Waduh, Fiat Punto Dapat No Bintang di Euro NCAP

ROMA, 14 Desember 2017 – Berita mengejutkan dilansir European New Car Assessment Programme (Euro NCAP). Badan yang melakukan uji keselamatan mobil-mobil baru di Eropa itu memberikan Fiat Punto peringkat keamanan bintang nol. Ini merupakan model pertama yang menerima hasil tersebut.

Menurut situs Euro NCAP model ini telah dijual sejak tahun 2005, namun masih dijual di Eropa.

Pada tes penumpang dewasa dan tes penumpang anak, Punto mencatatkan skor masing-masing 51% dan 43%. Sementara dalam tes perlindungan pejalan kaki, mendapat nilai 52%. Meskipun hasil ini cukup bagus untuk rating dua bintang, namun kriteria pengujian baru sangat ketat terhadap hasil.

Skor 0% Punto dalam kategori safety assist merupakan contohnya. Mobil ini memang memiliki pengingat sabuk pengaman untuk kursi pengemudi, namun menjadi opsional untuk penumpang depan, dan sama sekali tidak tersedia untuk kursi belakang.

Selain itu, tidak adanya sistem penghindaran kecelakaan (crash avoidance) dan bantuan pengemudi (driver assistance) seperti pengereman darurat otonom dan speed limiter sehingga mobil ini gagal mendapatkan bintang.

"Ini mungkin menjadi contoh bagi pabrikan yang terus menjual model produk yang sudah melewati masanya, dengan mengorbankan pembeli. Kami mendesak konsumen untuk memeriksa situs web kami untuk mendapatkan peringkat terbaru dan memilih mobil dengan peringkat bintang lima paling up-to-date," kata sekretaris jenderal Euro NCAP Michiel van Ratingen.

RAJU FEBRIAN

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya