Beranda EDITOR'S PICKS 9 Jam Mewah Bertema Otomotif 2020

9 Jam Mewah Bertema Otomotif 2020

Percaya atau tidak, jam tangan punya peran penting terhadap industri otomotif. Jam tangan bukan hanya sebagai simbol kesuksesan hidup semata tapi juga dianggap mampu merepresentasikan apa yang Anda sukai di dunia motorsports. Banyak sekali jenis dan tipe jam tangan terkait tema otomotif yang bisa dipilih. Tapi paling gampang menilai, lihat harganya.

Kami memberikan sembilan referensi jam tangan yang terinspirasi dari dunia otomotif dan motorsports. Kami rangkum dalam urutan mulai dari yang termurah hingga termahal. Semakin mahal harganya, semakin eksklusif pula nilainya.
RIZKI SATRIA

1. Autodromo Intereuropa
US$ 1.250

Tahun 1950-an, budaya balap di Italia menggeliat. Para pria terpandang bergabung dalam banyak klub balap mobil. Setiap akhir pekan, Ferrari, Alfa Romeo dan Maserati mereka ajak menari di sirkuit sebelum kembali bekerja keesokan harinya.

Jam tangan Autodromo Intereuropa mengeksplorasi Italian Culture of Berlinetta ini. Desainer jam tangan ini, Bradley Price. Manajer produk yang juga menggemari otomotif. Desain jam tangan ini menyentuh segmen penggemar mobil klasik yang sangat konservatif. Tak butuh mesin canggih berteknologi tinggi, baginya menikmati tenaga penggerak mekanis murni adalah sebuah seni.

Itu mengapa desain jam tangan berukuran 39 mm ini begitu klasik. Desain jarum dan angka di dalamnya terinspirasi dari spidometer mobil klasik tahun 1950-an. Meski begitu bagian dalamnya tampil 3-Dimensi dan terlihat sangat mewah. Jam tangan ini menggunakan mesin yang berkelas. Alih-alih memakai mesin Seiko atau Miyota dari Jepang, manual winder Swiss caliber ETA 7001 dipilih.

Tema klasik tak semata punya tujuan nostalgia. Tentu saja pemiliknya sekarang bukan mereka yang pernah merasakan romantisme mengendarai Lancia Aurelia B24 convertible di tepi pantai Amalfi. Atau mereka yang senang kebut-kebutan mengendarai Alfa Romeo 150 karya Giugiaro. Tapi jam seharga US$ 1.250 ini menawarkan kesederhanan sebagai pelarian dari era digital yang serba berbau teknologi.

Beli di sini: Autodromo

2. Ferro Distinct 3.0 Gold Edition
US$ 4.900

Brand jam tangan asal Kanada, Ferro & Co. memperkenalkan edisi terbatas yang terinspirasi dari balap ketahanan mobil 24-jam di era 1960-an. Tema warna Oranye dan Biru terinpirasi warna livery Gulf Racing Team. Livery legendaris ini pernah membalut mobil-mobil paling kencang di dunia seperti Ford GT40, Porsche 917, McLaren F1, Audi R8 hingga Lamborghini dan Aston Martin di era milenials.

Jam tangan koleksi yang bisa menyelam sedalam 100 meter ini memiliki bezel yang terbuat dari emas 18 karat. Ferro Distinct 3.0 Gold Edition ini juga hanya diproduksi sebanyak 11 unit saja. Menariknya, harganya hanya sekitar US$ 4.900 saja atau sekitar Rp 72 jutaan. Kerennya lagi, jam tangan ini dilengkapi dengan strap kulit perforated mirip kulit jok mobil mewah.

Beli di sini: Ferro n Company

3. Porsche Design 1919 Chronotimer Flyback
US$ 6.350

Minimalis tapi penuh detail. Benar-benar filosofi desain ergonomis yang sama persis dengan desain mobilnya. Jam tangan Porsche Design memang unik semua karena sama seperti desain mobilnya. Coba lihat saja, inspirasi desain mobil Porsche 911 saat ini ternyata dari mobil yang sama di masa lalu. Begitupun dengan jam tangan ini.

Ketika Ferdinand Porsche menciptakan jam tangan di 1972, untuk pertama kalinya ia memperkenalkan penggunaan material titanium dengan black coating. Konsep inilah yang dipakai pada Porsche Design 1919 Chronotimer Flyback. Material titanium 40 persen lebih ringan dari besi dan material inipula yang digunakan untuk membuat mobil balap Porsche selama beberapa dekade terakhir.

Jam tangan ini memiliki ukuran 42 mm. Di dalamnya terdapat ETA Valjoux movement Lemania Calibres. Mesin automatic chronograph dikembangan oleh Porsche Design sendiri dan dinamakan Porsche Design Calibre WERK 01.200. Seperti namanya, jam tangan ini memiliki fungsi flyback. Maksudnya fungsi stopwatch dengan kemampuan untuk mengulang kembali ke posisi ‘0’ dengan sangat cepat. Jam tangan ini dijual dengan harga US$ 6.350.

Beli di sini: Porsche Design

4. Tag Heuer X Grand Prix De Monaco Historique
US$ 7.050

Hanya diproduksi sebanyak 1.000 unit saja, jam tangan ini dibuat untuk merayakan ulang tahun kerjasama Tag Heuer dengan Monaco Grand Prix. Tag Heuer memang telah lama ditunjuk menjadi official watch dari Monaco Formula 1 Grand Prix dan Monaco Top Cars Collection.

Banyak sekali pembalap Formula 1 yang menjadi ambassador Tag Heuer. Sebut saja, Niki Lauda, Jodi Scheckter, Alain Prost, Mika Hakkinen, Kimi Raikkonen, Fernando Alonso hingga Lewis Hamilton dan sang legenda, Ayrton Senna.

Jam tangan ini didesain 100% oleh Tag Heuer menggunakan Calibre HEUER 02 automatic movement. Jam tangan ini bisa dimiliki secara online dengan harga US$ 7.050.

Beli di sini: Tag Heuer

5. Breitling Premier B01 Chronograph Benley Edition
US$ 8.500

Kalau Anda penggemar Bentley, pasti langsung mengenali motif desain dial jam tangan ini. Ya, inspirasinya diambil dari motif panel kayu di dashboard Bentley 1929 Blower. Mobil balap bermesin 4,5 liter supercharged yang dikemudikan Sir Tim Birkin di tahun 1920-an.

Jam tangan berukuran 42 mm ini mendapat tulisan ‘Bentley’ di dalamnya. Mesin jam tangan ini menggunakan Breitling Manufacture Caliber 01. Bagian belakangnya diimbuhi nomor seri 1 of 1000 yang menandakan jam tangan ini sebagai jam yang diproduksi hanya 1.000 unit di seluruh dunia.

Beli di sini: Breitling

6. Rolex Cosmograph Daytona
US$ 13.150

Siapa yang tak kenal Rolex. Model Cosmograph Daytona menjadi salah satu ikon brand jam tangan mewah ini. Pertama kali diperkenalkan pada 1963, Cosmograph Daytona memiliki kemampuan mekanikal yang terkenal karena daya tahannya. Fungsi chronograph dan tachymetric pada bezel miliknya dipercaya sejak dulu di lintasan balap untuk mengukur jarak antar kendaraan hingga kecepatan rata-rata.

Nama Daytona sendiri terhubung dengan nama lokasi di Florida, tempat berkumpulnya para pembalap menumpahkan hasrat mereka pada kecepatan. Kedekatan brand ini dengan dunia motorsport juga diperkuat di 2013 ketika terpilih menjadi Formula 1 Global Partner and Official Timepiece.

Beli di sini: Rolex

7. Hublot Big Bang Ferrari Unico Carbon Red Ceramic
US$ 29.400

Kolaborasi Hublot dengan Ferrari menginspirasi produsen jam tangan ini untuk menciptakan jam tangan dengan material terbaik. Sama halnya dengan apa yang dilakukan para insinyur Ferrari di Maranello, Italia. Kata Hublot, material punya peranan yang signifikan untuk melengkapi desainnya.

Makanya Hublot melakukan inovasi dengan menciptakan material keramik berteknologi tinggi yang digunakan pada beberapa bagian case dan bezel. Material ini diklaim sangat kuat dan anti gores.

Bagian dial jam tangan ini dapat dilihat mata telanjang. Tampil 330 komponen movement di dalam jam tangan ini yang dirangkai bak sebuah karya seni yang indah. Tak ayal Hublot Big Bang Ferrari Unico Carbon Red Ceramic dijual US$ 29.400 atau sekitar Rp 433 juta.

Beli di sini: Hublot

8. Richard Mille RM 11-03
US$ 191.500

Salah satu jam tangan dengan estetika visual terbaik. Tak perlu ragukan kualitas Richard Mille. Apalagi RM 11-03 ini. Lihat komponen mekanis RMAC3 calibre terpapar jelas secara 3-dimensi. Di dalamnya terdapat flyback chronogrpah yang sangat cepat. Paling hebatnya lagi, semua itu dibungkus material titanium grade 5 sebagai casing.

Fungsi kalendar dengan bulan dan tanggal membuatnya istimewa. Belum lagi ia dibekali fungsi countdown atau hitung mundur hingga 12 jam. Jam tangan Richard Mille saat ini memiliki kolaborasi dengan sejumlah tim balap seperti tim balap Formula 1 Renault, Hass hingga McLaren. Pembalap World Rally Championship (WRC) Sebastion Ogier juga menjadi salah satu ambassador brand jam tangan ini.

Beli di sini: Richard Mille

9. Jacob & Co. TT Bugatti La Montre Noire
US$ 1.000.000

Saat Perang Dunia ke-2 meletus, salah satu dari empat mobil Bugatti Type 57 SC Atlantic Coupes hilang tanpa jejak. Mobil itu adalah mahakarya Jean Bugatti, anak tertua dari sang pendiri, Ettori Bugatti. Mobil yang hilang di tahun 1938 itu adalah versi berkelir hitam dari mobil sama yang dimiliki oleh Jean sendiri.

Ditaksir, mobil coupe legendaris itu bila ditemukan saat ini bernilai lebih dari US$ 100 juta. Banyak yang berasumsi mobil ini dulu disembunyikan di tempat aman di Alsace ketika Jerman menginvasi Prancis. Tapi kebenaran tak pernah terungkap.

Tahun lalu, Bugatti menciptakan satu unit mobil yang sangat istimewa untuk menghormati dan mobil misterius yang hilang itu. Mobil yang hanya diproduksi sebanyak satu unit saja itu diberi nama ‘La Voiture Noire’ atau ‘The Black Car’. Hypercar paling langka di dunia itu terjual seharga US$ 19 juta. Menariknya lagi, sang pembeli menolak dipublikasikan namanya.

Sekarang, orang itu bisa punya barang pendamping yang paling serasi untuk menemaninya berkendara di dalam Bugatti berkelir hitam itu. Jacob & Co baru saja merilis jam tangan untuk mengenang misteri La Voiture Noire. Jam tangan itu diberi nama Twin Turbo Furious Bugatti La Montre Noire. Jam tangan ini berisi 344 natural black baguette-cut-sapphires yang dibungkus black gold 18 karat. Harga US$ 1 juta atau sekitar Rp 14 miliar jadi mahar yang pantas untuk menebus perhiasan otomotif yang tak ternilai ini.

Beli di sini: Jacob&Co

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Toyota Jadi Brand Otomotif Paling Kesohor Di Dunia, Di atas BMW dan Mercedes

CALIFORNIA, carvaganza.com -  Kita sudah bercokol cukup lama di dunia otomotif, tapi tahu kah apa brand mobil paling terkenal di dunia? Artinya, nama brand...

SPYSHOT: Susul Taycan, Porsche Macan Versi Listrik Mulai Diuji

STUTTGART, Carvaganza.com – Suksesnya Taycan sebagai pionir mobil full electric dari Porsche mendorong mereka semakin seriusi segmen baru ini. Salah satu strateginya adalah dengan...

Mengenal Fitur Keamanan Advanced Grip Control Peugeot 3008 dan 5008 SUV

JAKARTA, Carvaganza -- Musim hujan telah tiba. Memasuki musim penghujan, berarti menghadapi berbagai macam kondisi jalan yang sangat berbeda. Berbagai macam kondisi jalan di...
video

VIDEO: First Impressions Toyota Fortuner Facelift Versi Indonesia

JAKARTA, Carvaganza.com – Di tahun 2020 ini, akhirnya pasar Indonesia juga kebagian versi facelift dari Toyota Fortuner, yang resmi meluncur pada bulan Oktober. New...

MG Motor Indonesia Gandeng 2 Mitra Pembiayaan Baru, Makin Pede Jualan

JAKARTA, Carvaganza -- MG Motor Indonesia terus bergerak memperkuat posisinya di Indonesia. Setelah mengumumkan penunjukan Donald Rachmat sebagai General Director MG MOtor Indonesia sejak...