Toyota Supra dan Nissan GT-R Adu Drag Race, Siapa yang Menang?

COLORADO, Carvaganza – Toyota Supra dan Nissan GT-R adalah dua nama yang sejak dulu menjadi berhala bagi penyembah JDM (Japan Domestic Market) di seluruh dunia. Mereka adalah dua dari mobil-mobil terbaik di dunia yang juga hasil karya dari dua produsen mobil besar dunia.

Tetapi kini, keduanya berada di alam yang berbeda. Harga misalnya, Toyota Supra di AS dijual dengan harga sekitar US$ 45 ribu sedangkan Nissan GT-R US$ 115 ribuan. Harga GT- dua kali lipat dari harga Supra. Kenapa lebih mahal?

Nissan GT-R dibekali mesin V6 berkapasitas 3,8 liter yang bertenaga 564 hp. Sementara Toyota Supra dibekali mesin 6-silinder turbo buatan BMW yang hanya menghasilkan 335-382 hp. Belum lagi Nissan GT-R punya sistem penggerak All-Wheel Drive (AWD) sedangkan Toyota Supra memakai sistem penggerak roda belakang (RWD).

Berangkat dari fakta di atas, kesimpulannya di atas kertas Nissan GT-R punya performa yang unggul dibanding seteru lamanya itu. Tetapi di atas lintasan, siapa yang lebih unggul? The Fast Lane Car dari Amerika Serikat mengadu drag race keduanya di lintasan lurus. Bagaimana hasilnya? Bisa saja ada kejutan bukan?

Hasilnya memang menarik. Mereka melakukan beberapa kali percobaan. Percobaan pertama, keduanya bertarung di mode berkendara normal. Awalnya keduanya memang terlihat sama kencangnya. Nissan GT-R terasa punya turbo lag yang cukup menganggu kemampuan akselerasinya paska start. Tetapi perlahan Nissan GT-R berlari meninggalkan Toyota Supra di belakang. Keduanya finish dengan selisih jarak yang tak terlalu signifikan.

Launch Control

Toyota Supra vs Nissan GT-R Drag Race

Melihat hasil di balapan pertama selisih jarak keduanya sangat tipis, mereka penasaran bila Toyota Supra berlari menggunakan Launch Control apakah mampu mengalahkan Nissan GT-R. Setelah memasang mode Launch Control, Toyota Supra memang bisa Start sedikit lebih baik dari sebelumnya kala tidak menggunakan Launch Control.

Namun sekali lagi, performa Nissan GT-R masih lebih superior dibanding Toyota Supra. Rupanya pada percobaan kedua ini Launch Control Toyota Supra kurang mulus karena roda belakang masih sempat mengalami selip dan setelah melaju bagian ekor sesekali kehilangan traksi membuat dirinya tertinggal.

Toyota Supra vs Nissan GT-R Drag Race

Merasa ada yang salah dengan cara mengaktifkan Launch Control Toyota Supra, The Fast lane Car melakukan percobaan kembali. Nissan GT-R masih tidak mengaktifkan Launch Control. Akhirnya, Launch Control Supra terpasang dengan sempurna dan Toyota Supra berhasil unggul dari Nissan GT-R.

Terakhir biar fair, keduanya mengaktifkan Launch Control. Hasilnya mudah ditebak, Nissan GT-R melesat begitu kencangnya meninggalkan Toyota Supra. GT-R mencatat akselerasi 0-100 km/jam dalam 3,6 detik. Angka ini sebetulnya masih jauh di bawah klaim Nissan, yakni di bawah 3 detik. Performa yang membuatnya layak disebut sebagai Gozilla. RIZKI SATRIA

Artikel yang direkomendasikan untuk anda