Toyota Tunjukkan Tampang SUV Full Listriknya, Rencananya Diluncurkan Minggu Depan

JAKARTA, CARVAGANZA - Akhirnya Toyota merilis siluet mobil listrik pertamanya ,X-Prologue. Mobil ini rencananya akan dikenalkan ke publik minggu depan. Mobil listrik ini berdiri di atas platform e-TNGA (Toyota New Global Architecture) sebagai SUV (Sport Utility Vehicle) seukuran RAV4. Meski demikian, Toyota belum mengonfirmasi .

Menariknya, platform e-TNGA yang dikembangkan oleh Subaru. Basis pengembangan produk ini akan menjadi digunakan untuk mobil listrik Toyota, Lexus dan Subaru. Ketiga brand ini juga akan mulai mengumumkan model-model mereka pada pertengahan 2021. Mobil yang berdiri di atas platform tersebut dapat menggendong konfigurasi penggerak roda depan, belakang maupun all-wheel-drive.

Toyota memang dikenal sebagai raja otomotif dunia karena pencapaian penjualan yang sering berada di posisi puncak. Namun sayang setelah Prius, belakangan ini belum ada lagi mobil listrik atau hybrid Toyota yang mendapat angka penjualan tinggi. Diharapkan kehadiran Toyota X-Prologue di arena mobil listrik dapat menambah seru kontes persaingan mobil listrik secara global.

Melalui secui foto, Toyota sengaja mengungkap sedikit wujud X-Prologue. Tampilan depan terlihat menggunakan headlight LED dengan day-time running lights LED membentang di atasnya. Terdapat desain seperti tumpukan garis di sepanjang bumper depannya. Jelasnya, mobil ini sepertinya akan memiliki desain yang jauh berbeda dibandingkan model Toyota lainnya. Bagian bonnet atau kap mesinnya juga sepertinya terlihat lebih pendek dari SUV pada umumnya.

Toyota menargetkan untuk memasarkannya di Eropa dan Australia. Mobil ini diproduksi di pabrik Toyota di Jepang yang memang khusus disiapkan untuk memproduksi mobil listrik. Hebatnya, Toyota juga akan mengembangkan sendiri teknologi baterai yang akan menyuplay energi ke motor listrik dan diklaim memiliki tenaga yang terbesar di kelasnya.

Subaru yang terlibat dalam proses pengembangan mobil ini dikabarkan juga akan menghadirkan X-Prologue dalam versinya sendiri. Jika melihat tampilan Toyota X-Prologue, kemungkinan Subaru akan menggunakan bahasa desain EV Concept yang sempat dipamerkan pada 2020 lalu. Terdapat kabar juga bahwa Subaru akan menggunakan Evoltis sebagai nama untuk SUV listriknya ini nanti.

Dikutip di autoadvice.com, juru bicara Toyota Global menyampaikan bahwa ini bukan hanya kendaraan yang dapat dinikmati pengendaraannya tetapi juga memiliki tampilan yang indah.

"Toyota akan segera mengambil langkah baru dalam peluncuran portofolio mobil listrik lewat SUV kompak. Selain itu, kepraktisan dan fleksibilitas teknologi e-TNGA memnjadikan kami mampu merancang dan membuat kendaraan yang tidak hanya efisien dan ramah lingkungan karena bertenaga listrik, tetapi juga menyenangkan untuk dikendarai dan indah untuk dilihat,”kata Juru Bicara Toyota Motor Company.

Dijadwalkan, Toyota akan segera merilis SUV listriknya ini pada 17 Maret mendatang lengkap dengan detail angka performanya. ALVANDO NOYA / RS

Artikel yang direkomendasikan untuk anda