Lirik Bisnis Otomotif, David Beckham Beli Lunaz Pabrikan Mobil Listrik

SILVERSTONE, Carvaganza – Era elektrifikasi ternyata tidak hanya memikat para pabrikan otomotif kawakan tetapi hingga ke atlet sepak bola internasional. Salah satunya adalah David Beckham, mantan pemain nasional Inggris ini baru saja mengucurkan dana investasi ke perusahaan otomotif khusus elektrifikasi bernama Lunaz. 

Beckham diketahui telah mencaplok 10% saham perusahaan Lunaz yang berbasis di Silverstone, Inggris. Kabarnya uang yang disuntikan oleh sang legenda akan digunakan untuk menyediakan 500 pekerja berpengalaman hingga tahun 2024. 

“Lunaz dapat menghadirkan kendaraan yang menggabungkan teknologi dan desain khas Inggris dengan sangat baik. Saya melihat kemampuan pabrikan ini dalam merestorasi kendaraan klasik menjadi mobil listrik yang sangat menakjubkan. Oleh karena kerja keras dari tim hebat dan David Lorenz sang pemilik, maka dari itu saya ingin mengambil bagian di setiap langkah dan perkembangan perusahaan ini ke depan,” kata Beckham yang pernah bernaung di Manchester United dan Real Madrid.

David Beckham Lunaz

Jika dilihat ke belakang memang Lunaz sangat piawai dalam menciptakan kendaraan klasik yang sebelumnya ditenagai mesin bensin dan kemudian diubah menjadi sebuah mobil listrik. Ubahannya tersebut hanya dalam hal sokongan tenaga, Lunaz tetap mempertahankan orisinalitas dari desain kendaraannya. Salah satu kendaraan yang sudah diproduksi oleh Lunaz adalah Bentley Continental, Range Rover Mk1 dan Rolls-Royce Phantom V.

Namun ke depannya Lunaz tidak hanya akan memproduksi kendaraan restorasi dengan tenaga listrik. Kabarnya perusahaan ini akan beralih fokus pada pengembangan dan produksi kendaraan berat industrial salah satunya adalah truk sampah.

Maka dari itu, pabrikan ini berencana untuk mendiri sebuah group yang menaungi beberapa divisi di bawahnya. Lunaz Design akan bertanggung jawab pada produksi kendaraan klasik dengan elektrifikasi, lalu akan ada Lunaz Applied Technologies yang fokus pada kendaraan komersial. Terakhir juga akan tersedia Lunaz Powertrain di mana divisi ini akan bertanggung jawab dalam memproduksi modul mesin untuk menyuplai kendaraan-kendaraan buatan Lunaz.

David Beckham Lunaz

Sejalan dengan hal itu, menurut rencana Inggris juga akan memberlakukan larangan kendaraan dengan emisi CO2 pada 2030. Ke depannya Inggris hanya akan memperbolehkan kendaraan dengan emisi 0% yang boleh melintas di jalan umum. Maka dari itu keputusan Beckham dalam mengakuisisi saham Lunaz sangatlah tepat, karena selain mendukung industri otomotif tentu saja akan menjadi keuntungan baru saat bisnis elektrifikasi semakin meluas. 

Bahkan belum lama ini Uni Eropa sendiri tengah menyiapkan regulasi baru untuk memberlakukan standar Euro 7 di seluruh Eropa pada 2025 mendatang. Kabarnya seluruh jenis kendaraan yang masih menggunakan mesin konvensional dan mengeluarkan emisi akan dilarang beroperasi di jalan-jalan negara Eropa.
ALVANDO NOYA / WH

Sumber: Autocar

Artikel yang direkomendasikan untuk anda