Alfa Romeo Bikin Versi Modern Mobil Balap Abarth 1000 SP

TORINO, Carvaganza – Di era 1960an lalu, Italia pernah punya sederetan mobil balap ikonik yang sukses di beragam ajang balap bergengsi, salah satunya adalah Abarth 1000 SP. Mobil balap berbasis Fiat itu menjadi pemenang balapan Nurburgring 500 km pada tahun 1966 dengan warna merah khas Italianya. Kesuksesan 1000 SP sangat dikenang oleh Italia, sampai versi modernnya dibuat untuk dikenang.

Para mekanik ahli di Alfa Romeo membangun sebuah prototipe yang berwujud mirip dengan Abarth 1000 SP, degan bentuk lebih modern. Berbeda dengan versi aslinya yang dibangun berbasis mobil sport Fiat 600, versi modern ini justru mengadopsi basis Alfa Romeo 4C Spider.

Mid-size sportscar yang sudah tidak diproduksi oleh Alfa Romeo itu dirombak desainnya hingga sangat mirip dengan desain asli 1000 SP. Bahkan filosofi dan dasar pengembangan 1000 SP turut diterapkan dalam mewujudkan versi Alfa Romeo. 1000 SP versi homage ini dikembangkan dengan penekanan pada aspek konstruksi ringan, kelincahan dan efisiensi aerodinamika sebagai kunci perancangannya.

Abarth 1000 SP Alfa Romeo

Mobil ini merupakan proyek yang dikerjakan langsung oleh Alfa Romeo, dengan mengerahkan para engineer andalannya. Namun keseriusannya tidak bisa dipandang sebelah mata, karena chassisnya dibuat dengan paduan material serat karbon dan alumuniun. Chassis ini ditopang oleh suspensi dengan layout segitiga, didukung strut Macpherson di belakang.

Soal jantung pacunya, mesin bawaan 4C Spider masih dipercaya terpasang di tengah chassis, di belakang kokpit, yaitu unit empat silinder 1,7 liter turbo. Mesin dari sportscar mungil ini menghasilkan tenaga 240 hp, tidak berubah dari versi 4C Spider standar pabrik. Dan dibandingkan 1000 SP original, versi Alfa Romeo punya dimensi lebih besar, sementara bobot keseluruhannya ditaksir sektiar 1.128 kg.

“Abarth 1000 SP menggemakan garis dan karakteristik estetika pendahulunya. Body yang berlekuk, dengan permukaan lembut fender menonjolkan posisi roda, meniru pola laba-laba dengan mesin di tengah. Kaca kokpit menampilkan pahatan deflektor samping, dengan profil yang diturunkan ke arah roll bar, yang terakhir benar-benar ‘terlihat’ untuk menyoroti keberadaan kita di hadapan mobil spider yang tanpa pegangan,” jelas Alfa Romeo.

Abarth 1000 SP Alfa Romeo

Bentuk 4C Spider yang dikonversi menjadi 1000 SP secara keseluruhan masih identik dengan bawaan Alfa Romeo. Namun beberapa bagian body yang menjadi ciri khas 1000 SP, seperti lampu bulat ganda di depan, moncong yang runcing, dan lubang-lubang saluran udara di kap depan. Bentuk kap mesin di belakang dan fascia belakang juga diadaptasi dengan desain 1000 SP namun dengan lekuk yang modern.

Sampai saat ini tidak dikatakan 1000 SP buatan Alfa Romeo ini akan digunakan untuk aktivitas motorsport apa dan kapan. Namun salah satu yang disebutkan, mobil ini akan tampil di sejumlah ajang yang menampilkan mobil-mobil vintage di musim gugur.
WAHYU HARIANTONO

Sumber: Autocar

Artikel yang direkomendasikan untuk anda