Beranda Features Honda City Generasi Kelima di India Berbeda Dengan Versi Thailand

Honda City Generasi Kelima di India Berbeda Dengan Versi Thailand

NEW DELHI, Carvaganza.com – Generasi kelima Honda City telah meluncur sejak tahun lalu. Sedan Honda ini mendapatkan peningkatan baik dari segi rupa maupun fitur. Thailand pun menjadi negara debut City anyar. Setengah tahun kemudian, kini India kebagian. Menariknya, terdapat beberapa perbedaan yang membuatnya makin unik.

City di India dibikin lebih lengkap dalam hal fitur. Lantaran ada sistem Lane Watch, panel instrument digital dan sunroof. Walau begitu, versi Thailand memiliki tipe mesin turbo berkubikasi 1,0 liter tiga silinder, menghasilkan 120 hp (122 PS) di 5.500 rpm. Torsinya tak kalah mumpuni mencapai 173 Nm sejak 2.000 sampai 4.500 rpm. Perbedaan lainnya adalah dimensi. Adapun ukuran City di India lebih pendek 4 mm (4.549 mm) dan lebih tinggi 22 mm (1.489 mm). Wheelbase juga lebih melar, yakni 2.600 dibanding versi negara Gajah Putih di 2.589 mm.

 

Adapun jantung mekanis Honda City di India mengusung mesin 1,5 liter empat silinder yang terbagi menjadi dua opsi. Versi bensin berteknologi i-VTEC kini disetel dengan konfigurasi DOHC. Hasilnya mampu menciptakan daya dorong tertinggi 121 PS di putaran 6.600 rpm, dengan torsi 145 Nm pada 4.300 rpm. Opsi satunya adalah diesel, berkonfigurasi i-DTEC turbodiesel mampu mengeluarkan output 100 PS di 3.600 rpm. Momen puntirnya 200 NM sejak 1.750 rpm. Kedua dapur pacu dihubungkan ke transmisi manual 6-speed. Ada pilihan CVT untuk i-VTEC. Sudah pasti standar emisinya disesuaikan regulasi berlaku di India. Bensin manual efisiensi 17,8 km per liter, sedangkan CVT 18,4 km per liter.

Masing-masing mesin dan pemindah gigi dibenamkan ke dalam tiga varian : V, VX dan ZX. Tentu saja kelengkapannya berbeda. Pada V diperkuat headlamp proyektor halogen, daytime running light LED, fog lamp, lampu belakang LED, velg alloy 15 inci. Di kabin terdapat head unit 8 inci yang memiliki kemampuan perintah suara Alexa, dan turut mendukung Android Auto dan Apple CarPlay. Keluaran suara infotainment disokong empat speaker.

Fitur-fitur Honda City
Tak hanya itu, nuansa ruangnya elegan berkat aksen piano black. Faktor kemudahan dan keselamatan dimaksimalkan adanya : keyless dan start-stop button, sistem telematik, remote engine start, Multi Information Display (MID), single-zone AC otomatis, empat kantung udara, kamera belakang multi-angle, sensor belakang, Vehicle Stability Assist (VSA), Electronic Stability Control (ESC), Agile Handling Assist (AHS), Anti-lock Braking System (ABS), Brake Assist (BA), Electronic Brake Distribution (EBD), monitor tekanan ban dan Hill Start Assist (HSA). Khusus untuk transmisi CVT dibekali paddle shift yang meningkatkan keseruan mengemudi.

VX lebih lengkap, ketambahan headlamp berfungsi otomatis, sunroof elektrik, velg lebih besar 16 inci, delapan speaker, kemudi dan tuas transmisi berbalut kulit, panel instrument digital 7 inci dan tambahan dua kantung udara. Sementara ZX, dijejali headlamp dan foglamp LED, kabin berlapis kulit serta soft touch dan empat kaca jendela bisa dinaik-turunkan dengan sekali sentuhan tombol. Lalu power window dan sunroof yang mampu dikontrol dari jauh menggunakan remote.

Fitur keselamatan pun diperkuat LaneWatch. Teknologi yang memanfaatkan kamera di spion samping. Tujuannya memberikan pandangan lebih jelas terhadap sisi kendaraan saat berkendara. Teknologi sudah ditanamkan pada Civic dan Accord. Kali ini City kebagian akhirnya.

Harga Honda City
Terdapat lima pilihan kelir bodi  Honda City versi India ini: Radiant Red Metallic, Platinum White Pearl, Modern Steel Metallic, Lunar Silver Metallic dan Golden Brown Metallic. Konsumen pun bisa mempercantik City anyarnya dengan segudang aksesoris, seperti garnish kromium pada jendela, bumper depan-belakang, seluruh pintu dan bagasi, serta tail lamp. Lalu spoiler buritan dengan LED dan visor jendela. Di dalam ada perangkat tambahan berupa charger nirkabel smartphone, lampu bawah dasbor. Untuk keselamatan tersedia sensor parkir depan.

 

Untuk banderolnya, pilihan mesin i-VTEC bertransmisi manual varian V dipatok Rp 211 jutaan, VX Rp 237 jutaan dan ZX Rp 255 jutaan. Unit yang menggendong CVT dilego Rp 236 jutaan untuk V, Rp 263 jutaan pada VX dan Rp 280 jutaan bagi ZX. Terakhir versi diesel yang hanya memiliki opsi pemindah gigi manual, dijual Rp 240 jutaan untuk V, VX Rp 267 jutaan dan ZX Rp 284 jutaan. Bagaimana dengan Indonesia?

MUHAMMAD HAFID

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

SUV Morris Garage HS Meluncur, Harga Mulai Rp 369,8 Juta

JAKARTA, Carvaganza.com – Pasar mobil SUV monokok medium di Indonesia semakin ramai. Pada hari ini, Kamis (13/8) telah meluncur SUV Morris Garage (MG) HS...

Tips Angkut Sepeda A la Pereli Nasional Rifat Sungkar

JAKARTA, Carvaganza.com – Bersepeda merupakan kegiatan yang mengasyikkan. Apalagi kalau bersepeda di daerah pedesaan di antara pepohonan teh dan pinus. Udara segar dapat membuat...

Buka Outlet Ke-15, Dokter Mobil Berikan Service Cuci AC Mobil Gratis

JAKARTA, Carvaganza – Bengkel spesialis AC dan Tune Up, Dokter Mobil, terus mengembangkan jaringannya. Setelah sukses membuka belasan outlet bengkel di wilayah Jadetabek, Surabaya...

Untuk Pertama Kalinya, BMW M3 akan Punya Versi Estate

MUNICH, Carvaganza.com – BMW memberikan kejutan pekan ini, dengan tanpa aba-aba merilis teaser untuk varian ekstra calon M3 terbaru. Melalui satu buah unggahan, M3...

Bentley Bentayga Speed 2021 Disegarkan, Masih Menyandang SUV Terkencang

CREWE, Carvaganza.com - Melalui Bentayga Speed 2021, Bentley ingin menerjemahkan arti mewah dan kencang dalam sebuah SUV. Model terbaru sebagai edisi penyegaran, sekaligus tetap...