Beranda Updates F1 Resmi Umumkan Jadwal 8 Seri Pertama Musim 2020

F1 Resmi Umumkan Jadwal 8 Seri Pertama Musim 2020

PARIS, Carvaganza.com – Akhirnya kabar gembira bagi penggemar balap jet darat. Formula 1 akhirnya resmi mengumumkan jadwal baru musim 2020 yang telah direvisi menyusul situasi pandemi COVID-19. Delapan balapan pertama diumumkan hari Selasa (2/6/2020), yang akan dimulai di Austria.

Kalender balap 2020 tahap pertama terdiri dari delapan seri, dengan empat di antarnya akan digelar sebagai format double header. Austria dan Inggris akan mendapat slot untuk menggelar double header, yaitu dua kali seri dalam satu sirkuit.

Jadwal baru ini akhirnya disepakati setelah menempuh persiapan intensif yang dilakukan oleh F1, FIA dan para tim. Selain susunan jadwal, F1 juga menyiapkan sejumlah scenario dan protokol demi menjamin lingkungan yang aman di paddock.

Seri perdana akan berlangsung di Red Bull Ring, Austria, pada 5 Juli 2020. Austria akan kembali menggelar seri kedua, pada pekan berikutnya. Ini akan menjadi pertama kalinya F1 menggelar balapan double header.

Jadwal

Setelah Austria, F1 akan mengambil jeda satu pekan, sebelum berlanjut pada pekan berikutnya, untuk seri Hongaria. Balapan seri ketiga di Hungaroring akan digelar pada tanggal 19 Juli 2020, sebelum kemudian menuju libur satu pekan.

Inggris akan menggelar hajatan istimewa di Silverstone pada kesempatannya menjadi double header. Balapan pertama di Inggris, seri keempat, dijadwalkan pada 2 Agustus 2020. Kemudian pada balapan keduanya, Silverstone akan menggelar balapan spesial, yaitu F1 70th Anniversary Grand Prix. Tahun ini menjadi milestone 70 tahun sejak balapan F1 pertama kali digelar.

Rangkaian sirkus F1 kemudian akan berlanjut ke Spanyol, venue tes pra musim lalu. Balapan di Barcelona akan digelar pada 16 Agustus 2020, menjadi seri keenam. Kembali F1 akan mengambil jeda dua pekan, sebelum berlanjut ke seri Belgia dan Italia dalam dua pekan beruntun setelahnya.

“Dalam beberapa pekan terakhir kami telah bekerja tanpa Lelah dengan semua mitra kami FIA dan tim untuk membuat revisi kalender pembuka 2020 yang memungkinkan kami memulai kembali balapan dengan cara yang paling aman,” ujar Chase Carey, CEO F1.

“Kami senang bisa menetapkan kalender delapan balapan pembuka kami hari ini dan berharap untuk menerbitkan kalender lengkap kami dalam beberapa pekan mendatang.”

Delapan seri yang telah diumumkan ini hanya mencakup seri di benua Eropa. Nantinya secara bertahap jadwal lengkap akan diumumkan dengan meliputi seri di Eurasia, Asia, Amerika dan Timur Tengah.

Balap Pendukung dan Protokol Khusus

Seluruh seri F1 di Eropa yang sudah resmi diumumkan di atas, akan juga termasuk seri pendukung yaitu Formula 2 dan Formula 3. Seperti tradisinya, balap kelas junior tersebut akan mengikuti seluruh agenda F1 di Eropa.

Selain itu, F1 juga akan mempersiapkan skenario khusus untuk menjamin para pembalap, personil tim dan panitia penyelenggara berada di lingkungan yang aman. Tentunya hal ini demi mencegah penyebaran lebih lanjut virus yang telah membuat dunia ‘istrahat’ dalam dua bulan terakhir.

Seperti telah direncanakan sebelumnya, seluruh balapan di Eropa akan digelar tanpa dihadiri langsung oleh penonton di sirkuit. Lalu jumlah personil tim di sirkuit juga akan dibatasi, tidak lebih dari 80 orang. Sejumlah protokol kesehatan akan diterapkan demi memastikan kondisi semua orang memenuhi syarat.

“Sementara kami saat ini mengharapkan musim akan dimulai tanpa penggemar hadiri balapan, kami berharap bahwa dalam beberapa bulan mendatang situasi akan memungkinkan kami untuk menyambut mereka kembali begitu aman untuk dilakukan,” lanjut Carey.

Sumber: Formula 1

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

10 Mobil Paling Aerodinamis yang Tersedia di Indonesia

JAKARTA, Carvaganza.com - Rancang desain mobil sekarang ini tak lagi terlahir dari sketsa di atas kertas. Tapi juga harus lulus ujian berat dalam melawan...

Tiga Alasan Kinto One Jadi Alternatif Menarik untuk Mendapatkan Mobil Baru di Tengah Pandemi

JAKARTA, Carvaganza -  Mobilitas dan finansial mungkin menjadi tantangan pandemi yang tengah Anda hadapi. Kedua faktor itu boleh jadi bergerak bersama bukan? Tanpa pergerakan...

Audi R8 Green Hell Edition, Tribute Tumpukan Prestasi di Nurburgring

INGOLSTADT, Carvaganza.com – Audi R8 adalah salah satu supercar yang masih beredar di pasar saat ini, yang juga banyak dipakai menjadi mobil balap. Kesuksesannya...

Beli Peugeot 3008 & 5008 Kini Bisa Tukar Tambah

JAKARTA, Carvaganza.com – Astra Peugeot terus berusaha memberikan solusi dan menawarkan program menarik untuk para konsumen di Indonesia. Terlebih untuk mendorong penjualan dua model...

Tak Hanya Indonesia, Suzuki Ertiga Juga Laris Manis di Meksiko

JAKARTA, Carvaganza -- Suzuki All New Ertiga ternyata tak hanya menjadi andalan penjualan Suzuki di Tanah Air. Low MPV ini ternyata juga laris manis...