Beranda Updates Dihantam COVID-19, Penjualan Honda Brio Jadi Andalan

Dihantam COVID-19, Penjualan Honda Brio Jadi Andalan

JAKARTA, Carvaganza.com – Wabah virus corona (COVID-19) mulai berdampak pada pasar otomotif nasional pada bulan Maret 2020. Hal itu dialami PT Honda Prospect Motor (HPM) yang mengalami penurunan penjualan. Torehan retail hanya tercatat 10.657 unit mobil alias turun 11 persen dari bulan sebelumnya.

Kontribusi terbesar masih datang dari penjualan Honda Brio. Gabungan antara Satya dan RS tercatat 5.444 unit. Angka ini tak buruk, mengingat kala pandemi, ia cuma beda tipis dari Februari 2020 sebanyak 6.085 unit.

Posisi terlaris kedua diduduki Honda HR-V series 1.880 unit, CR-V sejumlah 1.151 unit serta Jazz sebanyak 820 unit. Sementara itu, Mobilio terjual ke konsumen 745 unit, BR-V terkirim 390 unit dan Honda Civic Hatchback RS 103 unit.

Sedangkan di jajaran mobil premium, Civic sedan mencatat pemasaran 52 unit, disusul Odyssey 28 unit, City hanya 22 unit, Honda Accord cuma 20 unit. Terakhir, capaian Civic Type R sebatas 2 unit.

Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM mengakui penurunan market. “Dalam kondisi pasar yang sedang turun saat ini. Sangat penting untuk tetap menjaga level stok dan pasokan untuk konsumen agar tetap seimbang dengan permintaan pasar. Karena itu, kami akan melakukan penyesuaian dengan menghentikan sementara aktivitas produksi di pabrik. Setop selama 14 hari, mulai 13 April 2020,” kata Yusak Billy.

Baca juga: Selama #parkirdirumah, Nikmati Layanan Honda Home Service

Daya Produksi

HPM mengaku tetap memfokuskan strateginya untuk menjaga tingkat pasokan yang sehat, sekaligus membawa berbagai layanannya ke rumah pelanggan. Selama masa ini, hanya lini produksi yang berhenti beroperasi.

Sementara operasional lain di pabrik dan Head Office masih tetap berjalan sesuai dengan aturan pemerintah saat ini. Kami juga terus memonitor permintaan di pasar untuk mempersiapkan strategi lanjutan. Tepatnya dalam menjalankan aktivitas produksi pada bulan-bulan mendatang,” kata Yusak Billy.

Kegiatan produksi PT HPM saat ini dilakukan di pabrik Karawang, Jawa Barat. Fasilitas ini memiliki kapasitas produksi mencapai 200.000 unit saban tahun. Model yang hasilkan di tempat ini meliputi Honda Brio, Mobilio, BR-V, HR-V, CR-V dan Jazz. Penghentian produksi selama dua pekan langsung berdampak terhadap sekitar 7.000 unit mobil yang diproduksi untuk pasar domestik. Meski demikian dibilang tidak berimbas terhadap pembuatan mobil untuk ekspor.

Baca juga: Pabrik Tutup Sementara, Honda: Stok Aman, Karyawan Dibayar Penuh

Home Servis

Khususnya untuk purnajual Honda akan memperkuat Home Service. Melalui program itu, konsumen yang butuh perawatan berkala atau perbaikan mobil dapat dilayani di rumah. Tapi tetap dengan prosedur aman dan nyaman.

Layanan Home Service dapat dilakukan di kediaman Anda meliputi servis berkala maupun perbaikan ringan. Bengkel Honda bakal mengirim teknisi untuk melakukan pekerjaan di rumah pelanggan. Sementara untuk servis berkala atau perbaikan yang membutuhkan peralatan khusus. Maka mobil bakal dijemput untuk dibawa ke bengkel. Kemudian dikembalikan ke rumah konsumen.

Denny MT, Service & Parts Assistant General Manager PT HPM mengatakan untuk informasi lebih detail terkait layanan itu. Anda dapat menghubungi Honda Customer Care di nomor 0-800-14-46632 dari Senin sampai Jumat pukul 08.00 hingga 17.30 WIB. “Untuk melihat daftar diler resmi yang menyediakan layanan Home Service, silahkan kunjungi website resmi HPM,” kata dia.

Baca Juga: Penjualan Honda Brio pada Maret 2020 Masih Jadi Unggulan Meski Dihantam COVID-19

ANJAR LEKSANA | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Volkswagen ID.4 Meluncur, SUV Listrik Perdana Kaya Teknologi

WOLFSBURG, Carvaganza.com – Volkswagen resmi memperkenalkan model SUV full elektric pertamanya yang bernama Volkswagen (VW) ID.4. Line up mobil listrik VW pun kini semakin...

Hyundai World Premiere Sportscar Listrik RM20e di Auto China Show 2020

BEIJING, Carvaganza.com – Pabrikan Beijing Hyundai Motor Company memanfaatkan pameran Beijing International Automotive Exhibition 2020 untuk membagikan visi elektrifikasi di masa depan. Sebagai bagian...

Cina Sudah Normal lagi, Gelar Pameran Otomotif Di Beijing

BEIJING, Carvaganza.com – Kehidupan di Cina sepertinya sudah normal kembali sejak dihantam pandemic COVID-19. Yang terbaru adalah untuk pertama kalinya digelar pameran otomotif di...

Honda CR-V PHEV Telah Meluncur di Cina, Ini Kelebihannya

BEIJING, Carvaganza.com – Honda CR-V Plug-in Hybrid (CR-V PHEV) telah mendebut global di Beijing International Automotive Exhibition 2020 di kota Beijing, China. Pembukaan selubung...

Harga Rp 829 Juta, Ini Kelebihan New Mercedes Benz GLB

JAKARTA, carvaganza.com – Peluncuran New Mercedes-Benz GLB dilakukan bersamaan dengan GLA 200 Progressive Line. Kedua model ini bermain di segmen yang sama yakni SUV/Crossover...