Beranda Modification Gemballa 930 Avalanche, Mobil Ultra-Langka Ini Siap Dilelang

Gemballa 930 Avalanche, Mobil Ultra-Langka Ini Siap Dilelang

JAKARTA, Carvaganza.com — Anda penggemar modifikasi pasti kenal dengan nama satu ini, Gemballa. Rumah modifikasi asal Leonberg, Stuttgart, Jerman ini terkenal menghadirkan model-model unik bahkan tak jarang inovatif. Yang terbaru adalah Avalanche yang mengambil basis Porsche 930. Belum lama ini, rumah modifikasi tersebut mengumumkan akan menjual satu unit yang diyakini buatan 1986. Mobil dalam keadaan sangat baik, dengan odometer tercatat kurang dari 22 ribu km.

Avalanche menjadi salah satu produk terbaru Gemballa. Pada masanya, mobil disuguhkan dengan harga US$ 700.000 yang jika dikonversi ke nilai mata uang sekarang mencapai sekitar Rp 10 miliar. Mengusung embel-embel klasik, bayangkan berapa banderolnya sekarang. Apalagi mengingat cuma dibuat 15 buah, dengan masing-masing memiliki diferensiasi sendiri.

Untuk unit yang dilelang di balai RM Sotheby’s ini, bodinya dilabur Pearlescent White elegan. Perangkat aero-kit Gemballa terpasang rapi. Desain unik dengan kap landai dan sektor penerangan model tersembunyi (pop up). Tubuh diperlebar dengan body-kit wide, terutama bagian belakang yang begitu menonjol. Namun, dari samping nuansa itu dilebur dengan siluet samping yang mengalir. Area itu diberikan aksen cekungan dan ornamen berupa tiga garis horizontal.

Fungsinya selain sebagai pemanis tampilan, juga mengalirkan udara agar makin aerodinamis. Rumah modifikasi yang didirikan Uwe Gemballa pada 1981 ini berhasil menyembunyikan gagang pintu dalam lekukan. Menjadi daya tarik tersendiri. Wujud sisi disempurnakan pelek HRE Performances 17 inci beraksen perak, berpalang tebal. Membangkitkan nuansa klasik.

Baca juga: Mansory Cabrera, Modifikasi Aventador SVJ Super Ekstrem dan Eksklusif

Buritan

Ciri khas Avalanche terpampang jelas pada buritan. Spoiler masif dengan desain nyeleneh terpasang. Ini terbuat dari plastik, bukan metal dan dihiasi tulisan Avalanche. Pada ke-15 model yang dibuat, punya gaya tulisan berbeda. Sama seperti kover kaca belakang yang berbentuk unik, mengingatkan pada hiasan yang menempel di mobil Batman.

Interior tak dibuat se-eksentrik luarnya. Balutan kulit hitam memenuhi kabin, seperti jok, door trim, tuas persneling sampai kemudi. Warna senada disepuh ke dasbor yang dilengkapi panel instrumen berupa lima bulatan berbaris di belakang setir. Sistem pendingin tersedia, juga perangkat audio lama dari Alpine.

Baca juga: Modifikasi Audi TT RS Roadster, Beda Gaya

Performa

Jantung mekanis yang digendong sangat bertenaga. Mengandalkan mesin enam silinder segaris 3,4 liter, plus turbo. Menariknya, semua dapur pacu Avalanche dituning ulang oleh Alois Ruf, founder Ruf Automobile. Output tertinggi menjadi 380 PS, lebih besar 76 PS dari versi standar keluaran pabrikan. Daya disalurkan melalui sistem pemindah gigi manual 5-speed ke roda belakang.

Berdiri sejak 2010, Gemballa menghasilkan beberapa mobil unik. Mereka memproduksi Alavanche, Cyrrus, dan Mirage yang dibuat dari Porsche 911 dan 930. Kmeudian 911 RS America, Mirage GT dari Posrceh Carrera. Ada juga Alavanche GTR 800 Evo-R berbasir 911 GT2, atau Mistrale yang berbasis Porsche Panamera Turbo. Model ini hanya dibuat 30 unit.

Sumber: Formacar

Baca Juga: Porsche 930 Modifikasi Gemballa Super Langka Kembali Dijual

MUHAMMAD HAFID | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto