CEC Awards 2022: Jurus Ampuh Hyundai Ioniq 5, Toyota GR Yaris & Veloz Menjadi Terbaik di Kategorinya

  • 2022/11/Carvaganza-Editors-Choice-Awards-2022.jpg
  • 2022/04/Hyundai-Ioniq-5.jpeg
  • 2021/10/First-Drive-Toyota-GR-Yaris-2021-11.jpg
  • 2021/12/Toyota-Veloz_03.jpg

JAKARTA, Carvaganza - Gelaran Carvaganza Editors’ Choice Awards kembali digelar. Pada 2022, sebanyak 14 kategori diumumkan. Di mana pesertanya sebanyak lebih dari 150 model mobil yang diluncurkan atau diuji tim redaksi Carvaganza selama periode Agustus 2021 hingga Agustus 2022. Adapun tiga dari 14 kategori yakni Best Electric Car Award, Best Engineering Excellence Award dan Best Features Award.

Ketiganya menjadi wujud representasi kecanggihan maupun inovasi pabrikan dalam menciptakan produk mumpuni. Adapun pemenangnya:

Best Electric Car Award

Best Electric Car Award

Hyundai Ioniq 5 didapuk menjadi jawara kategori ini. Mobil yang meluncur Maret lalu ini sempat ramai diperbincangkan. Mobil bertenaga listrik sepenuhnya ini seperti membawa angin segar bagi dunia elektrifikasi otomotif di Tanah Air. Desainnya pun terbilang unik, campuran retro dengan modern. Tim redaksi pun melihat bagaimana teknologi tertanam mampu membuatnya lebih unggul dari penantang. Ia bisa menjelajah hingga 481 kilometer hingga baterai habis. Kecepatan charging pun luar biasa bila menggunakan charger 350 kW, karena hanya butuh 18 menit hingga 80%.

Baca Juga: GIIAS The Series Pertama Kali Hadir di Semarang Pekan Depan, Diikuti 9 Merek

Teknologi tersemat membuat tim redaksi sepakat untuk memilihnya. Hyundai SmartSense yang merupakan perangkat keselamatan semi-otonom terdiri dari dari Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), Lane Keeping & Lane Following Assist (LKA & LFA), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Blind-Spot View Monitor (BVM), Driver Attention Warning (DAW), Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA), Smart Cruise Control with Stop & Go Function (SCC w/ S&G) dan High Beam Assist (HBA).

Daya tarik Hyundai Ioniq 5 juga terletak pada kemampuannya menjadi genset. Berkat fitur Vehicle to Load (V2L) yang dapat menyalakan perangkat elektronik, khususnya untuk rumah hingga 3.600 watt. Di luar spesifikasi tersebut, kuatnya Hyundai Ioniq 5 di kategori ini turut dikuatkan pengakuan global melalui World Car Awards 2022 sebagai World Car of the Year 2022, World Electric Vehicle of the Year 2022 dan World Car Design of the Year 2022. Dan sekarang, bertambah Best Electric Car Award.

Best Engineering Excellence Award

Best Engineering Excellence Award

Toyota GR Yaris patut mendapatkan penghargaan ini, lantaran pabrikan meraciknya menjadi tunggangan sporty yang bisa diajak bermanuver di lintasan, tapi juga nyaman digunakan harian. Ia menggunakan basis Yaris 2019 yang ditransformasi dengan spesifikasi ala mobil reli. Digarap khusus oleh Gazoo Racing agar dapat menjadi platform mobil WRC generasi baru. Pengembangannya melibatkan langsung sosok Toyota Master Driver, Akio Toyoda untuk mendapatkan input soal performa.

Desain diperhatikan seksama agar mendapatkan aerodinamika terbaik. Bobotnya pun dibuat ringan dengan pusat gravitasi rendah. Untuk mencapainya penggunaan material serat karbon mencakup berbagai area tubuh. Poin penting lainnya jantung mekanis tiga silinder berkapasitas 1.6 liter turbocharged yang powerful. Bahkan diklaim paling buas di pasar saat ini. Tenaganya mencapai 268 hp dengan momen puntir 370 Nm yang disambungkan ke roda menggunakan transmisi manual 6-percepatan. Sistem penggeraknya merupakan AWD pintar, di mana transfer tenaga ke roda depan dan belakang dapat diatur melalui tombol.

Mode Normal misalnya berarti sistem mengontrol secara otomatis penyaluran tenaga sebesar 60 persen ke roda dan dan 40 persen ke roda belakang. Kemudian Sport yang membuat mobil dapat bergerak lincah, bahkan menunjang aktivitas drifting mengizinkan roda belakang mendapat 70 persen output mesin dan 30 persen ke roda depan. Berkat formula dan proses pengembangannya, Toyota GR Yaris pun berhasil dinobatkan sebagai Best Engineering Excellence Award di Carvaganza Editors’ Choice Award 2022.

Best Features Award

Best Features Award

Tak cuma bicara kelengkapan fitur, inovasi dan kegunaannya pun menjadi bahan pertimbangan tim redaksi dalam memilih pemenang Best Features Award. Melihat faktor di atas, Toyota Veloz pun dinilai layak untuk menyandang predikat tersebut. MPV andalan pabrikan asal Jepang ini mengalami peningkatan signifikan pada tahun lalu. Di mana Ia tak lagi minim fitur. Bahkan sektor keselamatan diperkuat melalui penggunaan teknologi Toyota Safety Sense.

Ia merupakan perangkat keselamatan dan kemudahan berkendara semi-otonom yang biasanya ditemukan pada mobil kelas atas. Kelengkapannya terdiri dari: Pedal Misoperation Control, Lane Departure Assist with Steering Control, Blind Spot Monitoring, Adaptive Cruise Control, Pre-collision System hingga Front Departure Alert. Ini masih ketambahan proteksi pasif berupa 6 airbag.

Sementara dari segi eksterior maupun interior, Toyota tak luput membenamkan teknologi kekinian. Seperti lampu LED yang mencakup penerangan depan dan belakang, hingga head unit besar dengan detail mumpuni dan panel instrumen digital.
(MUHAMMAD HAFID / WH)

Baca Juga: CEC Awards 2022: Alasan Daihatsu Xenia, Wuling Air ev & BMW Seri 5 Touring Menang Penghargaan

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature