Beranda Updates Bus Listrik Akan Jadi Andalan Transportasi Jakarta

Bus Listrik Akan Jadi Andalan Transportasi Jakarta

JAKARTA, 23 Agustus 2019 – Di dalam rangka mempercepat kehadiran kendaraan listrik di Indonesia sejalan dengan Perpres 55 Tahun 2019, pemerintah Indonesia kemungkinan besar akan memperluas penggunaan angkutan umum berbasis tenaga listrik. Dan secara perlahan akan memperkecil penggunaan angkutan umum bermesin konvensional.

Demikian diungkapkan oleh Harjanto, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) dalam dialog bertemakan “Kendaraan Listrik Sebagai Solusi Pengurangan Polusi dan Penggunaan BBM” yang diselenggarakan di Jakarta pada hari ini, Jumat (23/8). Dialog ini diselenggarakan oleh Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada(KAGAMA) bekerjasama dengan media Kompas.

Harjanto menambahkan bahwa penggunaan kendaraan listrik sudah tidak dapat dihindari lagi karena trend tersebut sedang terjadi di seluruh dunia, apalagi cadangan bahan bakar fosil semakin menipis sehingga perlu dicarikan sumber energi alternatif untuk kendaraan di Indonesia.

Menurutnya pemerintah akan mendorong penggunaan mobil listrik pada angkutan umum, terutama bus. Bahkan, tambahnya, pemerintah sudah berkomunikasi dengan Pemerintah Daerah DKI Jakarta untuk memperbanyak populasi bus listrik di ibukota.

Namun kapan hal itu akan segera terealisasi? Pemerintah masih melakukan kajian untuk hal tersebut, tuturnya.

EKA ZULKARNAIN

Video Terbaru Youtube Carvaganza