Beranda Updates F1 2020: Seri Azerbaijan, Singapura dan Jepang Batal Digelar

F1 2020: Seri Azerbaijan, Singapura dan Jepang Batal Digelar

LONDON, Carvaganza.com – Tiga seri Formula 1 di Kawasan Asia dipastikan tidak akan digelar pada tahun ini. Diumumkan resmi oleh pihak Formula 1, ketiga seri yang harus batal tahun ini yaitu Azerbaijan, Singapura dan Jepang. Ketiganya batal karena terdampak pandemi virus Corona.

Azerbaijan, Singapura dan Jepang gagal menyusul negara-negara di Eropa yang telah resmi dijadwalkan untuk delapan balapan pertama musim ini. F1 dan FIA masih berusaha menyusun kalender balap baru musim 2020, setelah terpaksa menunda balapan yang telah dijadwalkan sejak Maret lalu.

Balapan pertama musim ini, akhirnya akan digelar di Austria pada awal Juli 2020 mendatang. Selain Austria, sejauh ini negara Eropa yang memastikan tempatnya di kalender baru yaitu Hongaria, Inggris, Spanyol, Belgia dan Italia.

“Sebagai hasil dari tantangan yang sedang berlangsung dari SOVIC-19, kami dan promotor kami di Azerbaijan, Singapura dan Jepang telah mengambil keputusan untuk batalkan balapan mereka untuk musim 2020,” jelas pernyataan resmi F1.

“Keputusan ini telah diambil karena berbagai tantangan yang dihadapi promotor kami di negara-negara tersebut. Di Singapura dan Azerbaijan, waktu tunggu untuk membangun sirkuit jalanan membuat penyelenggaraan event selama periode ketidakpastian menjadi tidak mungkin dan di Jepang, pembatasan perjalanan yang berkelanjutan juga menyebabkan keputusan untuk tidak menggelar balapan.

“Di saat yang sama kami telah membuat progres signifikan dengan para promotor yang ada dan baru pada kalender yang direvisi dan secara khusus didorong oleh kemauan yang ditunjukkan oleh venue baru dalam menyelenggarakan balap Formula 1 selama musim 2020.

“Kami menghargai ini masih masa ketidakpastian dan kompleksitas di seluruh dunia dan akan terus memastikan kami melanjutkan musim 2020 dengan hati-hati dan fleksibel. Kami memiliki rencana keselamatan yang terperinci dan kuat untuk memastikan kami memulai musim kami dengan cara paling aman.”

F1 berusaha sebisa mungkin agar musim ini dapat menggelar 15-18 balapan, yang dijadwalkan antara Juli sampai Desember 2020. Sejauh ini, baru seri di kawasan Eropa yang sudah dipastikan jadwalnya. Revisi kalender ini menyusul ditunda dan dibatalkannya sepuluh seri pertama dari kalender awal 2020, akibat wabah Corona.

Dengan tidak adanya seri Singapura dan Jepang, maka kemungkinan besar F1 tidak memiliki seri Asia tahun ini. Sebelumnya seri China juga sudah lebih dulu dibatalkan, sebelum kalender baru disusun. Untuk melanjutkan kalender, F1 tentu berharap pada tuan rumah di Kawasan Eurasia, Amerika dan Timur Tengah.

Beberapa negara lain yang dipastikan tidak akan hadir pada kalender baru yaitu Australia dan Belanda. Namun F1 masih mengevaluasi kemungkinan memasukkan sirkuit alternatif tahun ini, seperti Imola, Mugello, Hockenheim dan Portimao.

Sumber: Formula 1

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Nissan Magnite World Premiere di India, Ini Fitur-Fitur Menariknya

NEW DELHI, carvaganza.com – Pabrikan Nissan pada hari ini Rabu (21/10) melakukan premiere global Magnite di India. Sekaligus membuka tabir rumor yang berseliweran dalam...

MG Motor Indonesia Tunjuk Donald Rachmat Sebagai General Director Baru

JAKARTA, Carvaganza -- Sebagai pemain paling baru di kancah otomotif nasional, MG Motor Indonesia terus membuat strategi memperkuat posisinya. Yang terbaru adalah dengan mengangkat...

Hyundai i20 N 2021 mendebut, Versi Kencang Hanya Tersedia Girboks Manual

SEOUL, carvaganza.com – Memang mobil-mobil kecil dengan tenaga besar agak mengalami kemunduran. Cupra Ibiza, Audi S1 dan Renault Clio R.S sudah out, tapi masih...

Kisah Penyelamatan Menembus Tembok Berlin, Bersembunyi Di Dalam BMW Isetta ( Bagian 3)

Klaus-Günter Jacobi berhasil membawa sahabatnya, Manfred Koster keluar dari Jerman Timur menggunakan BMW Isetta yang telah dimodifikasi. Rencananya ini dibantu dua orang pelajar yang...

Kisah Penyelamatan Menembus Tembok Berlin, Bersembunyi Di Dalam BMW Isetta (Bagian 2)

Menyembunyikan orang di dalam mobil yang lebarnya tak lebih dari 127 cm dan panjang 228 cm itu jenius sekaligus gila. Jenius karena orang lain...