Bukan Meses, Seres SF5 Ini Mobil Listrik Buatan Huawei!

JAKARTA, Carvaganza – Produsen smartphone asal Cina, Huawei melangkahkan kakinya ke industri otomotif dengan memperkenalkan SUV (Sport Utility Vehicle) bermesin hybrid yang dinamakan SF5. Mobil yang dikembangkan bersama dengan produsen komponen mobil listrik, Cyrus, ini meluncur di Auto Shanghai 2021 dan sudah tersedia di toko Huawei di seluruh Cina.

Nama yang dipilih Huawei untuk brand mobilnya, Seres. Walaupun namanya mirip Meses Ceres, mobil ini sama sekali tak terinspirasi dari produk butiran cokelat yang dijual di Indonesia itu. Malah mobil ini disiapkan untuk menjadi seteru Apple Car yang katanya meluncur di 2024.

Desain dan rekayasa

Huawei Seres SF5

SUV Huawei ini dibangun dari struktur rangka alumunium. Platform ini berdiri di atas suspensi double wishbone di depan dan suspensi trapezoidal multi-link di belakang yang terhubung dengan ban berukuran 20 inci atau opsional 21 inci. Semua ini dibungkus bodi berdesain khas crossover konvensional.

Tersedia dalam empat pilihan warna, Seres SF5 memiliki dimensi panjang 4.700 mm, lebar 1.930 mm dan tinggi 1.625 mm. Jarak sumbu rodanya 2.875 mm. Proporsinya gagahnya itu disepuh lampu depan LED dengan sentuhan Day-time Running Lights (DRL) berbentuk huruf L yang membingkai grille depannya yang besar.

Desain bagian sampingnya terlihat rapih tanpa banyak pahatan atau ornamen desain yang berlebihan. Sementara desain belakangnya juga dihiasi banyak lampu LED yang memberi kesan futuristis dan modern.

Interior

Huawei Seres SF5

Kesederhanaan juga ditampilkan pada bagian interior. Tak ingin terlihat terlalu sportif, dashboard yang minim instrumen dan tombol ini sangat ramah dipandang. Tersedia layar infotainment berukuran 17-inci di bagian tengah kendaraan yang menjadi pusat dari segala kendali fitur kendaraan.

Sistem multimedianya ini buatan Huawei HiCar System yang dapat terhubung dengan smartphone sehingga aplikasi di dalam smartphone dapat dibuka di layar ini. Head unit audionya ini juga dilengkapi surround sound system yang menyuguhkan pengalaman menonton video di bioskop.Tentunya, fitur perintah suara juga suda tertanam di dalamnya.

Konsumen bebas memilih satu dari tiga pilihan tema warna interior Midnight Black, Garnet Red dan Ivory White. Menambah unsur kenyamanan dan kemewahan, kursi depan dilengkapi fungsi pijat dan pendingin. Kabin interiornya juga dilapisi material kulit berkualitas dengan aksen metalik dan panel kayu di beberapa bagiannya.

Lingkar kemudi flat-bottomed disempurnakan dengan tombol pengaturan audio dan adaptive cruise control. Di belakang kemudi, terdapat layar MID digital berukuran besar yang dapat menampilkan beragam informasi berkendara. Termasuk grafis saat mobil melaju dalam moder automatic assisted driving atau mode semi otonom.

Ya mobil ini dibekali sejumlah fitur bantuan berkendara dan keselamatan aktif seperti forward collision warning, automatic emergency braking, lane centerin dan full speed domain-adaptive cruise control.

Performa

Huawei Seres SF5

Bukan mobil listrik murni, SUV Seres SF5 Hybrid juga memakai tenaga penggerak berbahan bakar konvensional. Diberi nama DriveOne atau Three-in-One Electric Drive, sistem ini memiliki satu motor controller, motor dan reducer. Ketiganya dikolaborasikan dengan mesin 1,5 liter bensin yang menggenerasikan energi untuk mengisi baterai yang menjadi sumber tenaga motor elektriknya.

Huawei mengklaim kalau dua unit motor elektrik sendiri dapat membawa mobil ini melaju dalam mode full electric sejauh 180 km. Kalau dalam mode hybrid, satu tangki bahan bakar sanggup membawa mobil ini melau sejauh 1.000 km.

Huawei Seres SF5

Kalau digabung, motor elektrik dan mesin bensinnya sanggup menghasilkan tenaga sebesar 551 hp dengan torsi puncak 819 Nm. Menurut Huawei, outputnya itu sanggup melesatkan Seres SF5 dari posisi diam hingga menyentuh 100 km/jam dalam 4,68 detik. Menariknya lagi, SF5 tersedia dalam dua pilihan sistem penggerak, yakni two-wheel drive dan four-wheel drive.

Tapi yang paling hebat lagi, mobil ini punya teknologi yang tak dimiliki mobil lainnya. Seres SF5 bisa mengisi ulang daya baterai mobil listrik lain lewat fitur vehicle-to-vehicle (V2V) charging. Mobil ini juga bisa mengisi ulang daya baterai perangkat elektronik seperti laptop dan smartphone lewat teknologi V2L (vehicle-to-load) charging.

Improvisasi di bidang teknologi yang dilakukan perusahaan raksasa elektronik Cina, Huawei ke industri otomotif telah melahirkan sejumlah inovasi baru. Saat ini Seres SF5 memang baru dipasarkan di negeri Tiongkok saja. Namun melihat penetrasi Huawei yang mendunia, sepertinya tinggal menunggu waktu saja sampai brand mobil mereka ini menginvasi dunia.
RIZKI SATRIA

Artikel yang direkomendasikan untuk anda