Beranda New Cars VIDEO: BMW M3 Terbaru Disiksa di Nurburgring, Pakai Grille “Sopan”

VIDEO: BMW M3 Terbaru Disiksa di Nurburgring, Pakai Grille “Sopan”

NURBURG, Carvaganza.com – Tahun ini kemungkinan besar akan menjadi tahun debut generasi baru dari BMW M3. Bahkan BMW sendiri baru-baru ini merilis teaser calon M3 sedang digeber di Nurburgring, Jerman, melalui sebuah video. Bisa ditebak kalau M3 nanti tidak akan tampil seperti M4 atau Seri 4 terbaru.

Jadwal peluncuran M3 generasi keenam adalah pada bulan September 2020, dengan akan mengusungn kode seri G80. Melalui video berduras 6 menit lebih ini, BMW mengungkap beberapa spesifikasi teknis yang akan dimiliki oleh M3 nantinya.

Pada video, Christian Flessa sebagai Head of Driving Dynamics Systems di BMW M memberikan presentasi terkait M3 yang sedang dikembangkan. Pengujian intensif dilakukan oleh BMW M baik di Nurburgring yang sangat menuntut, serta jalan raya berbagai kondisi. Hal ini tentunya demi mendapatkan keseimbangan terbaik performa dan keandalan M3 sebagai sedan sport harian.

Satu hal menarik yang diungkap Flessa pada video adalah bahwa M3 terbaru akan mendapatkan opsi sistem penggerak roda belakang (RWD) dan all-wheel drive (AWD). Opsi kedua akan tersedia dalam trim M xDrive. Sistem baru ini sudah diadopsi lebih dulu oleh model sedan Seri M lainnya, yaitu M5 dan M8.

Mesin untuk M3 dan M4 terbaru kemungkinan besar akan menggunakan unit berkode S58, enam silinder 3,0 liter twin-turbo. Dapur pacu tersebut seperti yang digunakan pada generasi terkini dari X3 M dan X4 M. Mesin ini menawarkan tenaga 473 hp pada versi standar, sementara untuk varian Competition ditingkatkan sampai 503 hp.

Menariknya lagi, Flessa mengatakan bahwa transmisi manual tetap akan ditawarkan untuk M3 terbaru nanti. Transmisi tradisional ini memiliki 6 percepatan. Sementara opsi transmisi lainnya adalah otomatis M Steptronic 8-speed.

Kedinamisan performa M3 dijelaskan didukung oleh sistem kestabilan baru yang dikembangkan. Para engineer menaruh perhatian khusus untuk pengembangan bagian chassis, terutama pada kemudi dan suspensi.

Grille Proporsional

Jika melihat sosok prototipe M3 yang sedang diuji dalam video, tampak BMW mempertahankan desain grille tradisionalnya. Meski masih dibalut kamuflase tebal, bagian fascia depan sudah cukup jelas terbaca.

Grille M3 pada video tampak sama seperti pada Seri 3 G20, tidak mengikuti desain Seri 4 Coupe yang belum lama meluncur. Grille ekstra besar dan kontroversial tersebut sama sekali tidak terlihat wujudnya pada M3.

Sepertinya BMW ingin membuat M3 dan M4 memiliki karakter yang saling berbeda. Sebagai seri angka ganjil, M3 mungkin ingin dijadikan sebagai produk yang lebih bisa diterima oleh banyak kalangan. Sementara M4 sebagai seri angka genap, untuk konsumen yang lebih emosional dan tampil berani di antara lainnya.

Benar atau tidak, tentunya kita masih harus menunggu sampai M3 dan M4 akhirnya resmi meluncur beberapa waktu mendatang.

Sumber: Carscoops, Paul Tan

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto