VIDEO: Perhatikan Hal Ini Sebelum Memilih Kia Sonet!

JAKARTA, Carvaganza.com – Seiring terus berkembangnya pasar segmen SUV di industri otomotif, semakin banyak pula pilihan model yang bisa dipertimbangkan. Mulai dari SUV super mewah dengan harga miliaran Rupiah, sampai dengan SUV mungil dengan banderol terjangkau. Untuk segmen awal, kini hadir pilihan baru, yaitu Kia Sonet.

Melengkapi barisan produk SUV terbarunya, Kia telah meluncurkan resmi Sonet untuk pasar Indonesia, jelang akhir tahun 2020. Sonet hadir menyusul Seltos yang diluncurkan oleh PT Kreta Indo Artha (KIA) pada awal tahun 2020 lalu. SUV berdimensi mungil ini meluncur dengan komposisi desain atraktif dan modern, fitur melimpah, serta harga yang cukup terjangkau.

Sonet pertama kali diperkenalkan sebagai konsep di awal tahun ini, lalu meluncur versi produksinya pada bulan September kemudian, di India. Sekiranya dua bulan berselang, Sonet sudah dibawa dan dipasarkan di Indonesia. Jadi, Indonesia adalah negara kedua di dunia yang resmi memasarkan Kia Sonet.

Harga mobil ini ditawarkan mulai dengan Rp 193 juta, sampai yang tertinggi yaitu Rp 289 juta (OTR Jakarta). Implementasi desain modern khas Kia Motors yang berkarakter Tiger Nose sangat kental terpancar dari eksterior. Namun bicara soal fitur, Sonet sangat lengkap untuk banderol sekelasnya, yang tentu akan sangat menarik kalangan millennial.

Kia memilih varian mesin empat silinder 1,5 liter dengan kombinasi tenaga 113 hp dan torsi 144 Nm. Mesin tersebut dikawinkan dengan jenis transmisi IVT yang diberikan simulasi perpindahan hingga 8 percepatan. Transmisi ini adalah bentuk pengembangan lebih lanjut dari jenis CVT, dengan penekanan pada efisiensi performa dan konsumsi BBM. Lalu opsi transmisi lainnya adalah manual 5 percepatan.

Aksen elemen desain ala huruf V tampil pada grafis LED lampu depan dan belakang. Bentuk tersebut sepintas mengingatkan pada logo Aston Martin Vulcan. Bentuk boxy dengan lekuk dinamis menjadi proporsi tampilan luar Sonet yang kompak. Meski masih saudara dan setingkat di bawah Seltos, namun kedua model ini nyaris tidak berbagi kemiripan desain luar, seperti kebanyakan pabrikan sekarang.

Kemiripan keduanya hanya bisa dijumpai pada desain interior, khususnya pada desain layout dashboard. Kia memberikan nuansa premium pada interior Sonet, lewat balutan material kulit pada seluruh joknya, juga lapisan lingkar setir. Yang akan menggoda kaum millennial adalah sistem infotainment Sonet yang sudah mendukung Apple CarPlay dan Android Auto. Bukan hanya itu, bahkan akses fitur tersebut bisa dilakukan dengan koneksi wireless alias tanpa kabel.

Selebihnya, Kia masih melengkapi Sonet dengan serangkaian fitur keselamatan dan keamanan yang di atas rata-rata produk sekelasnya. Menjadi pendatang baru di akhir tahun 2020, menarik melihat bagaimana sepak terjang Sonet di pasar Indonesia. Untuk tahu lebih lanjut apa saja yang menarik dari Kia Sonet, langsung saksikan video terbaru Carvaganza di YouTube.

WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda