Harga Daihatsu Rocky dan Terios Mirip. Apa Kata Daihatsu?

JAKARTA, Carvaganza – Line up model SUV Daihatsu di Indonesia akhirnya kini bertambah pilihannya dengan peluncuran Daihatsu Rocky, Jumat (30/4/2021). Dengan harga mulai Rp 214,2 juta (OTR Jakarta), Rocky masuk ke segmen di bawah Daihatsu Terios. Lalu, apakah Rocky nantinya akan merebut konsumen atau bahkan menggantikan posisi Terios?

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di sela acara peluncuran menegaskan bahwa Rocky dan Terios menghuni segmen dan kelas yang berbeda. Tapi berhubung selisih harga yang langsung bersinggungan, ADM bahkan tidak menutup kemungkinan kalau nantinya Rocky dan Terios akan beririsan langsung di pasar.

Daihatsu Rocky

Sebagai acuan, Rocky dengan mesin tiga silinder 1,0 liter turbo diluncurkan dengan rentang harga Rp 214,2 juta sampai Rp 236,1 juta. Sementara Terios dengan mesin 1,5 liter dan sudah beredar sejak awal tahun 2018, dipasarkan dengan rentang harga Rp 200 juta sampai Rp 251,8 juta (OTR Jakarta).

“Pertama dari sisi pricing, positioningnya Rocky berada di bawah Terios. Memang ada beberapa varian yang terjadi irisan antara satu varian (Rocky) dengan varian Terios lain. Secara pricing, Rocky ini adalah adiknya Terios, range-nya Rocky itu ada di bawah Terios,” jelas Hendrayadi Lastiyoso, Marketing and Customer Relation Division Head PT Astra International - Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

Daihatsu Rocky

“Yang kedua, kalau kita lihat dari sisi produk, bahwa Rocky ini adalah 5-seater sedangkan Terios adalah 7-seater. Sehingga segmentasinya ini juga berbeda, kalau Rocky itu untuk segmen customer lebih memerlukan SUV kepada styling dan safety feature. Sedangkan kalau Terios untuk keluarga dan anak muda butuh space karena 7-seater dan juga bagasinya besar.”

Meski dari sisi harga akan bersinggungan dan beririsan langsung, ditegaskan juga bahwa konsumen Rocky dan Terios memiliki karakter dan kebutuhan yang berbeda. Rocky untuk konsumen yang lebih peduli dengan penampilan dan desain modern disertai fitur canggih, sementara Terios untuk kebutuhan utilitas dan daya angkut lebih besar.

Daihatsu Rocky

“Kalau kita kelaskan Rocky itu adalah kelas SUV-A, kalau Terios SUV-B. Dan nanti kalau kita lihat dari sisi kelas, cc mesinnya, Terios itu SUV Medium, kalau Rocky SUV Low,” tambah Hendrayadi.

Salah satu keunggulan yang ditawarkan Daihatsu melalui Rocky adalah rangkaian fitur keselamatan yang hadir dalam paket Advance Smart Assist (ASA). Fitur-fitur yang diberikan seperti Pre Collision Warning, Pre Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Lane Departure Warning, dan Lane Departure Prevention.

Daihatsu Rocky

Bermesin 1,0 liter turbo, Rocky ditawarkan dengan opsi transmisi manual 5-percepatan dan otomatis CVT yang dilabeli sebagai D-CVT oleh Daihatsu. Varian mesin 1,0 liter turbo dengan kode 1KR-VET punya tenaga 96 hp dan torsi 149 Nm. Namun, Daihatsu untuk saat ini baru hanya memasarkan Rocky dengan mesin 1,0 turbo, sementara varian 1,2 liter akan menyusul kemudian.
WAHYU HARIANTONO / RS

Artikel yang direkomendasikan untuk anda