VIDEO: Ini Dia Bus Listrik Pemegang Rekor

INDIANA, 23 September 2017 – Jika selama ini banyak video tentang rekor jarak tempuh hatchback, sedan, atau MPV bertenaga listrik. Nah, kini satu video menarik, rekor jarak tempuh yang diciptakan bus bertenaga listrik.

Proterra, perusahaan yang memproduksi kendaraan listrik heavy-duty, mengumumkan telah menetapkan rekor dunia untuk jarak terpanjang yang pernah ditempuh dengan kendaraan listrik dengan sekali charge. Proterra Catalyst E2 Max yang memiliki panjang 12,2 meter berhasil melakukan perjalanan sejauh 1772,2 km dengan sekali charge.

Rekor ini dibuat di Navistar Proving Grounds di New Carlisle, Indiana, Amerika Serikat. Ini bukan pertama kalinya Proterra menunjukkan kemampuan tempuh dan performa powertrain dari sistem baterainya.

Pada bulan September lalu, Proterra menempuh jarak 970 km dengan baterai 440 kWh. Sedangkan pada tahun 2015, Proterra menempuh 415 km dengan 257 kWh dengan sekali pengisian. Bus yang terbaru ini menggunakan baterai berkapasitas total 660 kWh.

"Bbus listrik heavy duty kami memecahkan rekor dunia yang sebelumnya sejauh 1631,5 km yang dibuat mobil penumpang light duty EV yang 46 kali lebih ringan dari pada Catalyst E2 Max. Ini adalah prestasi besar," kata Matt. Horton, chief commercial officer di Proterra.

Bus Catalyst tersedia dalam panjang 10 meter dan 12 meter, masing-masing dengan tiga konfigurasi listrik utama - FC, XR dan E2 dimana kapasitas energi berkisar antara 79-660 kWh. Proterra mengklaim, biaya kendaraan jauh lebih kecil dibandingkan kendaraan konvensional dengan mesin internal combustion biasa.

RAJU FEBRIAN

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya