Beranda Updates Alonso Resmi Pisah dari McLaren, Incar Indy 500 Tahun Ini

Alonso Resmi Pisah dari McLaren, Incar Indy 500 Tahun Ini

WOKING, Carvaganza.com – Setelah setahun meninggalkan balap Formula 1 dengan menjadi pembalap McLaren terakhir kalinya membalap, Fernando Alonso kini resmi berpisah dengan tim McLaren. Artinya, Alonso sudah bukan lagi duta untuk McLaren seperti yang dilakoninya dalam setahun terakhir.

Kedua belah pihak telah mencapai akhir masa kontraknya pada awal tahun ini, mengakhiri hubungan formal untuk mereka masing-masing. Dengan begitu, pilihan Alonso untuk meneruskan karir balapnya ke depan menjadi lebih terbuka.

Alonso memutuskan untuk pensiun sementara dari F1 pada akhir 2018, demi mencoba tantangan baru mengikuti beberapa kejuaraan balap lain. Sepanjang 2019, Alonso ikut serta pada balap ketahanan (WEC dan IMSA), Indianapolis 500, bahkan Reli Dakar pada tahun 2020 ini.

Meski meninggalkan F1, Alonso dan McLaren tetap menjalin kemitraaan, menunjuk Alonso sebagai duta atau brand ambassador. Selama perannya itu, Alonso memberikan masukan dan nasihat untuk para pembalap, teknisi, termasuk mengikuti sesi tes khusus untuk ban Pirelli dengan mobil balap McLaren 2019.

Kontrak bersama McLaren tersebut sebenarnya sudah berakhir pada akhir 2019 lalu, yang kemudian baru dikonfirmasi oleh McLaren baru-baru ini. Oleh McLaren, dipastikan bahwa kontrak tersebut tidak diteruskan untuk juara dunia2 kali itu, pada tahun ini.

Saat ini, McLaren mengandalkan duet pembalap muda dan berbakat di tim F1 mereka, yaitu Carlos Sainz Jr. dan Lando Norris. Duet tersebut sukses mengantarkan McLaren kembali kompetitif di F1 pada musim 2019, meraih posisi keempat klasemen konstruktor.

“Fernando adalah seorang petarung kelas dunia dan kami mendoakan masa depan yang baik untuknya. Sementara hubungan kami sudah sampai pada akhir yang sewajarnya, dia akan tetap menjadi bagian dari keluarga McLaren,” kata juru bicara McLaren dikutip Motorsport.

Di luar F1, Alonso sempat mencoba kembali peruntungannya di Indy 500, bersama tim McLaren Racing. Namun pada kesempatan tersebut, Alonso gagal lolos sesi kualifikasi.

Untuk tahun ini, Alonso pernah mengakui akan kembali coba ikuti Indy 500, bersama tim Andretti Autosport. Tujuan utama Alonso bersikeras ikut Indy 500 kembali adalah untuk meraih Triple Crown, sebagai pembalap yang berhasil menangkan GP Monako, Le Mans 24 Jam, dan Indy 500.

Selain itu, tidak diteruskannya kontrak bersama McLaren sepertinya agar Alonso bisa lebih mudah mencari peluang kembali ke F1 pada 2021. Pernah diakuinya juga bahwa Alonso tertarik untuk ke F1 lagi pada 2021, saat perubahan besar regulasi teknis diterapkan.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Porsche Rilis 3 Varian Baru Panamera, Apa Saja Ubahannya?

STUTTGART, carvaganza.com – Porsche baru saja mengumumkan tiga varian baru Panamera model tahun 2021. Kehadiran ketiganya menambah line-up big size sedan Bavaria yang sudah...

5 Mobil Beroda Tiga Paling Unik Di Dunia Yang Legal Digunakan Di Jalan Raya

JAKARTA, Carvaganza -- Siapa sangka, ternyata selama ini banyak sekali mobil dengan wujud aneh yang pernah diperbolehkan seliweran di jalan raya. Begini, mobil wajib...

Dua Model Sekaligus, Mitsubishi Luncurkan Xpander dan Xpander Cross Edisi Terbatas

JAKARTA, Carvaganza.com – Menjaga momentum pasar di tengah masa pandemi yang sudah memasuki kuartal terakhir tahun ini, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia...

10 Model Nissan Dipasangi Fitur NSS 360 Sebagai Standar

TOKYO, carvaganza.com -  Pabrikan mobil asal Jepang, Nissan, mengumumkan bahwa fitur teknologi keselamatan Nissan Safety Shield 360 (NSS) bakal menjadi fitur standar di 10...

Pabrikan Sportscar Perancis Ini Ingin Jadi Ferrari Versi Mini

PARIS, Carvaganza.com – Setiap pabrikan otomotif punya cara dan strateginya sendiri untuk menegaskan eksistensinya di tengah pasar. Apalagi, kalau merek yang dibawa sempat lama...