VIDEO: Mobil Robot vs Manusia, Siapa Lebih Cepat?

HONG KONG, 19 Desember 2017 – Perkembangan teknologi kendaraan membuat mobil yang bisa berjalan sendiri atau robot yang mengemudi menjadi memungkinkan. Perusahaan Roborace menciptakan mobil balap tanpa pengemudi. Kali ini, Roborace, membuktikan kemampuannya dengan bertanding melawan manusia. Siapa yang menang?

Balapan ini dilakukan bersamaan dengan berlangsungnya perlombaan Formula E Hong Kong. DevBot – nama mobil balap dengan pengemudi robot tersebut – berlomba melawan Nicki Shields.

Shields adalah wartawan yang meliput Formula E. Meski bukan seorang pembalap profesional, dia pernah berlumba dalam kejuaraan junior karting. Sementara DevBot telah mendapat beberapa perbaikan dan peningkatan. Devbot merupakan versi uji coba yang kemudian diterapkan pada mobil balap aslinya, Roborace.

Hasilnya? Nicki Shields mampu memenangkan balapan dengan catatan waktu 1 menit 26.6 detik, berbanding 1 menit 34 detik yang dicatatkan Devbot. Meski demikian, DevBot menunjukkan kemajuan pada uji kali ini. Ia mencatat wakatu yang persis sama dalam dua lap yang dilakukan. Hal ini menunjukkan bahwa sistem yang digunakan sangat konsisten dan jitu.

Walaupun Shield gembira dengan kemenangannya, ia sebenarnya agak terkejut dengan kekalahan Devbot. “Mungkin suatu saat mereka yang akan menang,” katanya.

RAJU FEBRIAN

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya