Beranda Modification Transformasi BMW X7, Makin Garang Berkat Garapan Lumma Design

Transformasi BMW X7, Makin Garang Berkat Garapan Lumma Design

JAKARTA, Carvaganza.com – Modifikasi atau custom bukan lagi pekerjaan mudah. Kenapa? Mobil-mobil memiliki desain yang lengkap, anggun, mewah, sporty, hingga macho. Contoh saja BMW X7, SUV supermewah asal Jerman. Desain aslinya sudah memancarkan aura tangguh. Desainnya sudah cukup dan sayang untuk diotak-atik. Namun, Lumma Design, rumah kreatif otomotif asal Jerman mengubah wujudnya dengan menyediakan paket modifikasi bernama CLR X7.

Tubuhnya dibuat makin berotot dan rendah, terutama sektor kaki-kaki. Body-kit buatan Lumma sendiri mencakup semua sisi. Bumper depan banyak diberikan detail berupa corak honeycomb, baik pada intake maupun rumah foglamp. Lekukan kekinian pada area lampu kabut menguatkan konsep sporty.

Lebar X7 yang sudah besar makin dimelarkan sekitar 50 mm tiap sisi. Kubah fender menonjol, sehingga membuatnya terasa dapat melewati beragam medan. Walau memang ini lebih kepada estetika. Menariknya terdapat bukaan pada area ini yang berfungsi sebagai saluran udara untuk mendinginkan sistem pengereman.

Ruang yang besar tentu membutuhkan konfigurasi pelek dan ban sesuai. Lumma CLR 24 RS alloy dipilih untuk mengisi kekosongan di empat sisi. Kelir hitam dengan tepian mengilap mempercantik motif multi-spoke-nya. Berdimensi 24 inci, pada depan lebarnya 10 inci, dan 13 ini untuk belakang.

Cengkraman ban makin luas seharusnya mempengaruhi pengendalian, sambil mempertahankan beban unsprung minimum. Karet bundar performa tinggi dengan ukuran 295 dan 355 mm dipercaya. Lumma juga menyediakan pilihan lebih kecil, 23 inci bernama CLR 23 LR. Desainnya tak kalah menarik.

Baca juga: Mansory Cabrera, Modifikasi Aventador SVJ Super Ekstrem dan Eksklusif

Interior Minim

Buritan tak terlalu ekstrem. Diffuser gelap terlihat jelas bersama bumper dengan bukaan knalpot ganda di kedua ujung. Area itu menyambung dengan fender belakang yang mencuat. Sementara spoiler atas yang meneruskan garis atap, melengkapi tampilan sporty dan elegan.

Interior tak diubah secara spesifik. Lantaran Lumma menyodorkan opsi personalisasi bagi konsumen seluas-luasnya. Mulai dari menyematkan satu set pedal aluminium, karpet dengan bordir khusus, sampai lapisan kulit dengan motif atau warna tertentu, dapat diwujudkannya.

Saat pengenalan konsep pada 2019, Lumma sempat mengungkapkan paket ini mencakup tuning jantung mekanis. Mesin V8 berkubikasi 4,4 liter berteknologi turbocharged disetel ulang, termasuk mengganti sistem pembuangan gas.

Sayangnya, saat ini opsi tersebut belum terealisasi, alias baru sebatas body-kit, pelek dan interior. Paket CLR X7 Lumma termasuk pelek 23 inci dibanderol mulai €16.750 atau Rp 280 jutaan. Penggunaan pelek lebih besar tentu membuat harga bertambah. Angka ini belum termasuk biaya pasang dan pengecatan.

Sumber: Lumma Design

Baca juga: Lumma Design Ubah Karakter Elegan BMW X7

MUHAMMAD HAFID | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto