Cenderung Cuek Soal Mobil Listrik, Ini Kata Daihatsu Indonesia

Cenderung Cuek Soal Mobil Listrik, Ini Kata Daihatsu Indonesia

JAKARTA, Carvaganza – Di tengah ramainya tren kendaraan listrik dan elektrifikasi belakangan ini di Indonesia, Daihatsu menjadi salah satu pabrikan yang tampak “adem ayem” saja. Sejauh ini tidak terlihat ada pergerakan dari Daihatsu untuk masuk ke ranah yang berorientasi keramahan lingkungan ini. Jangankan mobil listrik murni, mobil hybrid saja Daihatsu seakan tidak melirik.

Padahal kalau melihat saudaranya, Toyota, kendaraan elektrifikasi cukup banyak ditawarkan di Indonesia. Bahkan baru-baru ini Toyota memperkenalkan konsep mobil listrik murni berbasis Kijang Innova. Dan kalau melihat line up Daihatsu di Jepang, juga tidak sedikit yang memiliki teknologi listrik ini. Lalu bagaimana tanggapan Daihatsu?

Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relation Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) menjelaskan pertanyaan ini kerap diajukan oleh berbagai pihak. Namun Daihatsu punya alasan tersendiri.

DN Multisix

"Daihatsu selalu memperhatikan dulu bagaimana kebutuhan atau permintaan dari masyarakat terhadap mobil listrik. Kita terus memonitor juga, karena memang kalau kita lihat dari kemarin, ini terus menguat isu tentang kendaraan listrik ini," ucap Hendrayadi dalam konferensi pers belum lama ini.

Baca Juga: Penjualan Daihatsu Naik 33,6 Persen, Optimistis Menghadapi Tahun 2022 Ke Depan

Pihak Daihatsu juga mengungkapkan pengembangan kendaraan listrik sudah pasti akan dilakukan bersama dengan sang saudara, Toyota. Paling penting, semua produk akan siap pada waktunya.

"Pada waktunya nanti kita akan ikut permintaan pemerintah. Tapi kami selalu katakan kita akan bersama-sama dengan grup kita yakni Toyota. Kapan waktu, model dan sebagainya, tentu nanti ada saatnya bersama dengan grup kita, Toyota," ucap Hendrayadi.

Soal harga kendaraan listrik juga menjadi perhatian. Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengingatkan saat ini daya beli BEV belum tergapai oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia sehingga permintaannya masih terhitung kecil.

Toyota C+Pod

"Padahal mobil-mobil laku di Indonesia di bawah Rp 200 juta atau naiknya sekitar Rp 250 juta. Jadi masih belum. Toyota melihat pada waktunya nanti akan ikut, kita juga. Pastinya teknologinya sudah disiapkan," ucap Amel.

Salah satu cara yang ditempuh adalah dengan mengirimkan insinyur-insinyur terbaik untuk belajar tentang kendaraan listrik bersama Toyota. Ini diharapkan dapat membuat perkembangan teknologi EV berjalan beriringan.

Soal produk murni elektrik, Daihatsu memang belum punya. Namun untuk teknologi elektrifikasi, Daihatsu di Jepang sudah menghadirkan Rocky e-Smart hybrid. Daihatsu menggunakan teknologi mesin konvensional untuk mengisi daya baterai yang menggerakkan motor listrik di roda Rocky. Ini membuat sensasi berkendara kendaraan listrik bisa dirasakan pada SUV kompak tersebut.

Daihatsu Rocky

Toyota di Indonesia sendiri barusan memperlihatkan kendaraan konsep Toyota Innova EV. Di global, Toyota baru saja mengumumkan jadwal penjualan all new bZ4X, kendaraan listrik murni terbaru yang juga akan hadir di ajang G20 di Bali November mendatang.

Serbuan produk EV saat ini hadir dari Hyundai yang menawarkan Ioniq 5, Ioniq EV, dan Kona EV. Selain itu ada juga rencana Wuling menghadirkan produk berbasis GSEV andalannya. Beberapa merek lain juga menawarkan kemungkinan kehadiran EV seperti MG Motor, DFSK, Chery, dan beberapa merek lainnya.
(SETYO ADI / WH)

Baca Juga: Hadapi Mudik Lebaran 2022, Daihatsu Siapkan 65 Bengkel Siaga

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Daihatsu Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature