Honda Pegang Posisi Strategis Memperkuat Daya Saing Industri Otomotif Jepang

Logo Honda

TOKYO, Carvaganza – Pabrikan mobil Honda Motor Co. Ltd. Telah terpilih menjadi salah satu anggota eksekutif Japan Automotive Model-Based Engineering centre (JAMBE) bersama dengan empat pabrikan mobil Jepang lainnya. Keempat pabrikan itu adalah Subaru Corporation, Toyota Motor Corporation, Nissan Motor Co., Ltd dan Mazda Motor Corporation.

Selain lima pabrikan mobil, terdapat pula lima produsen suku cadang yang menjadi anggota eksekutif JAMBE. Yakni Aisin Corporation, JATCO Ltd, DENSO Corporation, Panasonic Corporation dan Mitsubishi Electric Corporation. Misi JAMBE adalah untuk mempromosikan Model-Based-Development (MDB) di seluruh industri otomotif Jepang.

JAMBE Centre didirikan untuk memenuhi tujuan menciptakan komunitas pengembangan paling maju di sektor mobilitas, yang mampu menjalankan Monozukuri secara optimal dan bermutu tinggi secara efisien dan tanpa pengerjaan ulang.

Terdiri dari perusahaan swasta, JAMBE Centre memiliki visi menyukseskan inisiatif yang dipimpin oleh Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang yang disebut “Enrichment of Suriawase 2.0”. Yaitu kebijakan industri akademisi pemerintah dan strategis masa depan untuk MBD di industri otomotif. Kebijakan tersebut merupakan hasil kajian dan diskusi yang dilakukan oleh kelompok studi dengan tujuan mencari yang ideal di dalam memanfaatkan model di industri otomotif.

Kantor pusat Honda di Jepang

Tugas anggota eksekutif adalah memimpin ragam kegiatan yang berkontribusi di dalam membuat industri otomotif semakin kompetitif di panggung internasional. Menjalin kerjasama antara dunia usaha dengan akademisi di dalam sharing model digital, mendekatkan penelitian dan kajian dari dunia akademis dengan pengembangan suku cadang dan sistem kendaraan. Sehingga kedua belah pihak bisa berkoordinasi dan melakukan ragam penyesuaian (Suriawase dalam bahasa Jepang) secara digital sejak tahap awal pengembangan.

JAMBE sendiri memiliki prinsip memberikan kontribusi yang membuat industri otomotif Jepang lebih kompetitif di panggung internasional. Caranya dengan menyebarkan dan menerapkan teknologi MBD serta mewujudkan teknologi pengembangan model virtual bermutu tinggi sesuai konsep Suriawase 2.0.

Baca juga:  World Premiere! Honda Luncurkan All New BR-V Dari Basis N7X Concept

JAMBE Centre terdiri dari perusahaan-perusahaan swasta Jepang yang berkoordinasi dengan kementerian terkait di Negeri Matahari Terbit. Baru go publik tanggal 24 September 2021 kemarin. Sebagai perusahaan yang bersinggungan dengan industri, tentunya kalangan pabrikan berkepentingan untuk menjaga daya saing industri maupun negara Jepang sendiri di bidang otomotif.

Kerjasama antara akademisi, industri dan pemerintah diharapkan bisa turut mendorong pengembangan produk-produk yang bermanfaat. Produk yang dikembangkan tidak hanya bermanfaat bagi konsumen, melainkan juga ramah lingkungan. (EKA ZULKARNAIN)

Baca juga:  Melihat Lebih Dalam Pengembangan All New Honda BR-V, Fiturnya Melimpah!

Mobil Honda Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya