Mercedes Rilis Spek Maybach S680, Calon Sedan Sultan Termahal Di Dunia

STUTTGART, Carvaganza – Setelah meluncurkan generasi terbaru dari Mercedes-Benz S-Class pada tahun lalu, nampaknya varian teratas yakni Maybach juga akan segera bersiap dirilis di tahun ini. Bahkan beberapa gambar Mercedes-Maybach S680 tersebut sudah mulai terlihat dan tampak menggunakan konfigurasi mesin V12 6,0 liter yang dikawinkan dengan transmisi otomatis 8-percepatan. 

Kabarnya spesifikasi ini adalah yang paling cocok untuk digantungkan ke varian teratas keluarga S-Class. Mesin tersebut kabarnya dapat memproduksi tenaga maksimal hingga 604 hp dan mampu melesatkan dari posisi diam ke 100 km/jam dalam 4,5 detik. Meski demikian kecepatan maksimalnya juga sudah dibatasi secara elektronik di 250 km/jam, kecepatan paling pas sebuah mobil penumpang seperti ini.

Mercedes-Maybach S680 juga akan menggunakan sistem penggerak all wheel drive (AWD) yang sebelumnya varian ini mempercayakan penggerak roda belakang. Namun kabarnya seluruh model Maybach juga akan menggunakan sistem penggerak AWD baik di beberapa negara pilihan seperti China dan Rusia.

Mercedes-Maybach S680

Sebenarnya Mercedes-Maybach sendiri banyak melakukan penyempurnaan pada S680 ini salah satunya adalah meningkatkan bobot kendaraan mencapai 2.350 kg. Selain itu tenaganya pun sebenarnya dipangkas 17 hp dari mesin S650 yang digunakan sebelumnya sedangkan torsinya mencapai 1.000 Nm yang juga merupakan warisan dari mesin generasi lama.

Untuk bagian interiornya Mercedes-Maybach S680 akan mengombinasikan antara gaya desain S-Class terbaru dengan sentuhan Maybach yang kental dengan nuansa elegan. Belum berhenti di situ, beberapa fitur hiburan MBUX yang direfleksikan pada layar sentuh OLED 12,8 inci juga akan bertengger di sepanjang dashboard. Pengoperasian fitur hiburan dan berbagai fitur lain di dalamnya juga dapat diakses melalui perintah suara “Hey Mercedes”. 

Selain itu tersedia pula fitur keselamatan berkendara aktif seperti Active Blind Spot Assist yang mendeteksi kemungkinan kecelakaan dari kendaraan lain. Serta fitur otonom yang memungkinkan kendaraan melaju dan berdeselerasi tanpa bantuan dari pengendara.

Mercedes-Maybach S680

Kehadiran Mercedes-Maybach dengan pilihan mesin V12 tidak akan menjadi S-Class yang paling bertenaga dan menjadi varian paling wahid. Pasalnya Mercedes juga tengah menyiapkan dua S-Class dengan varian berperforma tinggi yakni disetting langsung oleh AMG. Keduanya disebut sebagai S-Class berperforma karena model S63e akan menghasilkan tenaga 700 hp dan model tertingginya S73e akan menghasilkan 800 hp. 

Tapi Mercedes-Maybach S680 akan menjadi kendaraan yang paling mahal di dunia di luar supercar dan hypercar. Pasalnya harga yang dibanderol untuk varian ini adalah USD 374.000 atau sekitar Rp 5 Miliar sebelum dikenai pajak dan biaya pengiriman.
ALVANDO NOYA / WH

Sumber: Motor1

Artikel yang direkomendasikan untuk anda