Varian Matic Renault Triber Pakai Transmisi AMT (Automated Manual Transmission)

Kamis (15/10), Renault Indonesia meluncurkan varian bertransmisi otomatis Triber. Low MPV (Multi Purpose Vehicle) asal brand Eropa yang diimpor dari India ini dijual dengan harga Rp 179,9 juta (OTR Jakarta).

Menariknya, transmisi yang digunakan adalah Automated Manual Transmission (AMT). Skema ini secara fungsi mirip dengan transmisi otomatis konvensional berbasis planetary gear namun dengan cara kerja berbeda. Ia juga sudah dilengkapi sistem tiptronik yang memungkinkan perpindahan gigi untuk kontrol akselerasi yang lebih presisi. Konsumen yang ingin Triber tanpa kopling ini bisa memilih varian RXT AMT (Rp 179,9 juta) atau RXZ AMT (Rp 184,9 juta) termasuk pajak kepemilikan mobil pertama wilayah Jakarta (OTR).

Davy J. Tuilan, Chief Operating Officer Maxindo Renault Indonesia (MRI) saat sesi peluncuran virtual mengatakan, "peluncuran ini cukup panjang karena Maxindo Renault Indonesia sudah membuka pemesanan Renault Triber AMT sejak perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Ternyata di Indonesia, Renault Triber jadi satu-satunya kendaraan bertransmisi AMT dengan teknologi tiptronik berbanderol di bawah Rp 200 juta."

Sumber foto: Cardekho

Saat peluncurannya, manajemen Renault India yang meproduksi kendaraan ini ikut menyampaikan pendapatnya. "Renault Triber diluncurkan perdana tahun lalu di India untuk mengisi celah B Segment. Kelas ini merupakan klasifikasi terbesar di pasar India dengan market 55 persen. Kami pun menghadirkan Renault Triber dengan tiga keunggulan, pertama fleksibilitas di mana Triber bisa difungsikan jadi mobl 5 atau 7 penumpang sesuai kebutuhan dan penggunaan. Kedua atraktivitas pada eksterior dan fiturnya. Desain SUV Triber membuatnya mencolok di B Segment. Terakhir adalah harganya, untuk memaketkan keunggulan Triber dalam komposisi harga yang bersaing," jelas Thomas Dubruel, Vice President Sales & Marketing secara online.

Tidak ada ubahan spesifikasi teknis pada mesin maupun kelengkapan fitur. Mobil bermerek Eropa ini tetap mengandalkan mesin 3-silinder 1,0 liter bertenaga 73 PS dan torsi 96 Nm. Inspirasi desain Low MPV ini adalah crossover. Makanya ia punya tampilan khas mobil penjelajah lintas alam. Bodi kekar berhias side moulding, skidplate, hingga roof rail. Menarik melihat desain seperti ini pada kendaraan dengan dimensi dan performa yang boleh dibilang terbatas.

Keunggulan utama Triber secara umum adalah fleksibilitas kabinnya. Ruang kabin dirancang dengan sistem modular. Bangku baris ketiga untuk dua penumpang dewasa, bisa dilepas pasang dengan mudah tanpa alat bantu khusus. Fitur ini tentu mendeskripsikan fungsi Multi Purpose Vehicle yang sesungguhnya. Menariknya semua ini bisa ditebus dengan harga yang relatif lebih terjangkau. Renault Triber dijual mulai harga Rp 166,9 juta sampai yang termahalnya Rp 183,9 juta.
IVAN HERMAWAN

 

Artikel yang direkomendasikan untuk anda