Beranda Updates VIDEO: Sanggupkah Bugatti Chiron Tembus Top Speed 500 Km/Jam?

VIDEO: Sanggupkah Bugatti Chiron Tembus Top Speed 500 Km/Jam?

WOLFSBURG, 3 September 2019 – Bugatti kembali bikin heboh kalangan pecinta kecepatan di dunia, kali ini dengan menorehkan rekor kecepatan terbaru bersama Chiron. Berapa top speed yang sanggup dicapai oleh hypercar mewah ini?

Baru-baru ini Bugatti melakukan tes tertutup untuk Chiron, yang dilakukan di fasilitas rahasia milik Volkswagen di Ehra-Lessien, Jerman. Bugatti mencoba untuk melampaui rekor top speed mobil produksi sebelumnya yang dipegang oleh Koenigsegg Agera S, yaitu 447,19 km/jam.

Untuk mengejar rekor ini, Bugatti percayakan kemampuan pembalap senior asal Inggris, Andy Wallace untuk berada di balik setir Chiron. Pemecahan rekor ini Bugatti abadikan dalam sebuah video, yang kemudian dirilis oleh Top Gear.

Chiron dalam kesempatan ini berhasil menembus rekor 300 mil/jam, tepatnya mencapai 304,77 mil/jam. Artinya, angka tersebut sama dengan 490,48 km/jam, alias top speed Chiron hampir mencapai 500 km/jam di atas aspal!

Rekor tersebut telah tersertifikasi dari TÜV, asosiasi inspeksi teknis Jerman, melampaui rekor milik Koenigsegg tahun 2017 lalu dengan perbedaan signifikan.

Chiron yang digunakan pada pemecahan rekor ini adalah unit yang telah mengalami modifikasi, disebut sebagai versi pra-produksi dari calon varian baru hypercar bermesin W16 8.0 liter itu. Tidak disebutkan modifikasinya, tetapi pada video bisa terlihat Chiron mendapat ubahan pada fender depan yang mendapat lubang udara, untuk melepas tekanan di ruang roda.

Varian terkencang saat ini, Chiron Sport, memiliki tenaga 1479 hp dan torsi 1600 Nm pada mesin yang diinduksi empat unit turbo itu. Dengan transmisi dual-clutch 7-speed dan penggerak all-wheel drive, akselerasi 0-200 km/jam dapat dicapainya hanya dalam 6,1 detik.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza