Ssssttt!! Diam-Diam Honda Siapkan Pesaing Toyota Raize-Daihatsu Rocky

JAKARTA, Carvaganza – Setelah duo kembar Toyota Raize dan Daihatsu Rocky meluncur, ada kabar dari Honda Indonesia yang juga akan meluncurkan produk barunya pada 3 Mei mendatang. Pasalnya, Honda mengirim undangan world premier produk terbarunya kepada kami. Pada undangan tersebut tampak tulisan World Premier dengan sedikit tampilan depan kendaraannya dengan logo H di tengahnya. Kamipun jadi penasaran.

Tampak lampu utama yang lebih bersudut dengan aksen krom yang bertengger di tengahnya. Masih belum jelas model apa yang akan diluncurkan sebagai World Premier ini. Aapakah berjenis SUV (Sport Utility Vehicle), MPV (Multi Purpose Vehicle) atau Sedan. Besar kemungkinan model tersebut belum pernah dirilis di pasar manapun termasuk di Indonesia. Ataupun kalau sudah, ini adalah perkenalan perdana generasi terbaru salah satu produk Honda.

Rendering Honda BR-V 2021

Oke, kemungkinan terbesar mobil yang diluncurkan nanti adalah Honda BR-V. Subcompact SUV Honda ini memang telah lama tak berganti generasi sejak pertama meluncur pada 2016.Sudah waktunya mobil yang berdiri di atas platform yang sama dengan Honda Mobilio ini mendapat pembaharuan berarti. Apalagi kalau dilihat-lihat, siluet dari teaser yang dirilis Honda ini sepertinya memang SUV.

Atau bisa juga Honda Mobilio generasi terbaru. Maklum, penjualan Mobilio belakangan tak sebaik awal kariernya di Indonesia. Pesaing di segmen yang dihuni Toyota Avanza dan Mistubishi Xpander ini belum mendapat pembaruan meski beberapa kompetitorya itu sudah berganti generasi seperti Suzuki Ertiga misalnya.

Honda Mobilio

Meski demikian, bukan tidak mungkin pada 3 Mei 2021 nanti Honda justru akan memperkenalkan satu produk terbarunya. Misalnya, ZR-V. Masih menjadi misteri, konon Honda ZR-V disiapkan untuk bersaing dengan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Mesin yang digendong juga serupa yakni 3-silinder 1,0 liter turbo.

Honda ZR-V merupakan SUV entry level dengan dimensi yang lebih kecil dari Honda HR-V bahkan BR-V. Kehadirannya sekaligus melengkapi jajaran SUV yang dimiliki Honda dan bisa mengisi segmen kendaraan kompak yang baru saja ditinggalkan oleh Honda Jazz. Walaupun posisi Honda Jazz saat ini sudah diisi oleh Honda City Hatchback.

Honda ZR-V

 

Honda ZR-V juga sedang dipersiapkan untuk beberapa pasar region di Asia seperti India dan Jepang. Menurut isu yang bereda, mobil ini akan diluncurkan pada Mei 2021 mendatang. Kok bisa pas ya momen ini? SUV kompak tersebut akan bersanding dengan kompetitornya seperti Kia Sonet, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Meski demikian belum ada yang bisa dipastikan sampai pada saat peluncurannya 3 Mei 2021 medatang. Jika benar ini adalah sebuah SUV baru dan belum pernah diluncurkan berarti ini akan menjadi model paling gress yang mengisi segmen yang belum pernah diisi sebelumnya.

Bisa jadi model ini adalah crossover berdimensi ringkas yang disiapkan Honda untuk bermain bersama Toyota Raize, Daihatsu Rocky, Kia Sonet ataupun Nissan Magnite. Bisa juga mobil baru tersebut adalah Honda BR-V 2021 yang juga punya populasi tak sedikit dan punya basis penggemar yang cukup banyak di Indonesia. Atau bukan tidak mungkin Honda mengejutkan publik dengan meluncurkan generasi terbaru Honda Mobilio. Apapun jawabannya, ketiganya punya potensi yang sangat baik untuk pasar Indonesia.
ALVANDO NOYA / RS

Artikel yang direkomendasikan untuk anda