan untuk model dengan tenaga listrik akan dibekali dengan motor permanen di keempat rodanya yang menghasilkan tenaga maksimal hingga 1.950 hp. Tenaga tersebut bersumber dari baterai berkapasitas 70 kWh dengan bobot 400 kg dan menghasilkan daya 1.400 kW.

Selain itu, Morand Swiss juga tengah fokus pada teknologi pengisian daya baterai yang cepat. Perusahaan menargetkan untuk seluruh hypercarnya dapat melakukan pengisian daya baterai hingga penuh dalam 12 menit dengan pengisi daya 350 kW atau bisa lebih cepat mencapai tujuh menit dengan menggunakan pengisi daya 560 kW. 

Sementara pada model hybrid, Morand Swiss akan menggunakan perangkat penyimpanan jenis baru untuk menyokong baterai berkapasitas 300 kW dengan superkapasitor 4,5 kWh. Tujuannya untuk menjaga bobot kendaraan di bawah 1.250 kg meskipun dengan memboyong baterai dan mesin penggerak. Motor listrik pada model hybrid ini juga diklaim dapat membawa hypercar tersebut hingga jarak 50 km.

Morand Cars Hypercar Swiss

Morand Swiss sendiri merupakan perusahaan yang didirikan oleh Benoit Morand yang dikenal sebagai mantan Manager Team Le Mans. Dirinya mengajak Eric Boullier yang juga memiliki latar belakang pengembangan mobil super cepat di F1. Eric memang diketahui pernah terlibat di tim Lotus F1 sebagai Team Manager dan ia juga pernah menjabat sebagai Race Director di tim McLaren F1.

Prototipe Hypercar buatan Morand Swiss sendiri akan diluncurkan pada tahun ini, kabarnya model hybrid akan lebih dulu dikenalkan kemudian pada 2022 menyusul model listriknya. Belum ada informasi lebih detail lagi tentang kendaraan super cepat ini, tetapi Morand akan membanderol hypercarnya sekitar 1,7 Euro atau sekitar Rp 29 miliar. Harga yang pantas untuk sebuah hypercar dengan produksi terbatas, sekitar 73 unit di seluruh dunia.
ALVANDO NOYA / WH

Sumber: Autocar

Artikel yang direkomendasikan untuk anda