Benarkah Debut Honda N7X Concept Tertunda Satu Tahun?

JAKARTA, Carvaganza – Honda N7X Concept telah diperkenalkan pertama kali dunia, lewat world premiere yang digelar dari Indonesia, hari Senin (3/5/2021) lalu. Banyak yang berekspektasi bahwa N7X akan menjadi penerus atau pengganti untuk Honda BR-V. Tapi, ternyata ada yang menarik dibalik debut tak terprediksi dari Honda N7X Concept ini.

Sepertinya, N7X Concept adalah model yang awalnya dijadwalkan Honda untuk diperkenalkan pada tahun 2020 lalu. Bahkan, kode-kode sudah diberikan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) lebih jauh lagi, sejak tahun 2019. Hal tersebut mengacu pada isyarat Honda soal model penting yang akan menjadi kejutan, yang kemungkinan punya segmen yang cukup besar.

Yusak Billy, Business Innovation, Sales and Marketing Director PT HPM sempat mengisyaratkan bahwa sebuah model baru akan diperkenalkan untuk pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2020. Namun, karena terjadi pandemi sejak Maret 2020 yang sampai saat ini tidak kunjung reda, pameran batal digelar, begitu juga dengan debut mobil yang dimaksud.

Honda N7X Concept

Untuk pameran dengan skala sebesar GIIAS, maka sepertinya model yang dimaksud punya peran dan posisi yang penting di line up produk Honda. Saat pernyataan tersebut dilontarkan, rumor langsung menuju kepada dua model yang berbagi platform, yaitu Honda Mobilio dan BR-V. Alasannya adalah karena menjadi model yang belum berganti generasi, di saat Brio sebagai basisnya sudah regenerasi sejak 2018 lalu.

Honda pernah melakukan major facelift untuk Mobilio di awal tahun 2017 lalu, sejak mulai dipasarkan tahun 2013 lalu. Sedangkan BR-V yang pertama kali muncul tahun 2015, sampai sekaran hanya pernah diberikan minor change, yang lebih ditekankan pada penambahan fitur. Melihat masa baktinya, Mobilio dan BR-V sudah terbilang ‘tua’, dengan masa produksi satu generasinya sudah melampaui lima tahun.

Kemudian muncul N7X Concept, yang wujudnya sebuah SUV kompak, untuk segmen di bawah CR-V. nama yang merupakan singkatan dari “New 7-seater Excitement” itu disebut langsung akan menjadi SUV berkapasitas tujuh orang. Dari situ saja, hampir bisa dipastikan kalau N7X Concept akan mengisi posisi BR-V yang merupakan crossover berkapasitas tujuh penumpang. Bisa jadi menggantikan atau justru menjadi generasi suksesor.

Setelah acara world premiere yang dilaksanakan secara virtual melalui video di channel Honda Indonesia, saat konferensi pers dikatakan bahwa N7X Concept akan mendapatkan ‘sekuel’ di GIIAS 2021. Pameran tersebut sejauh ini dijadwalkan untuk digelar bulan Agustus 2021 mendatang.

Honda N7X Concept

“Di GIIAS (2021) akan lebih jelas lagi apa sih yang menyenangkan saat berkendara. Apa sih yang disukai, style-nya apa, harapannya apa? Sekarang baru dari sisi desain ya, nanti di sesi selanjutnya baru ya hasil studi dan riset,” kata Yusak soal N7X Concept.

Hal menarik lain yang bisa diprediksi dari N7X Concept adalah fokus pengembangan untuk membuat ruang kabinnya semakin lega untuk penumpang. Hal tersebut dikatakan karena Honda menerima banyak masukan dan keluhan soal kabin Mobilio dan BR-V yang dianggap kurang nyaman dan lega. Keluhan tersebut kemungkinan besar akan direspons melalui versi produksi dari N7C Concept nantinya.

Honda masih menyimpan rapat informasi soal calon spesifikasi mesin, transmisi, dimensi, tampilan interior, juga ragam fitur yang akan dibawa ke N7X. Yang jelas, mobil ini akan menjanjikan kesenangan khas Honda.
WAHYU HARIANTONO

 

Artikel yang direkomendasikan untuk anda