Beranda Features 5 Hal Tentang GM dan Chevrolet yang Tidak Anda Ketahui

5 Hal Tentang GM dan Chevrolet yang Tidak Anda Ketahui

GM proving ground tahun 1920-an (Foto: assets.hemmings.com)

JAKARTA, 17 Desember 2018 – General Motors (GM) bersama Cruise Automation, perusahaan teknologi kendaraan self-driving, baru-baru ini mengumumkan kerjasamanya dengan Honda. Ketiganya menetapkan target mengtransformasi mobilitas melalui penyebaran teknologi kendaraan otonom (autonomous) dalam skala besar.

Honda akan bekerja bersama dengan Cruise dan General Motors untuk mendanai dan mengembangkan kendaraan otonom yang dibuat khusus untuk Cruise untuk dipasarkan secara global. Honda akan menggulirkan dana senilai US$ 2,75 miliar, menambahkan jumlah saham senilai US$ 2,25 miliar yang diterima dari investor SoftBank Vision Fund awal tahun 2018.

Pengumuman kerja sama strategis dan pendanaan ini telah memperkuat posisi General Motors dalam teknologi self-driving, serta rencana untuk meluncurkan kendaraan tanpa pengemudi di tahun 2019 sebagai wujud realisasi dari masa depan yang bebas kecelakaan (zero crashes), bebas emisi (zero emission), dan bebas hambatan (zero congestion).

Ternyata banyak hal yang dilakukan General Motors dalam teknologi self-driving. Di Thailand GM memperkenalkan autonomous guided vehicles (AGV), yang bernama Bumblebees. Bumblebee merupakan kendaraan listrik kecil yang sepenuhnya otonom yang secara otomatis mengirimkan suku cadang dan komponen ke lini produksi Chevrolet Colorado dan Trailblazer di pabrik perakitan GM Thailand di Rayong. Armada AGV telah meningkatkan efisiensi produksi dan membantu mengurangi biaya pengiriman suku cadang ke jalur produksi.

Chevrolet Bolt EV

Teknologi self-driving hanyalah salah satu contoh dari sejarah inovasi dan keunggulan industri GM selama 100 tahun, yang sebagian besar telah diterapkan pada kendaraan Chevrolet yang ikonis.

Berikut ini adalah beberapa sejarah dari GM dan Chevrolet yang mungkin tidak Anda ketahui sebelumnya:

  1. Pengembang Teknologi Sel Bahan Bakar

Self-driving car bukan produk pertama yang menjadi kolaborasi antara GM dan Honda. Sejak tahun 1990, kedua perusahaan telah bekerja sama dalam berbagai jenis kendaraan dan teknologi. Pada bulan Juni, GM dan Honda menandatangani perjanjian kerja sama pengembangan baterai untuk kendaraan listrik. Pada tahun 2017, kedua perusahaan membentuk usaha patungan untuk menghasilkan sistem sel bahan bakar hidrogen, dengan produksi yang diperkirakan akan bermula pada tahun 2020.

  1. Inovator Kendaraan Listrik

Kesuksesan GM dalam memproduksi kendaraan elektrik memang didemonstrasikan lewat Chevrolet Bolt dan Volt. Tapi GM telah menciptakan kendaraan bermesin elektrik bertahun-tahun silam. Dari tahun 1996 ke 1999, GM memproduksi EV1 kendaraan listrik pertama yang diproduksi secara massal. EV1 merupakan mobil pertama GM yang didesain untuk menjadi mobil listrik di era modern serta disiapkan sebagai mobil penumpang pertama dan satu-satunya yang dipasarkan dengan nama GM dan bukan menjadi salah satu divisi GM.

  1. Pionir Menciptakan Proving Ground

GM menciptakan automotive proving ground pertama pada tahun 1924. Berlokasi di Milford, Michigan, proving ground ini meliputi area seluas 16 km2, setara dengan 212 km jalan yang mencerminkan kondisi di jalan raya serta permukaan-permukaan khusus lainnya untuk pengujian kendaraan. Setiap produk GM, di setiap negara, didesain secara khusus oleh personel GM yang bekerja di proving ground Milford. Selama bertahun-tahun, GM sudah membuka berbagai proving grounds di Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Australia dan Tiongkok – di mana banyak di antaranya masih beroperasi.

  1. Pelopor Standar Keselamatan

Desain uji kecelakaan pertama GM membantu membentuk standar industri bagi riset keselamatan dalam kecelakaan. Belakangan ini, GM menggunakan dummies (contoh) dari berbagai jenis bentuk dan ukuran di laboratorium uji keamanan GM, di mana setiap dummies terhubung dengan 70 hingga 80 sensor yang merekam dan mengirimkan data 10.000 kali per detik, guna mendeteksi kekuatan seperti apa yang dapat bertahan dalam kecelakaan. Insinyur-insinyur menggabungkan data dari tes fisik dan simulasi komputer untuk memahami bagaimana kendaraan baru, sistem keselamatannya dan penghuninya merespon kecelakaan – lalu mengaplikasikan pengetahuan tersebut ke dalam pengembangan kendaraan.

  1. Pencipta Sistem Komunikasi In-Car

Jauh sebelum smartphone dan aplikasi membantu konsumen terhubung dengan pusat panggilan, GM mengembangkan OnStar, yaitu sistem komunikasi berbasis suara dalam kendaraan pertama di tahun 1996. OnStar memanfaatkan teknologi pelacak posisi global serta sistem telekomunikasi satelit untuk menghubungkan pengguna kendaraan dengan tim operator OnStar. OnStar menyediakan beragam layanan dari mulai bantuan navigasi hingga pertolongan darurat 24 jam seminggu.

RAJU FEBRIAN