Honda Gandeng Mitsubishi Kembangkan Usaha Sewa Baterai EV

Bisnis penggunaan baterai mulai dari penjualan kendaraan baru hingga berganti kepemilikan

Honda JMS 2023

TOKYO, Carvaganza - Di tengah meningkatnya kolaborasi antara pabrikan otomotif Jepang, Honda Motor Co., Ltd. dan Mitsubishi Corporation (MC) meresmikan perusahaan patungan bernama Altna Co., Ltd. pada Juni 2024. Perusahaan baru ini bertujuan mengelola penjualan sistem sewa baterai bagi kendaraan listrik di Jepang, menyusul penandatanganan nota kerjasama pada Oktober 2023.

Toshihiro Mibe, CEO & Presiden Honda Motor Co., Ltd., menyatakan, “Honda berupaya menciptakan rantai nilai kendaraan listrik terintegrasi. Serta mencakup semua aspek bisnis EV. Mulai dari pengadaan bahan baku hingga produksi, penggunaan EV dan daur ulang baterai EV. Kami sangat senang kolaborasi ini memiliki aspirasi yang sama untuk mewujudkan dekarbonisasi di masyarakat. Dimulai dengan N-VAN e:, kami akan mengambil pendekatan proaktif untuk membangun landasan bisnis berkelanjutan. Tidak hanya buat penjualan EV saja, namun juga untuk menciptakan lingkungan bisnis EV optimal. Termasuk pemanfaatan baterai secara penuh, supaya membantu memopulerkan kendaraan listrik.”

Kolaborasi ini akan dimulai dengan penjualan sistem sewa melalui model Honda N-VAN e:. Altna akan memantau penggunaan baterai selama masa sewa, termasuk prediksi kerusakan dan kondisi kesehatan baterai. Perusahaan ini akan mengelola bisnis penggunaan baterai mulai dari penjualan kendaraan baru hingga pergantian kepemilikan.

Mitsubishi Minicab EV

Altna juga akan menetapkan harga sewa berdasarkan asumsi penggunaan baterai dalam jangka waktu lama, berkontribusi terhadap pengurangan beban keuangan pengguna kendaraan listrik. Sistem sewa ini bekerja sama dengan Honda dan sejumlah perusahaan afiliasi, menawarkan paket dengan harga lebih rendah yang tersedia secara eksklusif melalui Honda ON pada Oktober 2024.

Baca Juga: Calon BMW M5 Terbaru Menggoda Pamer Grille Menyala Jelang Debut

Selain itu, Altna akan mengelola baterai EV yang sudah habis masa pakainya, mendaur ulangnya, dan memanfaatkan teknologi kontrol energi canggih untuk menghindari pengisian daya selama jam sibuk. Hal ini bertujuan meningkatkan stabilitas jaringan dan pemanfaatan energi terbarukan secara luas.

Honda dan Mitsubishi Corporation berkomitmen untuk mengatasi tantangan penerapan kendaraan listrik di masyarakat Jepang dan mendukung realisasi netralitas karbon dengan tiga langkah: mengoptimalkan penggunaan anggaran EV, meningkatkan sirkulasi sumber daya, dan menyesuaikan kapasitas jaringan energi terbarukan.

Honda N-Van EV

Senang sekali kami bisa bekerja sama dengan Honda, yang memiliki kemampuan teknologi luar biasa dan berkomitmen terhadap realisasi sirkulasi sumber daya. Dengan model bisnis yang mengintegrasikan mobilitas, energi, layanan dan data. Usaha kami akan berupaya mewujudkan masyarakat netral karbon melalui penerapan kendaraan listrik. Kami memanfaatkan industri dan keahlian bisnis kami untuk terus berupaya membangun model bisnis lintas industri,” kata Katsuya Nakanishi, Representative Director, President & CEO Mitsubishi Corporation.

Sebagai informasi tambahan, Honda telah mengumumkan rencana globalnya untuk meluncurkan hingga 30 mobil berbasis listrik pada 2030 dengan volume produksi mencapai 2 juta unit per tahun. Selain itu, Honda berusaha mencapai netralitas karbon untuk semua lini produk dan aktivitas perusahaannya pada 2050.

Representative Director, President & CEO Altna, Seiichi Fukui, menambahkan, “Perusahaan ini didirikan dengan misi untuk menciptakan solusi memaksimalkan nilai dari sumber daya yang terbatas. Serta efisiensi pemanfaatan energi terbarukan agar manusia dan lingkungan global dapat hidup berdampingan untuk generasi mendatang. Bersama berbagai mitra, kami berupaya memberikan alternatif pilihan bagi masa depan baru.”
(ANJAR LEKSANA / WH)

Baca Juga: Hypercar EV Buatan Jepang Ini Pecahkan Rekor Top Speed Milik Rimac

Featured Articles

Read All

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature