7 Mobil Sports Ini Punya Performa Yang Tak Segarang Tampilannya

JAKARTA, Carvaganza - Istilah sleeper dikenal sebagai mobil berdesain sederhana namun menyimpan performa yang sangat buas. Volkswagen Golf R contohnya. Orang tak akan mengira di balik wujud mobil perkotaan yang ramah itu tersembunyi mesin bertenaga 300 hp yang sanggup melesatkannya dari posisi diam sampai 100 km/jam kurang dari 5 detik. Kebalikan dari dari mobil-mobil sleeper, ada juga beberapa mobil yang punya tampilan layaknya mobil sport bahkan menyerupai supercar, namun memiliki performa yang pelan. Nah berikut ini kami pilihkan 7 mobil berdandan kencang yang ternyata tak sebuas penampilan luarnya.

Porsche 912E

1. Porsche 912E

Porsche dikenal sebagai pembuat mobil-mobil terkencang di dunia. Sejarah dan pengalaman balap yang panjang menjadi saksinya. Tapi ternyata Porsche pernah membuat mobil dengan performa mesin yang biasa saja, bahkan cenderung bisa dibilang pelan. Pada tahun 1965 Porsche mengeluarkan 912 sebagai varian entry level dari mobil sport ikonik 911. Mobil coupe dengan konfigurasi kursi 2+2 itu hadir pertama kali menggunakan mesin 1,6 liter 4-silinder yang memproduksi hanya 102 hp. 

Performa memang bukan andalan utama mobil ini. Bayangkan, ketika itu mobil ini dijual dengan harga serendah US$ 4.700 atau sekitar Rp 66 jutaan saja. Tak aneh penjualan varian terendah dari mobil sports asal Jerman ini sukses mengalahkan saudaranya, Porsche 911. Anehnya lagi pada tahun 1976 atau sebelas tahun paska produksi pertamanya mengaspal, Porsche mengeluarkan versi lain dengan mesin berbeda. Diberi nama Porsche 912E, kapasitas mesinnya memang lebih besar, yakni 2,0 liter. Tetapi tenaga yang dihasilkan justru lebih kecil yakni 90 hp saja atau tak lebih kencang dari Toyota Avanza bermesin 1,3 liter menghasilkan tenaga 91 hp. Predikat E di belakang numerik 912 bukan berarti electric atau bertenaga listrik. Tapi itu simbol untuk kata Einspritzung yang berarti injeksi. 

Chevrolet Corvette

2. Chevrolet Corvette 80 California

Periode tahun 1980-an memang bukan era yang baik untuk muscle car Amerika Serikat. Karena pada saat itu banyak negara bagian yang menerapkan regulasi pembatasan emisi secara ketat, apalagi negara bagian California. Ketika itu Chevrolet terpaksa memangkas tenaga dari mobil sport miliknya, C3 Corvette yang versi standarnya saja sudah tak begitu kencang. Versi standarnya menggunakan mesin bertenaga 190 hp dan versi yang dijual di negara bagian California dikurangi lagi menjadi 180 hp saja. Sungguh performanya ini sangat tak seusai dengan nama besar Corvette sebagai mobil kencang. Tentu saja lebih tak cocok lagi melihat bentuknya yang sangat berotot dan sporty dengan moncong panjangnya.

Ferrari Mondial

3. Ferrari Mondial

Siapa yang tak kenal Ferrari. Produsen mobil eksotik asal Italia itu selalu diidentikkan dengan kecepatan dan kemewahan. Setidaknya itulah yang diharapkan penggemar mobil terhadap setiap Ferrari yang tercipta. Namun Ferrari Mondial ini agak sedikit berbeda. Desain dan tampilannya memang masih tipikal karya Ferrari yang cantik dan agresif. Meski demikian ternyata mobil ini mengusung mesin yang bertenaga hanya 214 hp. Tenaganya ini bahkan hanya berselisih sedikit saja dari Toyota 86 yang dijual di Indonesia saat ini (197 hp)

Nissan 300ZX

4. Nissan 300ZX

Nissan 300ZX terlihat mendahului waktu pada zamannya. Mobil yang juga punya sebutan sebagai Fairlady Z ini punya desain layaknya mobil masa depan. Tampilan yang sporty dijamin akan memikat dan membuat setiap orang di jalan berpaling ke arahnya ketika mobil ini melintas. Sayangnya mesin yang dipakainya tak sejalan dengan konsep yang diusung desain mobil ini. Performanya hanya bertenaga 222 hp. Angka ini memang tak begitu mengecewakan pada masanya. Namun melihat wujudnya, tetap saja diharapkan mobil sport ini memakai mesin yang lebih beringas.

Caterham 160

5. Caterham 160

Jujur saya sangat tergila-gila dengan mobil-mobil buatan Caterham. Desain atap terbuka yang cantik menyerupai konsep mobil balap single seater di tahun 1950-an. Begitu pula dengan Caterham 160 yang sangat cantik ini. Desain yang terbuka dengan tulang rangka yang telanjang membuatnya terlihat layaknya mobil balap dari masa lalu di masa kini. Tapi siapa yang sangka kalau mobil ini hanya dibekali mesin 660 cc buatan Suzuki yang bertenaga 80 hp saja. Kecepatan maksimumnya saja hanya 160 km/jam atau jauh lebih pelan dibanding mobil-mobil umum yang beredar di jalanan saat ini. 

DeLorean DMC-12

6. DeLorean DMC-12

Film Back To The Future sukses mengangkat pamor DeLorean DMC-12. Mobil dengan atap gullwing yang disulap oleh ilmuwan Doctor Emmet ‘Doc’ Brown menjadi mesin waktu bertenaga flux capacitor itu bisa melesat kencang. Saking kencangnya hingga pergi ke masa depan ataupun masa lalu. Tapi itu semua hanyalah cerita fiksi dalam trilogi film garapan Robert Zemeckis. Aslinya, mobil rancangan Giorgetto Giugiaro ini hanya dibekali mesin bertenaga 130 hp saja. Butuh lebih dari 10 detik untuk mencapai 100 km/jam dari posisi diam. Tampilan futuristik dan reputasinya di film sungguh jauh dari harapan.

Tata Tamo Racemo

7. Tata Tamo Racemo

Punya desain yang agresif, mobil sport berdimensi ringkas ini salah satu proyek ambisius Tata Motors. Produsen mobil asal India yang juga menjadi pemilik dari Jaguar Land Rover itu punya ide untuk menciptakan mobil sport berharga murah. Mereka memangkas banyak biaya agar harga mobil sport ini bisa semurah mungkin. Termasuk pemilihan mesin 1,2 liter 3-silinder yang hanya bertenaga 190 hp. Ironisnya, proyek ini terpaksa batal dan Tata Tamo Racemo harus rela menjadi korban efisiensi bajet perusahaan. (RIZKI SATRIA/WH)

Sumber: Ragam Sumber

Artikel yang direkomendasikan untuk anda