Sebelum Stop Produksi, Honda NSX akan Hadirkan Varian Lebih Kencang

  • NSX Type S
  • NSX Type S
  • NSX Type S

TOCHIGI, Carvaganza – Di antara model-model sportscar asal Jepang yang beredar saat ini, Honda NSX adalah salah satu yang performanya paling kencang. Pada generasi barunya, NSX hadir dengan konfigurasi mesin V6 didukung sistem hybrid. Namun dikatakan oleh Honda bahwa umur NSX tinggal menghitung hari, alias tidak akan bertahan lama.

Honda sudah memastikan untuk menyudahi produksi mobil sport dengan nama legendarisnya itu. Tapi sebelum akhirnya dihentikan, Honda telah menyiapkan versi lebih kencang untuk NSX jelang akhir hidupnya. Digadang-gadang varian baru ini akan bernama NSX Type S, yang telah ditunjukkan wujudnya lewat teaser dari Honda.

NSX varian baru ini kabarnya siap meluncur dalam waktu beberapa pekan mendatang. Teaser yang disebar oleh Honda menunjukkan sejumlah perbedaan dan ubahan tampilan yang diterapkan untuk coupe bermesin tengah (mid engine) ini, demi mengimbangi peningkatan performanya. Selain itu, NSX Type S juga akan dirilis dalam jumlah terbatas.

NSX Type S

Pada teaser yang terbagi dalam lima buah foto, langsung terlihat Honda akan memberikan eksterior berwarna abu-abu sebagai hero color NSX baru. Warna eksterior itu dipadukan dengan sentuhan trim berwarna hitam pada body, yang kemungkinan akan bermaterial karbon. Dan di balik velg berpalang limanya, terpasang kaliper rem berwarna merah menegaskan aura performa kencangnya. Jangan sampai ketinggalan emblem Type S di bagian bawah fender belakang.

Baca Juga: Hungaroring, Sirkuit 'Langganan' Pembalap F1 Raih Kemenangan Perdana

Menurut Autocar, hanya akan ada 350 unit NSX Type S diproduksi untuk menandakan akhir masa produksinya. Honda sendiri menjanjikan NSX Type S akan memberikan “peningkatan performa dan desain dengan tujuan untuk menciptakan model yang melampaui semua model NSX yang pernah hadir sebelumnya”.

Sejauh ini sebesar apa peningkatan performa yang akan ditawarkan belum disebutkan oleh Honda. Namun prediksinya, mesin V6 3.5 liter dengan sokongan motor listrik akan memberikan tenaga mendekati 600 hp, dari output standar yang hanya 580 hp. Bisa dibilang, NSX Type S akan menjadi model produksi paling bertenaga yang pernah dibuat Honda.

Bisa dipastikan peningkatan performa mesin akan diiringi oleh peningkatan kekuatan pada chassis dan pengereman. Dengan begitu, performa NSX Type S akan semakin lincah untuk dibawa kencang, termasuk di trek. Di kelasnya, NSX menjadi rival bagi Nissan GT-R sebagai sesama mobil sport Jepang, serta masih bisa mengimbangi kencangnya Porsche 911.

NSX Type S

Untuk menandakan ekslusivitasnya, Honda akan memberikan aksen warna merah pada bagian ruang mesin, agar tampilan NSX semakin agresif. Lalu akan terpasang juga plakat yang menyantumkan nomor seri setiap unitnya.

Produksi NSX akan tetap berlanjut dari pabrik Honda Performance Manufacturing Centre di Amerika Serikat, sebelum kemudian stop produksi di Desember 2022. Dari 350 unit yang telah ditetapkan, 30 unit sudah dipastikan akan datang ke Jepang seperti dilansir Autocar. Inggris sendiri kabarnya tidak akan menawarkan mobil ini secara resmi, menyusul sudah tidak dijualnya NSX sejak 2020.
WAHYU HARIANTONO

Baca Juga: Toyota GR Yaris Versi Hardcore Sedang Disiapkan di Nurburgring

Sumber: Autocar

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Honda Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya