Beranda Updates Wow, Bumblebee Menangkan Kontes Modifikasi Jok MBtech

Wow, Bumblebee Menangkan Kontes Modifikasi Jok MBtech

JAKARTA, Carvaganza.com – Inspirasi desain bisa datang dari mana saja. Apa yang dilihat, didengar, dan dirasakan bisa menjadi ide untuk mendesain. Itulah yang dilakukan Handika Jok Pratama Bekasi, pemenang pertama MBtech Driving With Style Awards 2019 – The Best Carseat Online Design Contest.

Pria ini mengatakan tema jok yang dibuatnya terinsirasi film Bumblebee. Anda memang tidak salah membaca. Bumblebee kesatria robot Transformer yang kerap dijadikan sahabat anak-anak karena menggemaskan, dijadikan Handika asal Bekasi sebagai inspirasi dalam membuat jok Daihatsu Ayla.

“Saya memilih desain Bumblebee karena terispirasi dari film ‘Bumblebee’. Film tersebut sempat menghiasi layar bioskop dan menyita perhatian penonton,” sebut Handika di Jakarta usai diumumkan sebagai pemenang, Kamis (23/1/2020) kemarin.

Namun, semua itu ternyata tidak mudah dilakukan. Memadankan dan menyelesaikan modifikasi jok bertema Bumblebee menyita waktu. Hasilnya, mulai dari pemilihan tema hingga proses modifikasi Handika membutuhkan waktu hingga tiga bulan. “Tiga bulan itu iseng-iseng,” infonya. “Kalau fokus, satu bulan saja selesai,” ujarnya.

Handika juga menyebut bahwa prosesi paling sulit adalah menyatukan semua elemen modifikasi. “Meski sulit, bagian wajahnya justu lebih rumit lagi,” imbuhnya. Menurut penglihatan kami, wajar saja bagian wajah disebut rumit oleh sang modifikator. Pasalnya, terlihat beberapa bagian yang tumpang tindih, sehingga membutuhkan ketelitian ekstra.

Selain itu, perhatian terhadap detail dan kerapihan pengerjaan jok benar-benar dibuktikan dalam karya ini. Potongan per bagian modifikasi, hingga jahitannya sangat rapih. Pemilihan warna juga dibuat semirip betul dengan Bumblebee.

Bahkan, saking perhatiannya Handika juga turut menempatkan per, hingga busi bekas sebagai aksen modifikasi joknya. Pun menggunakan barang metal, namun kehadirannya tidak mengganggu kenyamanan karena ditempatkan pada jok bagian luar.

Baca juga: MBTech Driving Style Awards 2019 Diharapkan Mampu Lahirkan Karya Kreatif

Baca juga: MBTech Driving Style Awards 2019 Ditutup, Desain Bumblebee jadi Jawara

Wadah Karya Kreatif

Kompetisi modifikasi bertitel MBtech Driving With Style Awards 2019 – The Best Carseat Online Design Contest ini digelar PT Polystar Internasional, manufaktur jok kulit sintetis MBtech. Kontes jok online yang berlangsung 15 Agustus – 1 Desember 2019 ini diselenggarakan untuk mencari karya seatmaker terbaik di Indonesia.

”Tujuan kontes online mbtech ini adalah untuk memberikan wadah kepada seatmaker di berbagai daerah untuk memamerkan karya kreatif. Untuk itu mbtech memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada peserta kontes yang telah berpartisipasi dan telah mengirimkan jok karya buatannya,” kata Setiayanto, Director of MBTech saat pengumuman pemenang dilakukan di CGV Cinema, Fx Sudirman, Jakarta.

Jika ditotal, telah terkumpul sebanyak 62 karya jok dari berbagai wilayah di tanah air. Karya-karya itu kemudian menjalani proses seleksi berdasarkan penilaian poin, serta melalui tahapan penjurian yang dilakukan tim juri MBtech. Selepas seleksi dan penjurian, di tahapan terakhir dipilih 10 karya seatmaker terbaik dan dilanjutkan dengan menentukan posisi juara 1 hingga 10.

Handika Jok Pratama Bekasi keluar sebagai juara yang mendesain bangku Daihatsu Ayla berbentuk ‘Bumblebee’. Posisi kedua, Budi R2 Car Interior dari Pekanbaru, Riau. Menggunakan basis jok Jaguar, tema yang diangkat adalah ‘Sporty Two Tone Snake Style’. Tampilannya cukup unik dengan karakter ular yang sedang melingkari area headrest. Sedangkan pemenang ketika adalah Arief Ie Ie Incar Surabaya. Mengusung desain “Digital Artist” yang diaplikasikan pada jok Toyota Yaris.

REZA ERLANGGA | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto