Usai Balapan GP Inggris 2021, Vettel Bersih-Bersih Tribun Silverstone

SILVERSTONE, Carvaganza – Grand Prix Inggris 2021 masih dan akan terus menjadi pembahasan untuk para penggemar Formula 1 karena berlangsung dramatis. Aksi  kontroversial antara Lewis Hamilton dan Max Verstappen dalam perebutan gelar juara dunia mencapai puncaknya di Silverstone. Tapi, bukan hanya Hamilton dan Verstappen yang sukses mencuri perhatian pasca balapan berakhir.

Sebastian Vettel menjadi sorotan di Silverstone setelah balapan, menyusul aksi uniknya yang menghampiri grandstand penonton. Pembalap tim Aston Martin itu melakukan aksi sosial dengan bersih-bersih tribun penonton di sirkuit Silverstone. Bersama sejumlah relawan, Vettel membersihkan sampah yang ditinggalkan para penonton yang hadir langsung ke sirkuit.

Tercatat sebanyak lebih dari 140.000 fans F1 hadir di Silverstone pada hari Minggu (18/7/2021), yang menyaksikan kemenangan heroik Hamilton di negaranya sendiri. Padatnya penonton yang hadir meninggalkan banyak sampah yang berserakan di tribun. Ternyata warga negara Inggris tidak jauh berbeda dengan kebiasaan buruk masyarakat Indonesia.

Vettel

Vettel dengan inisiatifnya mengajak sejumlah relawan untuk aktif langsung membersihkan tribun dari sampah yang dibuang sembarangan oleh penonton. Aksinya menjadi sorotan di media sosial, yang mengatakan Vettel dibantu oleh marshal sirkuit dan beberapa penggemarnya. Dengan tidak terlibat di persaingan gelar juara dunia tahun ini, sepertinya Vettel jadi punya waktu untuk memikirkan hal selain balapan saat masih di sirkuit.

Dalam aksinya, Vettel tampil santai dengan mengenakan kaus seragam tim, dipadukan celana pendek, serta masker dan sarung tangan untuk menjamin sanitasi. Akun media sosial F1 sampai mengunggah aksi Vettel dengan caption “Dia mengalami balapan yang berat, tapi itu tidak menghentikannya Sebastian Vettel menepati janjinya dan menetap lebih lama bersama seklompok penggemar untuk membantu membersihkan sampah di tribun”.

Aksi ini menuai banyak pujian dan reaksi positif dari para netizen dan penggemar F1 di dunia maya. “Dia bukan hanya seorang pembalap, seorang ahli strategi, mekanik, guru tapi juga seorang pembersih!”, tulis salah satu penggemar di kolom komentar.

Vettel, mantan juara dunia F1 empat kali, tidak mengalami akhir pekan yang memuaskan di Silverstone. Di balapan, Vettel gagal bersaing menembus sepuluh besar karena insiden yang dialaminya di awal balapan. Ketika balapan dimulai ulang setelah kecelakaan Verstappen, Vettel melintir di tikungan 8 saat berduel dengan Fernando Alonso. Insiden itu membuatnya terlempat ke barisan belakang.

Vettel

“Akhir pekan ini tampak menjanjikan dan, tanpa semua masalah, saya seharusnya bisa finish denagn baik meraih poin,” kata Vettel dikutip The Sun. “Saya sangat kecewa kehilangan kendali saat bertarung wheel-to-wheel dengan Fernando.”

Sejak bergabung ke Aston Martin awal musim ini, Vettel belum benar-benar bisa menunjukkan performa kompetitif. Performanya di papan tengah persaingan belum menunjukkan hasil konsisten, baik di kualifikasi maupun balapan. Namun Vettel telah berhasil mendapatkan podium, saat finish kedua di seri Azerbaijan. Dengan koleksi 30 poin, sementara ini Vettel berada di posisi ke-10 klasemen pembalap.
WAHYU HARIANTONO

Sumber: The Sun

Artikel yang direkomendasikan untuk anda