Beranda Updates Daihatsu Xenia Terlaris ke-3 di Segmen MPV Low Hingga April 2020

Daihatsu Xenia Terlaris ke-3 di Segmen MPV Low Hingga April 2020

JAKARTA, Carvaganza.com – Pandemi corona (COVID-19) membuat industri dan pasar otomotif tahun 2020 terdampak sangat hebat. Itu juga yang dialami PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Penjualan mereka mengalami penurunan. Namun di balik itu ada kabar baik karena salah satu produk mereka Xenia mampu berada di peringkat atas penjualan.

Kondisi ekonomi yang melemah terpapar corona membuat pasar ikut lesu. Ini akibat ini daya beli yang menurun serta penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk meminimalisir penyebaran virus. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) mencatat hingga empat bulanan (Januari-April 2020), penjualan ritel pasar otomotif nasional mencapai sekitar 243 ribu unit atau turun 28,5% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Sementara itu pada periode yang sama, penjualan ritel Daihatsu mencapai 44.346 unit dengan penurunan sekitar 26,9%. Walaupun terdapat penurunan secara volume pada pasar otomotif Nasional, penjualan Daihatsu selama empat bulan mengalami kenaikan pangsa pasar menjadi 18,2%.

Pada segmen MPV Low, walaupun mengalami penurunan, segmen ini masih menjadi kontributor terbesar di pasar otomotif Indonesia. Tercatat, penjualan ritel hingga 4 bulan pada tahun ini, MPV Low berkontribusi sekitar 20,8% dari total pasar otomotif Indonesia.

Pada periode yang sama, Daihatsu Xenia menjadi mobil MPV Low terlaris ke-3 dan telah terjual lebih dari 5.000 unit, dengan pangsa pasar 10,1% dalam kurun waktu 4 bulan. Hal ini membuktikan bahwa Xenia yang telah berkiprah selama lebih dari 16 tahun, tetap dipercaya menjadi salah satu mobil MPV terbaik pilihan keluarga dan masyarakat Indonesia.

Baca juga: Busi NGK LKAR6AGP, Khusus untuk Toyota dan Daihatsu Bermesin NR

Capai 670 Ribu

Sejak diluncurkan pada 2004 hingga April 2020, Daihatsu Xenia telah terjual lebih dari 670 ribu unit dan menjadi model paling favorit di Indonesia, sehingga banyak pemain memasuki segmen ini. Terbukti pada tahun 2004 hanya ada 2 merek, namun sekarang terdapat 7 merek yang bersaing di segmen ini.

Sebagaimana diketahui, Xenia mengalami perubahan model secara total sebanyak 2 generasi. Grand New Xenia hadir dengan desain dan fitur yang lebih stylish, performa dan kenyamanan yang lebih baik, serta hadir dengan total 10 varian. “Kami bersyukur, walaupun sudah 16 tahun sejak pertama kali diluncurkan pada 2004, di segment MPV Low, Daihatsu Xenia masih tetap dipercaya dan menjadi yang terlaris ke-3 dipilih oleh masyarakat Indonesia per YTD (year to date) April 2020,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Baca juga: Daihatsu Sigra Jadi Andalan di Masa COVID-19, Xenia Turun

Sigra Unggulan

Dari total penjualan Daihatsu, 29 persennya tetap berasal dari Sigra, tulang punggung mereka sejak beberapa tahun ke belakang. Total 12.869 MPV LCGC berhasil disebar ke tangan konsumen. Kiprah mobil keluarga ini memang cukup berhasil sejak awal muncul. Berkat format MPV dengan tujuh kursi – sesuatu yang kerap dicari masyarakat Tanah Air. Apalagi varian dan harganya beragam, mulai Rp 118,5 juta – Rp 161,25 juta.

Xenia sendiri berada di posisi kelima. Bahkan di periode Januari-April ini, penurunannya mencapai 40 persen. Angka itu cukup signifikan dibanding penurunan yang dialami line up lain.

Lantas di posisi dua, bertengger nama Gran Max Pick Up. Sang mobil usaha menyumbang 8.805 unit, atau sekitar 19,9 persen dari total niaga. Baru dilanjut Terios, sebesar 16,1 persen (7.131 unit). Serta Ayla di rangking empat, berkontribusi 12 persen atau 5.332 unit.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Asuransi Astra Donasi Ribuan Masker Ramah Tuli dan Sembako di 24 Kota

JAKARTA, Carvaganza -- Asuransi Astra menyalurkan bantuan sebanyak 6.400 masker dan 1.100 paket sembako hasil kampanye sosial #MaskerTemanTuli. Masker-masker ramah Tuli tersebut dijahit langsung...

Lucid Air, Sedan Listrik yang Ingin Jegal Tesla Model S

NEWARK, Carvaganza.com – Sejak awal kehadirannya, Tesla Model S telah menjadi benchmark performa dan kecepatan di segmen mobil listrik. Berbagai pabrikan mencoba hadirkan pesaingnya,...

Versi Facelift 2020, Kia Picanto Punya Varian Crossover

SEOUL, Carvaganza.com – Kia Picanto generasi terbaru sudah beredar selama tiga tahun terakhir. Dari periode tersebut, kini sudah waktunya Picanto mengalami penyegaran. Kia Motors...

Banyak Permintaan Shipping, Bisnis Logisly Catat Pertumbuhan Selama Pandemi

JAKARTA, Carvaganza.com – Tahun 2020 telah berjalan menjadi periode yang sulit dari segi bisnis, khususnya karena pandemi COVID-19 yang terjadi. Banyak bisnis yang jatuh...

SPYSHOT: BMW Siapkan X8 Jadi Model SUV Termahal?

MUNICH, Carvaganza.com – BMW pernah menyatakan tidak berencana untuk membuat model SUV flagship, di atas X7 saat peluncurannya. Namun sepertinya rencana telah berubah, setelah...