Ferrari Portofino M Resmi Hadir di Indonesia, Lebih Ganas dan Canggih

JAKARTA, Carvaganza – Sejak mengumumkan resmi kembalinya merek Ferrari beroperasi di pasar Indonesia, PT Eurokars Prima Utama (Ferrari Eurokars) kembali memperkenalkan model terbarunya. setelah Ferrari SF90 Stradale, Roma dan F8 Spider, kini giliran Ferrari Eurokars menghadirkan Ferrari Portofino M untuk bisa dimiliki para konsumen di Indonesia.

Portofino M diungkap ke publik Tanah Air pada hari Kamis lalu, 4 Juni 2021, yang merupakan model produksi terbaru yang terakhir Ferrari luncurkan pada September 2020 lalu. Di keluarga line up Ferrari, model ini mengisi kelas gran turismo V8 2+2 dengan atap convertible. Portofino M menjadi alternatif yang lebih sporty dari Roma, untuk pengemudi yang inginkan supercar santai dan bisa dinikmati dengan atap terbuka.

Ferrari menghadirkan sejumlah upgrade untuk Portofino M dibandingkan versi awal yang telah beredar sejak taun 2018, yaitu dari sisi performa, teknologi dan fitur pendukungnya. Dan jika bicara soal sejarah unik, ini adalah model Ferrari pertama yang diluncurkan sejak pandemi COVID-19 berlangsung. Bahkan saat itu Ferrari juga untuk pertama kalinya melakukan peluncuran secara digital.

Ferrari Portofino M

Portofino M memakai kembali nomenklatur singkatan ‘M’ yang berarti ‘Modificata’, untuk menandai rangkaian peningkatan yang disematkan pada mobil ini. Terakhir kali singkatan ini dipakai oleh model Ferrari 575M, yang beredar selama periode 2002 sampai 2006. Dan secara bersamaan, hadirnya Portofino M langsung menggantikan Portofino standar yang sudah tidak dipasarkan lagi.

Dari sisi visual, Ferrari membuat tampang Portofino M menjadi lebih kekar dan atletis, terutama pada fascia depan yang mendapat intake samping lebih besar. Bagian ini agar udara yang masuk ke pendinginan mesin lebih kaya dan optimal. Sementara di grille, diberikan aksen aluminium pada bagian samping setiap kisi-kisinya. Ada juga ventilasi kecil tambahan di sisi depan fender yang berfungsi mengurangi tekanan udara di ruang roda.

Tidak ada ubahan visual dan teknis pada bagian samping, kecuali hadirnya desain velg baru lima palang, dengan desain diamond-finish. Sementara menengok ke buritan, diffuser menjadi lebih besar untuk hasilkan downforce lebih tinggi, dengan desain yang sekilas mirip punya F12 Berlinetta. Lampu kabut atau lampu mundur yang sebelumnya seperti di mobil F1 juga kini digantikan dengan bentuk lebih minimalis, tetap terpasang di diffuser.

Peningkatan performa diberikan pada mesin V8 3.9 liter twin-turbo, yang kini menghasilkan tenaga 620 hp dan torsi 760 Nm. Output yang sama seperti dimiliki oleh Roma, yang lahir pada 2019 lalu. Selain itu, transmisi dual-clutch juga berubah dari yang sebelumnya 7-percepatan menjadi 8-percepatan, seperti Roma dan juga SF90. Mesin juga dihubungkan ke sistem knalpot baru, yang sekarang tidak menggunakan silencer untuk menciptakan suara yang lebih menggelegar.

Ferrari Portofino M

Pada fitur Manettino yang mengatur mode berkendara di setir, kini tersedia lima pilihan mode dengan hadirnya mode Wet dan Race. Peningkatan performa datang pula dari sisi handling. Portofino M sudah dibekali Side Slip Control (SSC) generasi ke-6, yang terintegrasi dengan E-Diff, F1-TCS, SCM-E Frs magnetorheological dampers, serta Ferarri Dynamic Enchancer (FDE). Semua itu dihadirkan demi mempertajam handling dan kestabilan Portofino M saat dipacu lebih kencang.

Ferrari membuat Portofino menjadi lebih canggih pada versi M ini, dengan telah dilengkapi oleh ADAS alias Advance Driving Assistance Systems. Setidaknya ada delapan fitur keselamatan dan pendukung pengemudi. Yaitu Automatic High-Beam, Adaptive Cruise Control, 360 Surround View, Traffic Sign Recognition, Lane Keeping Warning, Predictive Emergency Brake System, Rear-Cross Traffic Alert dan Blind Spot Monitoring. Selama perjalanan, fitur heated atau ventilated seat juga bisa dimiliki sebagai opsi tambahan.

Ferrari Eurokars menawarkan Portofino M dengan paket perawatan khusus yang disebtu Genuine Maintenance. Di antaranya dengan layanan jaminan perawatan rutin 20.000 km atau setahun sekali tanpa Batasan kilometer. Soal harga, Ferrari Eurokars tidak mengungkapnya untuk Portofino M, namun jika mengacu harga di Eropa yaitu mulai € 206.000 atau setara dengan Rp 3,598 miliar.
WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda