Ada Sergio Perez, Mercedes Semakin Waspadai Red Bull Tahun Ini

BRACKLEY, Carvaganza – Persaingan kejuaraan Formula 1 tahun ini diprediksi akan semakin kuat di antara dua tim papan atas. Setidaknya itu yang diprediksi oleh tim Mercedes, menyusul kedatangan Sergio Perez ke tim Red Bull Racing. Dianggapnya, Red Bull tahun ini menjadi tim kompetitor yang lebih patut diwaspadai.

Kewaspadaan Mercedes disampaikan langsung oleh Toto Wolff sebagai pimpinan tim juara dunia tujuh kali itu. Menurutnya, kombinasi Perez dan Max Verstappen sebagai pembalap akan membuat Red Bull semakin lengkap. Perez direkrut Red Bull untuk menggantikan Alex Albon yang kesulitan mengimbangi performa Verstappen selama satu setengah musim lalu.

Secara reguler, Albon sulit menyamai kecepatan rekan setimnya itu, baik di sesi kualifikasi maupun saat balapan. Sepanjang musim 2020, Albon hanya sanggup meraih dua kali finish di podium, di saat Red Bull dan Verstappen cukup kuat untuk meraih posisi kedua di klasemen konstruktor. Menurut Wolff, kehadiran Perez akan menjadi tantangan lebih berat bagi Mercedes di kejuaraan tahun 2021.

Sergio Perez, Red Bull Racing

“Tentunya, menurut saya Red Bull, bersama Perez, akan jadi lawan yang jauh lebih kuat dalam kejuaraan konstruktor. Saya memperhitungkan Sergio akan sangat kuat. Akan menarik juga melihat bagaimana Perez bertahan melawan Verstappen. Ini lawan yang baru,” kata Wolff yang juga memiliki sebagian saham di Aston Martin.

“Kalau tidak, ini musim dengan mobil yang sama seperti tahun lalu. Menurut saya Honda benar-benar akan tancap gas untuk bersaing memperebutkan gelar juara di tahun terakhir mereka sebagai pabrikan. Itu sebabnya ini akan lebih menarik.”

Tahun lalu, Perez membela tim Racing Point yang di klasemen akhir kalah dari Red Bull. Namun performanya lebih konsisten dan berhasil mengalahkan Albon di klasemen pembalap untuk merebut posisi keempat. Perez yang sempat absen dua balapan karean COVID-19 ini bahkan berhasil meraih kemenangan perdananya pada seri Grand Prix Sakhir di Bahrain.

Sergio Perez, Racing Point

Red Bull yang ingin meningkatkan persaingannya di musim 2021 lalu tertarik untuk mengontrak Perez. Apalagi dengan statusnya yang sempat tidak punya kontrak untuk 2021, menyusul masuknya Sebastian Vettel ke Racing Point yang berubah menjadi Aston Martin tahun ini.Setelah selama tujuh musim membela dan berkembang Bersama tim yang sebelumnya bernama Force India, Perez akan menghadapi tantangan baru di Red Bull.

Sementara Red Bull sudah mengamankan dua pembalapnya, kondisi berbeda terjadi di kubu Mercedes. Sampai saat ini Mercedes belum mendapatkan kontrak baru untuk Lewis Hamilton sebagai juara dunia bertahan. Rumornya, proses negosiasi antara Mercedes dan Hamilton berlangsung alot, terlebih setelah melihat performa Geroge Russell saat menggantikannya untuk seri Sakhir. Namun Mercedes sempat menyampaikan bahwa negosiasi mengarah ke sisi positif. (WAHYU HARIANTONO)

Sumber: Motorsport

Artikel yang direkomendasikan untuk anda