Cadillac akan Ikut Ramaikan Le Mans Susul Audi, BMW, Porsche, dan Ferrari

Cadillac IMSA

DETROIT, Carvaganza – Masa depan balap ketahanan dunia semakin menarik untuk diikuti, dengan semakin banyaknya pabrikan yang kembali mengumumkan akan bergabung. Kini giliran Cadillac yang resmi menyatakan akan ikut meramaikan balap ketahanan dunia. Salah satu target utamanya adalah untuk bisa memenangkan Le Mans 24 Jam dan IMSA.

Cadillac, pabrikan asal Amerika Serikat ini akan mulai bergabung pada tahun 2023. Selama ini memang Cadillac lebih aktif di balapan yang digelar di benua Amerika. Untuk balap ketahanan nanti pun Cadillac akan mengambil jalur regulasi LMDh, sama seperti Porsche, Audi, dan Lamborghini. Kesuksesan Cadillac di balap ketahanan Amerika bahkan tidak bisa dipandang sebelah mata.

Selama ini Cadillac meraih sukses bersama mobil DPi-V.R yang berhasil 19 kali menang balapan dan meraih 16 pole position dalam 41 balapan. Untuk generasi barunya, LMDh-V.R, akan dibangun bekerja sama dengan GM Design dan Dallara sebagai produsen chassis. Mobil Cadillac akan menggunakan chassis berstandarisasi dan dibekali sistem powertrain hybrid.

Cadillac DPi-VR

Namun meski chassisnya distandarisasi, paket atau bodywork aerodinamika dari LMDh-V.R akan dirancang sendiri oleh masing-masing pabrikan. Dalam hal ini, Cadillac akan didukung oleh Chip Ganassi Racing dan Action Express Racing.

Baca Juga: Ini 10 Mobil F1 Termahal yang Pernah Dilelang

“Kategori IMSA LMDh terlihat sangat kompetitif dengan banyak pabrikan. Kami telah meraih banyak kesuksesan menjalankan Cadillac DPi-V.R sebagai salah satu tim asli sejak 2017, dan kami berharap untuk menjadi bagian dari bab berikutnya dari Cadillac Racing,” kata Gary Nelson, manajer tim AXR.

Dalam empat tahun terakhir, secara berturut-turut Cadillac DPi-V.R telah menyapu bersih kemenangan di Rolex 24 Daytona. Karenanya Cadillac merasa sangat percaya diri untuk ikut meramaikan IMSA dan World Endurance Championship (WEC) dengan mobil generasi baru, LMDh-V.R. Debutnya telah dijadwalkan akan berlangsung pada Januari 2023.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by World Endurance Championship (@fiawec_official)

“Selama hampir 20 tahun, Cadillac V-Series telah membawa teknologi kemenangan dari trek balap ke mobil performa kami di jalan raya. Kami menantikan untuk melanjutkan warisan itu dengan berkompetisi di tahap baru yang menarik ini di tingkat tertinggi motorsport internasional,” papar Rory Harvey sebagai global vice president Cadillac.

Cadillac menjadi pabrikan kesekian yang resmi menyatakan akan meramaikan balap ketahanan dunia dalam setahun terakhir. Beralihnya WEC dari LMP1 ke Hypercar untuk kelas tertinggi terbukti sukses menarik minat banyak pabrikan. LM Hypercar secara bertahap akan diramaikan juga oleh Peugeot, Ferrari, dan ByKolles. Sementara LMDh akan juga disusul oleh Acura, Audi, BMW, dan Porsche mulai 2023.
WAHYU HARIANTONO

Baca Juga: Honda Ungkap Rencana Detail untuk Integra Terbaru

Sumber: Carscoops

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature