Yuk Intip Spesifikasi Daihatsu Rocky yang Meluncur Besok

JAKARTA, Carvaganza - Daihatsu Rocky dan Toyota Raize, keduanya memang telah diperkenalkan ke publik dalam video kolaborasi Toyota dan Daihatsu di YouTube hari ini (28/4). Mengintip sedikit apa yang dimiliki, Rocky membawa potensi sangat besar. Mudah dipastikan sang crossover bakal menjadi produk berlogo D paling canggih dan berbeda di Tanah Air.

“Daihatsu Rocky adalah Compact SUV dengan konsep desain yang sepenuhnya baru termasuk platform dan powertrain. Menawarkan kelapangan ruang dalam tubuh kompak dan peningkatan drastis dalam performa berikut kualitas secara menyeluruh,” ujar Soichiro Okudaira President Director Daihatsu Motor Co., Ltd. pada kata sambutannya.

Rocky masuk dalam segmen crossover berdimensi ringkas. Mengacu market Jepang, ia siap bertarung langsung dengan para pemain segmen baru seperti Kia Sonet dan Nissan Magnite. Memiliki panjang kurang dari empat meter, tepatnya diukur 3.995 x 1.695 x 1.620 mm (PxLxT). Jelas hal ini mengisyaratkan posisinya. Tapi harus diketahui, Rocky bukan sebatas model Daihatsu lama yang ganti tubuh. Semuanya serba baru.

 

Mesin dan Performa

Daihatsu Rocky

Seperti dijelaskan Soichiro Okudaira, Rocky punya konsep desain anyar termasuk rancang bangun dan powertrain. Sudah diketahui, ia berdiri di atas platform kembangan termutakhir Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Juga di balik bonnet, pasti tidak akan ditemukan mesin 4-silinder dari kontestan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) saat ini. Bukan milik Ayla, Sigra, Terios, Xenia, atau pemain lainnya.

Berbagai bocoran mengindikasikan produk kembaran Daihatsu dan Toyota ini mengusung mesin 3-silinder. Serupa di tanah kelahiran, Jepang, Rocky kebagian pemacu 1,0 liter turbo yang bertenaga 98 PS dengan torsi 140 Nm. Tapi lebih dari itu, besar kemungkinan tersedia pula pilihan mesin 3- silinder 1,2 liter Naturally Aspirated yang bertenaga 88 PS dengan torsi puncak 113 Nm. Versi ini bahkan tidak akan ditemukan pada versi Jepang atau Perodua Ativa yang belum lama meluncur di Malaysia.

Varian Tertinggi

 

Daihatsu Rocky Toyota Raize

Dalam video kolaborasi ini, tampaknya Rocky hadir bersama Toyota Raize GR Sport dalam spek tertinggi. Dari intipan lis moulding pintu, mungkin saja diberi nama ADS. Pendekatannya berbeda dari versi termahal Toyota yang bergaya sporty. Rocky cenderung membawa nuansa tangguh lewat ornamen skid plate perak di sisi terbawah bodi. Hadir dalam pakaian two tone beratap hitam dan pelek alloy two-tone.

Tentu eksekusi desain eksterior berbeda dari sang kembaran. Paling kentara, Rocky memainkan grille heksagonal besar langsung di bawah batas kap mesin. Berhiaskan bingkai kromium. Aransemen bumper lantas menyesuaikan lewat aplikasi bezel foglamp segitiga di sisi terluar. Urusan kelengkapan, headlamp, DRL, sampai grafis lampu kombinasi belakang dari pendar dioda meramaikan. Bisa diekspektasikan pula fungsi smart entry hadir setidaknya di trim tertinggi.

Head unit berukuran besar yang bertengger di atas dasbor jadi sorotan utama bagian interior. Lanjut lirik ke sisi terbawah, besar kemungkinan mengadaptasikan kontrol AC digital. Akan wajar bila terpasang fungsi pengatur suhu kabin otomatis. Canggihnya lagi, ada probabilitas terpasang cluster meter digital meski tidak terlihat terlalu jelas pada video. Selain itu, palang setirnya diramaikan oleh set kontrol tombol di sisi kiri dan kanan.

Seluruh perbekalan pendukung kenyamanan berkendara tadi tentu terlihat menjanjikan. Disesuaikan dengan kebutuhan market sini sudah pasti. Tapi tampaknya nilai jual utama akan berada di sisi fitur keselamatan berkendara. “Kami menggunakan pusat litbang PT Astra Daihatsu Motor yang terbesar di Indonesia untuk membuat kendaraan ini paling sesuai dengan masyarakat Indonesia. Kami juga mengevaluasi fungsi keselamatan preventif yang diperkenalkan di Indonesia dengan harga yang terjangkau,” jelas Soichiro Okudaira.

Daihatsu Rocky

Ekspektasinya akan diisi peranti asisten berkendara aktif. Disebut “Smart Assist” di Negeri Sakura sementara Perodua di Negeri Jiran menganut jargon “Smart Drive Assist”. Entah akan selengkap apa. Kalau mengacu market Jepang, diharapkan minimal kebagian paket setara Raize trim G.

Ada indikasi pula ia membawa nilai tambah di sektor keselamatan. ADM diketahui sempat menyebar rilis teknologi penunjang keselamatan yang disebut A.S.A. (Advanced Safety Assist). Sistem ini memanfaatkan sensor dari Stereo Camera untuk mendeteksi objek di sekitar mobil. Dapat memberikan peringatan dan melakukan tindakan korektif andai terdeteksi potensi bahaya.

Sorotan lain adalah fungsi cruise control adaptif lengkap Lane Keep Control si asisten penjaga posisi dalam jalur. Tak ketinggalan juga perbekalan berupa pre-collision system untuk memberikan peringatan hingga koreksi pengereman otomatis sampai emergency braking. Selengkap apa? Kita tunggu saja di hari besarnya.

Dapat diharapkan terpasang banderol yang relatif terjangkau untuk Rocky. Seperti sudah diketahui, ia berhak atas relaksasi tarif PPnBM. Rocky sendiri baru resmi dipasarkan 30 April ini dan lahir langsung dari fasilitas produksi ADM. “Kami akan memproduksi Daihatsu Rocky di fasilitas PT Astra Daihatsu Motor dan Daihatsu Rocky akan tersedia di outlet pada 30 April 2021,” tutup Soichiro Okudaira.

Spesifikasi Teknis

Daihatsu Rocky

Rocky juga jadi penunjuk kecepatan pengembangan dan diversifikasi produk berbasis platform modular anyar. Memanfaatkan basis Daihatsu New Global Architecture (DNGA), ia merupakan satu dari tiga model DNGA terbaru dalam kurun dua tahun sejak 2019. Bukan berarti ‘asal ceplok’, Daihatsu mengusung konsep (1-1-1-1) yang memiliki filosofi 1 gram, 1 milimeter, 1 sen, dan 1 detik. Artinya, setiap perhitungan dalam pengembangan produk terlaksana hingga detail terkecil.

Daihatsu Rocky

Sorotan utama soal mesin, seleksi pemacu bukan berasal dari powertrain bawaan model lain. Tersedia dua opsi hanya saja bukan milik Sigra, Ayla, Gran Max, Terios, atau bahkan Sirion. Jalinan teka-teki dari pengujian Tanto beberapa waktu lalu mengisyaratkan keberadaan mesin anyar tiga silinder 1,0 liter turbo. Bisa dipastikan pemacu tersebut mengisi ruang mesin Rocky. Adalah unit 1KR-VET dengan sajian output sedikit lebih bertenaga dari jantung empat silinder 1,3 liter 1NR-VE eksis. Sanggup lontarkan tenaga 98 PS dan torsi 140 Nm.

Tersedia varian bermesin  1,2 liter non turbo . Bukan mengambil mesin yang sama milik Sigra atau Ayla sebab memiliki jumlah silinder ganjil. Tarian tiga piston tanpa peranti pemadat udara ini bakal mengisi kasta di bawah 1,0 liter turbo. Menariknya, mesin ini dipastikan lebih kuat dari pemacu 4-silinder 1,2 liter 3NR-VE dengan output 88 PS dan torsi puncak 113 Nm.

Bukan hanya dari pencipta putaran, penyalurnya juga berbeda dari kontestan ADM di Tanah Air. Pada opsi otomatis, akhirnya Daihatsu memainkan transmisi D-CVT (Dual Mode Continuously Variable Transmission). Rocky merupakan model pertama Daihatsu dengan penyalur daya yang terkenal halus itu. Hasil Pengembangan termutakhir, ia memadukan penggerak sabuk dengan roda gigi agar efisien sekaligus tetap responsif.
AHMAD KARIM / RS

Artikel yang direkomendasikan untuk anda