GIIAS 2021: Camper Van Indonesia, Booth Enthusiast Adventure Dan Kemping Bermobil

TANGERANG, Carvaganza – GIIAS 2021 tak hanya menyajikan produk mobil dan aksesoris. Juga meliputi gaya hidup para pengguna kendaraannya. Baik gaya hidup yang bersentuhan dengan musik, makanan, traveling dan dengan alam.

Terdapat booth gaya hidup yang menarik yang posisinya dipojokan Hall 6 ICE, BSD City. Sangat menarik bagi enthusiast adventure. Terutama bagi komunitas mobil yang suka dengan petualangan dan kemping di alam terbuka.

Booth tersebut didirikan oleh komunitas Camper Van Indonesia (CVI). Komunitas ini awal mula berdirinya berawal dari sebuah perkumpulan yang memiliki hobi serupa. Terbentuk sebagai wadah para pecinta kemping dengan mobil. Komunitas terbilang baru karena terbentuk tahun 2019 lalu.

Camper Van Indonesia

Jadi dulunya berasal dari kumpul-kumpul di medsos, dan grup chatting. Akhirnya para anggota di grup chat sepakat Camping Bersama (Camber) dengan mobil. Jadi awal kemping bersama itu tanggal 29 September 2019 di Kertajati, Majalengka.

“Anggota komunitas ini secara otomatis memang harus punya mobil. Boleh dari merek apa saja dan model apa saja. Yang penting doyan jalan dan doyan kemping,” ujar Kodri kepada di Carvaganza di booth Camper Van Indonesia. Mobilnya pun tak mesti dimodifikasi sehingga seperti camper van yang memiliki fasilitas lengkap di dalam kabinnya.

Membernya tersebar di seluruh Indonesia yang berjumlah ribuan. Tercatat sekitar 2000an, sedangkan untuk membernya di grup Facebook hampir mencapai 70.000 member. Ya CVI memiliki grup Facebook, CAMPER VAN INDONESIA CVI dan grupnya terbuka untuk umum. Kalau mau bergabung, bisa disampaikan langsung melalui Facebook tersebut.

Kalau melihat foto-foto dari laman Facebook CVI, mobil yang dipakai beragam. Mulai dari SUV sampai dengan MPV. Misalnya Honda BR-V dan Daihatsu Taruna, double cabin Ford Ranger dan MPV Toyota Kijang Innova, Isuzu Panther bahkan ada Suzuki Carry model lama. Sedangkan mobil kemping yang dipajang di booth CVI terdiri dari Mercedes-Benz ML Class, Ford Ranger dan Daihatsu Gran Max Blind Van serta beberapa mobil lain.

Camper Van Indonesia

Dari situs www.campervanindonesia.org, komunitas ini pernah mengadakan Camping Bersama di Telaga Surian, Kuningan, Jawa Barat, pada Juli 2020 dan juga Camping Bersama dalam rangka Pra Jambore di Prabalintang, Jawa Tengah.

Sebagai komunitas, CVI dibagi berdasarkan wilayah dan setiap wilayah mendapatkan pembagian kode. Wilayah-wilayah itu bisa melakukan ragam kegiatan kopdar.  Untuk lokasi kempingnya tergantung pada keputusan yang disepakati oleh para anggotanya. (EKA ZULKARNAIN)

Baca juga:  Komunitas Offroader Alumni UGM Bakti Sosial Sebar Donasi di Banyumas

Sumber foto: laman Facebook CAMPER VAN INDONESIA CVI 

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya