Deretan Mobil Baru Ini Siap Tebar Pesona Di GIIAS 2022

GIIAS 2021

JAKARTA, Carvaganza – Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 segera digelar mulai 11 Agustus – 21 Agustus 2022 di ICE BSD, Tangerang. Terdapat puluhan brand otomotif yang terdiri dari kendaraan roda empat, roda dua hingga segmen komersial dikonfirmasi akan turut meramaikan GIIAS tahun ini. Beberapa di antaranya memastikan akan meluncurkan sejumlah model terbaru mulai dari berbekal mesin konvensional hingga melakukan debut kendaraan listrik.

Bahkan GIIAS 2022 juga dijadikan tempat paling bergengsi untuk para pabrikan otomotif beradu teknologi yang disematkan pada setiap kendaraan andalannya. Selain itu, kita tidak hanya disajikan oleh jajaran kendaraan terbaru yang menawarkan teknologi canggih di dalamnya tetapi juga kesempatan untuk merasakan lebih dekat keunggulan dari kendaraan tersebut. Berikut ini kami hadirkan sejumlah kendaraan yang diprediksi akan diluncurkan pada GIIAS 2022 mendatang.

Toyota BZ4X

Toyota (bZ4X dan Innova Hybrid)

Desas-desus mengenai kehadiran Toyota bZ4X ke Tanah Air bermula dari keikutsertaannya pada Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Bali, November 2022 mendatang. Toyota Astra Motor secara eksplisit mengumumkan kendaraan tersebut akan digunakan sebagai kendaraan delegasi selama penyelenggaraan KTT G20. Toyota bZ4X sendiri merupakan SUV listrik yang ditenagai oleh baterai berkapasitas 71,4 kWh yang menghasilkan tenaga 201 dengan pilihan penggerak FWD dan AWD.

Baca Juga: Sebelum ke GIIAS 2022 Pekan Depan, Perhatikan Dulu Informasi Ini

Selain bZ4X ada kabar lain bahwa Toyota Astra Motor akan merilis Innova Hybrid pada GIIAS 2022 mendatang. Kabar tersebut datang setelah sebelumnya, Toyota memamerkan prototipe Kijang EV di pameran yang berbeda pada tahun ini dan mendapatkan respons positif dari konsumen. Meski demikian pihak TAM belum mengonfirmasi mengenai peluncuran Innova Hybrid di GIIAS 2022.

Honda SUV RS Concept

Honda (WR-V)

Salah satu agen pemegang merk yang kerap memberikan kejutan di ajang GIIAS adalah Honda Prospect Motor. Agen pemegang merk Honda di Indonesia ini dikabarkan akan hadirkan versi produksi dari SUV RS Concept. Diduga kuat akan pakai nama Honda WR-V. Sejumlah sumber menyebutkan, Honda WR-V generasi baru akan dibangun di atas platform Honda Jazz dan akan menjadi kompetitor langsung dari Toyota Raize, Daihatsu Rocky dan Kia Sonet.

Kia Carens

KIA (Kia Carnival, Carens, Sportage, Sorento Hybrid dan EV6)

Pada GIIAS 2022 kali ini, KIA akan memboyong lebih dari tiga model terbaru yang terdiri dari Kia Sportage, Kia Carnival facelift, Sorento Hybrid dan juga EV6. Beberapa di antaranya sudah pernah dikenalkan pada publik di ajang Jakarta Auto Week 2022 yakni Carens dan Sportage. Selain itu, Kia Indonesia juga dipastikan akan memboyong Kia Carnival yang hadir dengan sentuhan baru di beberapa bagiannya.

Informasi lain mengenai model baru yang diluncurkan oleh KIA di GIIAS 2022 adalah jajaran kendaraan elektrifikasi yang mengarah pada Kia Sorento Hybrid dan EV6. Di pasar global, Kia EV6 sukses mencuri perhatian konsumen, pasalnya selain tampilannya yang atraktif EV6 juga dibekali dengan segudang fitur canggih dan dibangun di atas platform E-GMP yang juga digunakan oleh Ioniq 5.

Suzuki Baleno 2022

Suzuki (S-Presso dan Baleno hyrbid)

Belakangan kabar mengenai kehadiran Suzuki Baleno Hybrid begitu santer, didukung dengan beberapa foto siluet yang mengarah pada sosok kendaraan tersebut. Generasi terbarunya kali ini akan mendapatkan sejumlah penyegaran di beberapa bagian seperti eksterior, interior dan juga penyematan teknologi hybrid di dalamnya. Serupa dengan All New Ertiga, Suzuki Baleno diprediksi akan menggendong teknologi yang sama namun dibedakan dengan sejumlah penyempurnaan pada fitur-fitur di dalamnya.

Baca Juga: Lebih Lengkap dan Premium, Perubahan New Hyundai Palisade Ini Tidak Ada di Brosur

Selain itu, PT Suzuki Indomobil Sales juga dipastikan akan merilis S-Presso yang menjadi pengganti dari Suzuki Karimum Wagon R yang telah pensiun beberapa waktu lalu. S-Presso memiliki dimensi yang mungil dan telah dipasarkan di sejumlah negara salah satunya India. Meski demikian Suzuki  belum mengonfirmasi mengenai kehadiran dua modelnya tersebut selain memberikan kisi-kisi melalui banner siluet yang dipajang di sejumlah dealer resminya.

Subaru XV 2021

Subaru XV

Setelah sukses meluncurkan Subaru Forester, kabarnya Subaru Indonesia akan segera merilis model yang lebih kompak yakni XV di GIIAS 2022. Di negara tetangga Subaru XV hadir dalam beberapa varian di antarnya S, S Eyesight dan GT-Edition with Eyesight dan menggedong mesin tunggal 4-silinder 2.0 liter.

Kehadiran Subaru XV di pasar Indonesia sendiri akan mengisi segmen SUV ringkas dan harus bersaing dengan Honda HR-V, Hyundai Creta dan Volkswagen T-Cross. Subaru cukup responsif membaca kondisi pasar otomotif Tanah Air yang belakangan didominasi oleh SUV ketimbang model lainnya.

BMW i4

BMW (i4 dan iX)

Kehadiran dua model listrik BMW ini sebenarnya sudah sejak lama terendus, pasalnya keduanya sudah terpampang secara resmi di website BMW Indonesia. Pada GIIAS 2022 kali ini, BMW i4 dan iX akan secara resmi diluncurkan untuk pasar Indonesia meskipun keran pemesanannya sudah sejak lama dibuka.

Baca Juga: Wah, Toyota GR86 Bakal Debut di GIIAS 2022! Model Lama "Sold Out"

BMW i4 sendiri akan ditenagai oleh motor listrik di roda belakang yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 335 hp dengan torsi puncak mencapai 450 Nm. Sementara itu BMW i4 juga diklaim mampu menjelajah hingga 483 km dengan sekali pengecasan penuh. Kemampuannya juga tidak main-main, ia mampu berakselerasi 0–100 km/jam dalam waktu 5,7 detik dengan kecepatan maksimal 190 km/jam.

Peluncuran BMW i4 di GIIAS 2022 juga akan bersamaan dengan peluncuran dari BMW iX yang mengisi segmen SUV listrik. Performanya bersumber dari sepasang motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga 521 hp dengan torsi puncak mencapai 765 Nm. Kedua model tersebut sebenarnya sudah diluncurkan di pasar global pada tahun lalu, namun BMW Indonesia baru secara resmi akan memperkenalkannya pada GIIAS 2022 mendatang.

Nissan Terra 2021

Nissan Terra

Lama tidak terdengar, Nissan Indonesia ternyata membawa kabar baik untuk pecinta SUV Tanah Air. Pasalnya pada GIIAS 2022 mendatang versi terkini dari Nissan Terra akan diperkenalkan dengan beberapa varian yakni berpenggerak 4x2 dan 4x4. Nissan Terra facelift ini kabarnya akan menggendong mesin 4-silinder 2.3 liter diesel yang menghasilkan tenaga 190 hp dan torsi puncak mencapai 450 Nm.

Selain sejumlah ubahan pada eksteriornya, Nissan Terra juga akan mengenalkan beberapa fitur terbaru di antaranya intelligent emergency braking system, intelligent forward collision warning, lane departure warning, blind spot warning, intelligent around view monitor dengan moving object detection dan rear cross traffic alert.
(ALVANDO NOYA / WH)

Baca Juga: Punya Booth Terbesar di GIIAS 2022, Toyota Bakal Pajang Sampai 25 Mobil

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature