Valentino Rossi Umumkan Pensiun MotoGP Setelah 2021, akan Pindah ke Balap Mobil

Valentino Rossi

SPIELBERG, Carvaganza – Valentino Rossi telah resmi mengumumkan dirinya akan segera pensiun sebagai pembalap MotoGP setelah berkarir selama 25 tahun. Pengumuman dilakukannya pada akhir pekan seri MotoGP Styria 2021 di Red Bull Ring, Austria, hari Kamis (5/8/2021). Rossi akan hengkang dari MotoGP setelah musim 2021 berakhir. Selanjutnya, Rossi isyaratkan akan tetap membalap, namun di dunia roda empat.

Dirinya pertama kali bergabung bersama MotoGP pada 2000 bersama dengan motor pabrikan Honda setelah itu digaet oleh Yamaha selama enam tahun. Rossi juga sempat menjadi bagian dari tim Ducati dan kemudian kembali lagi ke Yamaha di tahun 2013. Di akhir karirnya ‘The Doctor’ bergabung dengan Petronas Yamaha Racing Team bersama dengan Franco Morbidelli dan Garrett Gerloff. 

Setelah pengumuman pensiun dirinya sempat bertukar cerita dengan saingan lamanya Dani Pedrosa di sela-sela latihan di Red Bull Ring, Styrian GP. Setelah menyampaikan pengalamannya berkarir di MotoGP ia juga menceritakan rencananya untuk beralih ke balapan mobil sebagai langkah selanjutnya setelah pensiun. 

Valentino Rossi

Dalam percakapan tersebut Rossi juga menyampaikan bahwa dirinya akan terus berada di dunia balap hingga 10 tahun ke depan. “Ya aku akan mencoba tantangan baru sebagai pembalap mobil, karena aku akan segera akan membalap hingga 10 tahun ke depan. Meskipun sedikit berbeda tapi saat ini aku sedang mencari kejuaran internasional untuk ku,” kata Rossi pada Pedrosa.

Baca Juga: Toyota GR Yaris Versi Hardcore Sedang Disiapkan di Nurburgring

Sementara itu, pembalap berusia 42 tahun tersebut juga diketahui sudah menyusun rencana tersebut dan akan memulai balap mobil pada tahun depan. Belum diketahui secara detail Rossi akan mengambil kompetisi apa, namun dikutip dari Racer.com Rossi ingin mengambil bagian dalam 24 Hours of Le Mans.

“Saya merasa bahwa saya adalah pengendara atau pengemudi seumur hidup. Jadi, saya hanya akan beralih dari sepeda motor ke mobil. Yang pasti, tidak pada level yang sama. Tapi Anda tidak pernah berlomba untuk bersenang-senang. Jika Anda seorang pembalap atau pembalap sejati, Anda berlomba untuk menjadi kuat dan untuk menang; (untuk) mencoba mendapatkan hasil yang baik. Saat ini saya tidak tahu mobil mana, saya tidak tahu balapan mana. Saya telah mengatakan bahwa saya ingin balapan di 24 Hours of Le Mans dan mengikuti banyak balapan mobil di seluruh dunia,” kata sang pemegang 7 gelar juara kelas primer.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by MotoGP™ (@motogp)

Dalam karirnya sebagai pembalap MotoGP, Rossi diketahui pernah mengikuti beberapa kompetisi balap mobil salah satunya adalah GT3 Gulf 12 Hours di Bahrain. Pada kejuaraan tersebut Rossi yang menggunakan Ferrari 488 GT3 dan berhasil berada di posisi empat. Selain itu Rossi juga sempat menjalani tes F1 dengan tim Ferrari pada 2005 dan 2008 dengan hasil yang juga cukup memuaskan. 

Alasan Valentino Rossi pensiun dari MotoGP di tengah musim ini karena melihat hasil balapan yang kurang memuaskan sehingga dirinya memutuskan untuk beralih ke ajang balap lain. Valentino Rossi telah menyabet tujuh gelar juara dalam ajang MotoGP selama berkarir 25 tahun dan menjadi ikon dari ajang balapan tersebut.
ALVANDO NOYA / WH

Baca Juga: Sebelum Stop Produksi, Honda NSX akan Hadirkan Varian Lebih Kencang

Sumber: Racer.com

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature