Beranda Updates F1 2020 Kemungkinan Baru Mulai di Bulan Juni

F1 2020 Kemungkinan Baru Mulai di Bulan Juni

MELBOURNE, Carvaganza.com – Seri pembuka musim Formula 1 2020 telah resmi ditunda dengan batalnya Grand Prix Australia 2020, akhir pekan ini. Kondisi ini membuka kemungkinan musim ini akan mulai berlangsung lebih lambat lagi, sampai bulan Juni.

Batalnya seri Australia di Melbourne menyusul semakin luasnya wabah virus Corona yang saat ini sudah dinyatakan sebagai pandemi global. Bahkan tim McLaren lebih dulu memutuskan untuk mundur dari Australia, setelah sejumlah personil timnya terdiagnosa positif Corona.

Menyusul kasus McLaren tersebut, sejumlah tim kemudian mengindikasikan kemungkinan untuk absen pada seri berikutnya, yaitu Bahrain. Sebelumnya telah diumumkan bahwa seri Bahrain akan tetap digelar tanpa fans dan penonton sama sekali diizinkan hadir ke sirkuit. Hal ini demi mencegah penyebaran virus.

Setelah Bahrain, adalah debut seri Vietnam, yang kini statusnya juga dipertanyakan terkait situasi darurat ini. Bahkan seri China yang hanya berselang sepekan dengan Vietnam, telah sejak bulan lalu menyatakan batal menggelar F1 tahun ini, dengan kemungkinan ditunda ke lain waktu.

Seri Lain

Kondisi serupa juga ikut mengancam sejumlah seri awal di Eropa, yaitu Belanda, Spanyol dan Monako secara berturut-turut. Kekhawatiran Corona di Eropa cukup tinggi, yang lebih mengancam keberlangsungan ketiga seri tersebut untuk siap-siap dibatalkan juga.

“Pada saat ini fokus kami adalah menangani isu-isu tersebut akhir pekan ini. Yang jelas, saya baru tiba dari Vietnam, jadi kami sedang berdiskusi bersama para mitra untuk balapan mendatang,” kata Chase Carey, CEO F1 dikutip Motorsport.

“Saya pikir pada saat ini yang ingin kami lakukan adalah memastikan kami menangani masalah di sini, menanganinya dengan benar.

“Tapi beberapa hari ke depan, tentu kami akan membahas gelaran yang akan datang. Ini adalah situasi yang cukup sulit untuk diprediksi – semua orang menggunakan kata fluid, ini jelas merupakan situasi fluid.”

Awal Musim di Baku

Dengan muncul kemungkinan ditundanya enam seri pertama musim ini, maka Azerbaijan muncul sebagai kandidat untuk menggantikan seri pembuka. Seri yang digelar di ibukota Baku itu dijadwalkan berlangsung pada 7 Juni 2020.

Setelah memastikan apakah bisa Azerbaijan menjadi seri awal musim, kemudian F1 kan mencoba untuk menjadwal ulang musim 2020. Bukan tidak mungkin jadwal ulang F1 2020 akan berbuah pada jumlah balapan yang lebih sedikit.

Untuk seri-seri setelah Azerbaijan, sejauh ini belum ada tanda-tanda kekhawatiran untuk menunda atau membatalkan balapan. Hanya seri Italia yang saat ini diragukan statusnya, mengingat angka suspect Corona yang tinggi di Italia saat ini, tertinggi di Eropa.

Bahkan otoritas Italia sudah memberlakukan lockdown atau menutup akses keluar dan masuk pengunjung di negara tersebut. Ferrari, Alpha Tauri dan Pirelli akan cukup terdampak oleh kebijakan ini jika situasi tidak kunjung membaik.

Sumber: Motorsport

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Lima Crossover Yang Bisa Dijadikan Alternatif Selain Honda HR-V

JAKARTA, carvaganza.com – Pasar SUV/crossover kompak memang sedang digandrungi. Tingginya permintaan membuat pabrikan membanjiri pasar. Pertarungan di segmen ini pun semakin memanas. Di pasar...

Pilih Renault Triber atau Suzuki Ignis? Ini Masing-Masing Kelebihannya

JAKARTA, carvaganza.com – Untuk punya mobil SUV bergaya tangguh memang cukup merogoh kocek. Tapi kami memilihkan, ada dua mobil kompak bergaya ala SUV. Memang...

Enggak Kapok-Kapok Pabrikan Cina Jiplak Chevrolet Corvette, Mesinnya PHEV

BEIJING, carvaganza.com – Chevrolet Corvette C1 tahun 1958 adalah salah satu mobil yang paling diburu kolektor. Mobil klasik favorit yang memiliki desain yang tak...

DFSK Klaim 3 Keunggulan Super Cab, Benarkah?

JAKARTA, Carvaganza -- Di tengah pandemi COVID-19, permintaan kendaraan komersial ternyata tetap tinggi. PT Sokonindo Automobile, sebagai pemegang merek DFSK di Indonesia mengandalkan DFSK...

Covid-19 Berlanjut, Toyota Kembali Donasikan Kijang Innova Ambulans

BEKASI, Carvaganza -- Pandemi COVID-19, belum juga menunjukkan tanda-tanda mereda. Berbagai pihak terus melakukan upaya termasuk menyalurkan donasi guna membantu penanggulangan wabah corona. Setelah...