Lebih Langka dari SLR, Mercedes CLK DTM AMG Cabriolet Ini Dilelang

STUTTGART, Carvaganza – Ranah pelelangan mobil klasik tidak jarang memunculkan sejumlah mobil unik yang mungkin jarang ditemui oleh banyak kalangan. Baik dai masa puluhan tahun lalu, sampai dengan yang baru memasuki dua puluh tahun selalu menarik disimak. Seperti contohnya yang satu ini, yaitu Mercedes-Benz CLK DTM AMG Cabriolet yang bisa dibilang langka keberadaannya.

Sportscar dengan orientasi menjadi edisi jalan raya dari mobil balap ini telah muncul di salah satu balai pelelangan. CLK DTM AMG ini adalah edisi khusus dari CLK, sebuah coupe berbasis C-Class pada masanya, yang merayakan kesuksesan Mercedes-Benz di ajang DTM alias balap turing Jerman. Lebih menariknya lagi, ini adalah versi cabriolet alias atap lipat dari mobil yang diproduksi terbatas ini.

Mobil ini hanya diproduksi selama periode antara tahun 2004 sampai 2006, dengan jumlah unit yang bahkan lebih sedikit daripada SLR McLaren atau SLS AMG Black Series. Pada versi coupe alias atap normal, CLK DTM AMG diproduksi sebanyak 100 unit. Sedangkan pada versi cabriolet, Mercedes kala itu hanya membuatnya sebanyak 80 unit. Mayoritas unit tersebut terjual di kawasan Eropa, sesuai segmen audiens balap DTM.

Mercedes-Benz CLK DTM AMG Cabriolet

Saat dibuat, CLK DTM AMG adalah model AMG yang paling terfokus pada perfoma sirkuit dari sisi spesifikasinya. Bahkan posisinya berada satu trim lebih tinggi di atas varian CLK63 AMG Black Series. Focus pada performa bisa dilihat dari tampilan eksteriornya, yang menggunakan wide body kit plus sayap belakang, serta velg dengan desain yang cenderung ke aftermarket.

Hal paling spesial dari mobil berpopulasi 80 unit ini tentu saja atapnya, berbahan kanvas soft top yang bisa memberikan sensasi alam terbuka saat dipacu. Menggeber mesin V8 5,3 liter bawaan CLK DTM AMG tentu semakin asik dengan lebih terdengarnya raungan mesin dan knalpot saat atap dibuka. Sebagai catatan, mesin tersebut menghasilkan output tenaga 582 hp dan torsi sampai 800 Nm. Sesuai masanya, transmisi otomatis 5G-TRONIC yang diusungnya hanya menggunakan lima percepatan, menghasilkan akselerasi 0-100 km/jam dalam 3,8 detik.

Spesifikasinya memang tidak main-main, karena Mercedes membekalinya dengan suspensi adjustable yang dibuat lebih keras di setiap roda. Peredam kejut tadi didukung oleh anti-roll bar yang juga lebih kaku, hub carrier, driveshaft dan metal joints yang menggantikan bushing standar berbahan karet. Perangkat limited-slip differential juga dipasang yang ukurannya lebih besar, disertai kalibrqasi ulang untuk traction control dan stability control.

Mercedes-Benz CLK DTM AMG Cabriolet

Tidak hanya di luar dan dibalik body, optimalisasi performa juga dilakukan pada interior CLK DTM AMG. Untuk memperkuat tema DTM, terpasang sepasang jok bucket balap yang terbuat one piece. Kemudian lingkar setirnya dibalut oleh material khusus, yaitu microsuede, yang menyertai sejumlah trim serat karbon di beberapa sudut kabin. Tuas transmisi di konsol tengah dibuat lebih kecil, dengan material logam.

Untuk membuat nilainya semakin tinggi, CLK DTM AMG tercatat pernah dimiliki oleh beberapa pembalap F1 di masanya, seperti Mika Hakkinen, Kimi Raikkonen, Juan Pablo Montoya dan Jenson Button. Mereka setidaknya pernah menikmati masa di mana satu dari 180 unit mobil ini berada di garasi mereka. Bahkan menurut RM Sotheby’s, unit satu ini adalah salah satu dari lima CLK DTM AMG Cabriolet yang diproduksi dengan warna Fire Opal Red.

Cabriolet yang sudah masuk ke kategori klasik modern ini tentu bisa menjadi koleksi menarik di tengah tren mobil kencang yang semakin didominasi mesin turbo dan SUV. Harganya ditaksir mencapai $ 250.000 atau setara dengan Rp 3,521 miliar di pasar lelang. (WAHYU HARIANTONO)

Sumber: MotorTrend

Artikel yang direkomendasikan untuk anda