Beranda Updates Waduh, Hasil Crash Test Mitsubishi Triton Dapat Rapor Merah

Waduh, Hasil Crash Test Mitsubishi Triton Dapat Rapor Merah

BRASILIA, 4 Desember 2019 – Mitsubishi Triton terbaru telah menjadi salah satu pikap double cabin dengan tampang terkeren di kelasnya saat ini, sejak versi facelift meluncur akhir 2018 lalu. Tetapi baru-baru ini rapor merah didapat Triton dalam hal tingkat keselamatan, kenapa?

Triton atau yang di banyak negara lain beredar dengan nama L200, oleh NCAP (New Car Assesment Program) mendapat rating nol bintang dari hasil uji tabrak (crash test). Hasil tes yang dilakukan oleh Latin NCAP, nol bintang untuk Triton soal perlindungan penumpang dewasa dan hanya dua bintang untuk penumpang anak-anak.

“Hasil L200 mengerikan, terutama untuk merek pemimpin pabrikan Jepang seperti Mitsubishi. Ini adalah kekecewaan besar bagi Latin NCAP dan konsumen di Amerika Latin dan mempertanyakan etika pabrikan saat menyangkut konsumen Amerika Latin,” tulis pernyataan resmi Latin NCAP.

Mitsubishi New Triton

Latin NCAP menguji keselamatan kendaraan yang dipasarkan untuk wilayah Amerika Latin seperti Brazil, Meksiko, Kolombia, Peru dan sebagainya. Kenapa bisa Triton mendapat nilai buruk?

Jawabannya karena ternyata unit yang diuji tabrak oleh Latin NCAP merupakan Triton yang tidak dilengkapi airbag satupun. Tanpa airbag, tentunya dampak tabrakan khususnya dari arah depan menjadi sangat fatal untuk pengemudi dan penumpang di baris depan.

Tidak adanya airbag berkaitan dengan standar di pasar wilayah tersebut yang tidak menuntut atau mewajibkan pabrikan menyediakan airbag. Unit yang dites juga adalah varian dasar alias terendah dari Triton.

Sebagai perbandingan, Triton di pasar Eropa sudah dilengkapi standar fitur 7 airbag dan ESC di antara rangaian fitur keselamatan lainnya. Lebih lanjut, nilai buruk Triton juga karena minimnya proteksi samping untuk kepala, pejalan kaki dan minus ESC.

Menanggapi hal ini, Mitsubishi berjanji untuk meningkatkan kualitas produknya di pasar Amerika Latin, secepatnya mulai Februari 2020. Sebagai pembanding, di Indonesia Triton menjadi double cabin berfitur terlengkap mulai dari 7 airbag, Forward Collision Mitigation System, Blind Spot Warning, Lane Change Assist dan lain-lain.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto