Beranda Updates VIDEO: Dengarkan Merdunya Mesin Lamborghini Essenza SCV12 Bernyanyi

VIDEO: Dengarkan Merdunya Mesin Lamborghini Essenza SCV12 Bernyanyi

Tahun ini Lamborghini mengeluarkan mobil khusus sirkuit terbaru. Dibuat hanya 40 unit saja, Lamborghini Essenza SCV12 menjadi salah satu ‘mainan’ langka yang mungkin hanya bisa dilihat beberapa pasang mata saja.

Makanya video pengujian Lamborghini Essenza SCV12 berikut ini sangat sayang untuk dilewatkan. Video yang diunggah oleh channel Youtube 19Bozzy92 ini menampilkan Lamborghini Essenza SCV12 yang sedang melakukan serangkaian pengujian. Pengujian dilakukan oleh para insinyur Lamborghini di sirkuit Monza, Italia.

Selama pengujian, hypercar buas bermesin V12 naturally aspirated terakhir Lamborghini ini dikemudikan oleh Emanuele Pirro dan Raffaele Giammaria. Keduanya ditugasi mengusi kemampuan deselerasi perilakunya di lintasan balap. Selama pengujian, channel Youtube ini berhasil mengabadikan nyanyian merdu mesin Lamborghini Essenza SCV12 di berbagai kondisi.

Lamborghini Essenza SCV12 dikembangkan hasil kolaborasi Lambroghini Squadra Corse Corse racing division dan rumah desain Centro Stile. Setiap pemilik mobil ini otomatis masuk dalam keanggotaan eksklusif. Mereka mendapat akses ke beragam program khusus untuk mengendarai hypercar ini pada beberapa sirkuit prestigius internasioanal.

Pemilik hypercar ini juga diberikan fasilitas penyimpanan berupa hangar baru yang khusus dibangun di Sant’Agata Bolognese. Setiap mobil akan ditaruh di garasi pribadi yang dilengkapi kamera sehingga pemilik bisa memantau kondisi kendaraan setiap waktu melalui aplikasi.

Anggota klub Essenza SCV12 juga mendapat program pelatihan Lamborghini Squadra Corse Drivers Lab yang juga disiapkan untuk pembalap resmi Lamborghini. Instruktur yang ikut menjadi pelatih diantaranya pemenang 24 Hours of Le mans, Emanuelle Pirro dan Lamborghini factory driver, Marco Mapelli.

Essenza SCV12 diciptakan khusus untuk pemakaian di dalam lintasan balap. Hypercar ini dibekali mesin V12 berkapasitas 6,5 liter yang menghasilkan tenaga 830 hp. Suara menggelegar dihasilkan oleh Capristo exhaust. Mesinnya dipadukan dengan transmisi x-trac 6-speed sequential yang menyalurkan tenaga sepenuhnya ke kedua roda belakang.

Struktur rangka mobil ini dibangung menggunakan material serat karbon generasi terbaru. Mobil GT ini dirancang untuk memenuhi standar keselamatan FIA. Beragam teknologi balap sudah ditanamkan pada Essenza SV12. Mulai dari suspensi belakang push-rod yang tersambung lagsung dengan transmisi. Kemudian ban Pirelli berukran 19-inci di depan dan 20-inci di belakang membalut velg dari bahan magnesium. Rem cakram dan kaliper seluruhnya dikembangkan oleh Brembo Motorsports.

Mobil ini memiliki desain yang sangat aerodinamis. Bayangkan, downforce yang dihasilkan Essenza SCV12 saat melesat di kecepatan 250 kpj adalah 1.200 kg atau lebih besar dari mobil balap GT3 sekalipun. Kap mesinnya memiliki double air intake yang mampu memisahkan udara panas dan membiarkan udara dingin menelisik lewat airscoop di atap. Seluruh bodi kit mobil ini ditujukan untuk mengalirkan udara dingin secara optimal ke ruang mesin.

Bagian dalam mobil ini dibangun dengan nuansa futuristis. Lihat saja kokpitnya yang terinspirasi mobil balap single-seater Formula 1 lengkap dengan setirnya. Jok balap OMP sudah lulus homologasi FIA karena memakai rangka karbon yang nyaman dan selamat. Pantas harga mobil ini tembus Rp 53 miliar.

RIZKI SATRIA

Sumber: Lamborghini

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

SPYSHOT: Susul Taycan, Porsche Macan Versi Listrik Mulai Diuji

STUTTGART, Carvaganza.com – Suksesnya Taycan sebagai pionir mobil full electric dari Porsche mendorong mereka semakin seriusi segmen baru ini. Salah satu strateginya adalah dengan...

Mengenal Fitur Keamanan Advanced Grip Control Peugeot 3008 dan 5008 SUV

JAKARTA, Carvaganza -- Musim hujan telah tiba. Memasuki musim penghujan, berarti menghadapi berbagai macam kondisi jalan yang sangat berbeda. Berbagai macam kondisi jalan di...
video

VIDEO: First Impressions Toyota Fortuner Facelift Versi Indonesia

JAKARTA, Carvaganza.com – Di tahun 2020 ini, akhirnya pasar Indonesia juga kebagian versi facelift dari Toyota Fortuner, yang resmi meluncur pada bulan Oktober. New...

MG Motor Indonesia Gandeng 2 Mitra Pembiayaan Baru, Makin Pede Jualan

JAKARTA, Carvaganza -- MG Motor Indonesia terus bergerak memperkuat posisinya di Indonesia. Setelah mengumumkan penunjukan Donald Rachmat sebagai General Director MG MOtor Indonesia sejak...

Rayakan HUT ke-50 Tahun, BBS Hadirkan Pelek Super-RS

TOKYO, Carvaganza -- Siapa yang tidak kenal dengan brand pelek ternama seperti BBS? Tentu bagi kalangan pecinta modifikasi mobil akrab di telinga untuk nama...