VIDEO: Lihat Kencangnya Performa BMW Seri 3 Touring di Sirkuit

HOCKENHEIM, Carvaganza.com – BMW Seri 3 Touring yang baru-baru ini meluncur di Indonesia telah sukses mencuri perhatian para car enthusiast. Selain karena tren wagon/estate yang cukup digandgrungi, mobil ini hadir dalam jumlah terbatas. Tapi sekencang apa mobil ini di sirkuit?

Oleh Sport Auto, Seri 3 Touring terbaru diuji performanya untuk mencari tahu sesingkat apa mobil ini bisa melahap putaran di sirkuit. Pada pengujian ini, sirkuit yang dipilih adalah Hockenheim di Jerman, yang juga langganan menjadi tuan rumah seri F1 GP Jerman.

Berbeda dengan yang dirilis untuk pasar Indonesia, unit yang digunakan pada sesi hot lap ini adalah varian M340i Touring xDrive. Artinya, merupakan varian tertinggi dan terkencang dari Seri 3 Touring. Sementara varian yang meluncur di Indonesia adalah 320i Touring M Sport.

M340i Touring xDrive merupakan varian yang pengembangannya sudah melibatkan divisi M Sport, yang kastanya langsung berada di bawah M3. Bisa dibilang, ini adalah varian yang menjadi jembatan antara Seri 3 biasa dengan M3.

Untuk varian ini, BMW membekalinya dengan mesin enam silinder 3.0 liter TwinPower Turbo, dengan kombinasi tenaga 382 hp dan torsi 500 Nm. Mesin berkode B58B30 ini dipadukan transmisi otomatis Shifttronic 8-speed, serta sistem penggerak xDrive alias all-wheel drive.



Dari hasil tes hot lap di Hockenheim, Seri 3 Touring berhasil mencatat lap time 2:02,7 menit dalam kondisi sirkuit kering. Hasil tersebut hanya berbeda 1,6 detik lebih lambat daripada M340i xDrive versi sedan.

Namun yang menarik, Seri 3 Touring hanya berselisih 0,5 detik di bawah Ford Mustang GT di sirkuit ini. Sementara dengan rival sebandingnya, mobil ini sukses mengalahkan Mercedes-AMG C43 T-Model, Audi S4 Avant V6 TDI.

Seperti apa kencangnya M340i Touring xDrive beraksi melahap Hockenheim? Langsung saja saksikan videonya.

WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda