F8 Spider Lengkapi Line Up Ferrari Eurokars Selain Roma dan SF90 Stradale

JAKARTA, Carvaganza – Ferrari resmi kembali ‘back in business’ di Indonesia, yang kini beroperasi melalui PT Eurokars Prima Utama sebagai distributor resmi. Line up model yang ditawarkan ke konsumen pun lengkap. Setelah memperkenalkan Ferrari Roma dan SF90 Stradale, kini F8 Spider ikut dihadirkan untuk bisa dipinang konsumen Indonesia.

F8 Spider adalah versi convertible alias atap lipat dari model F8 Tributo, sebagai produk mid-engine V8 andalan Ferrari di line up saat ini. Artinya, dengan tersedianya F8, Ferrari Eurokars telah menghadirkan pilihan lengkap dari model terkini Ferrari. Di timeline produknya, Ferrari F8 Spider adalah model penerus dari 458 dan 488.

Konfigurasi convertible hardtop dipertahankan untuk F8, seperti telah dipelopori oleh 458 Spider dan 488 Spider selama hampir sepuluh tahun belakangan. Konstruksi atap yang diberi nama Retractable Hard Top (RHT) ini punya desain ramping dan efisien, sehingga tidak mengurangi optimalnya performa F8 saat digeber kencang. Gaya desain open-top V8 ini sudah dipertahankan oleh Ferrari sejak 308 GTS tahun 1977.

Ferrari F8 Spider 2021

F8 merupakan evolusi dari 488, meski dengan basis sama namun mengalami improvement pesat dari sisi chassis, mesin, sampai aerodinamika. Meski dari penampilan cenderung konservatif, sebenarnya desain F8 diterjemahkan langsung dari 488 Pista, varian terkencang dari 488 yang sudah berorientasi motorsport.

Contohnya mesin, unit V8 3,9 liter twin-turbo yang dibawanya diadopsi langsung dari 488 Pista, yang menyimpan tenaga 710 hp dan torsi 770 Nm. Dengan transmisi dual-clutch 7-percepatan yang menggerakkan roda belakang, F8 bisa diajak berakselerasi 0-100 km/jam dalam 2,9 detik untuk versi coupe, sementara F8 Spider dalam 3,2 detik.

Dibandingkan 488 Spider sebagai predesesor, F8 Spider punya performa lebih dinamis berkat penignkatan output mesin, pengurangan bobot, dan peningkatan aerodinamika. Optimalisasi handling kini sudah dibekali Ferrari Dynamic Enchancer Plus (FDE+) yang terintegrasi dalam Side Slip Control (SSC) versi 6.1. FDE+ bekerja mengandalikan dinamika lateral yang menggunakan software dalam menyesuaikan tekanan rem pada kaliper.

Dari eksterior, aerodinamika seperti dikatakan mengadopsi rancangan dari 488 Pista. Mulai dari S-duct di bagian moncong untuk hasilkan downforce di bagian depan, lalu diffuser besar dan sayap belakang yang permanen juga diadopsi dari Pista dengan estetika desain yang lebih modern. Posisi knalpot juga ditempatkan lebih tinggi, di atas diffuser, persis seperti konfigurasi milik 488 Pista.

Ferrari F8 Spider 2021

Sisi buritan pun menggunakan desain baru berupa lampu rem lingkaran ganda, seperti desain Ferrari beberapa tahun lalu. Desain ini sudah lebih dulu digunakan oleh GTC4 Lusso dan 812 Superfast belakangan.

Untuk pembelian F8 Spider dan Tributo, Ferrari memberikan program perawatan selama 7 tahun, yang meliputi perawatan rutin. Program Genuine Maintenance menjamin perawatan dengan interval 20.000 km atau setahun sekali tanpa Batasan jarak tempuh, penggantian spare parts asli, dan pemeriksaan cermat dengan alat diagnostic bersertifikasi Ferrari.
WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda