BMW Berwajah Kontroversial Pamer Diri Sebagai Safety Car MotoGP 2021

QATAR, CARVAGANZA – Ajang MotoGP musim 2021 akan segera dimulai pada akhir pekan ini di sirkuit Losail, Qatar. Setelah seluruh tim dan pembalap melakukan tes pra musim pada minggu lalu, kini giliran Dorna Sport memperkenalkan Safety Car dan safery bike yang digunakan pada musim 2021. BMW akhirnya menambah armada Safety Car yakni BMW M3, M4 Competition, M5 CS dan BMW M 1000 RR. Ini pertama kalinya BMW menyematkan tuningan khas M pada motor 1000 RR. Total akan ada tiga BMW M dan satu motor pemandu sebagai kendaraan keselamatan sepanjang musim.

BMW MotoGP

Untuk musim ini BMW juga mengubah kebiasaan lama safety car yang awalnya berkelir putih. BMW kini memutuskan untuk menampilkan safety car dengan warna-warna pilihan pabrikan. Salah satu yang mencolok adalah BMW M4 Competition Coupe dengan kelir Sao Paolo Yellow.

BMW M5 CS ditampilkan dalam warna BMW Individual Frozen Deep Green Metallic. Sedangkan M3 Competition Sedan menggunakan warna yang agak kalem, yakni Frozen Dark Grey metallic. M 1000 RR dalam perannya sebagai sebagai safety bike MotoGP 2021 adalah satu-satunya yang tampaknya mempertahankan lapisan cat putih dengan corak M.

BMW MotoGP

Tulisan Safety Car pada M3 dan M5 CS terpampang besar dengan kelir Galvanized Gold atau emas, sedangkan M4 Competition Coupe menggunakan warna hitam murni. Selain itu, baik M3 dan M4 mendapat sedikit ubahan pada desain knalpotnya.

Pada interiornya tidak tersedia lagi bangku baris kedua dan terdapat roll bar di sekitarnya. Semua model yang menjadi safety car pada MotoGP 2021 ini juga sudah menggunakan kap mesin quick release dan tombol emergency di dalamnya. Ditambah lagi, terdapat lampu rotator dan satu set lightbar yang rapi dan membuatnya terlihat sedikit beda dari safety car yang lain.

BMW MotoGP

Berbicara mesin sudah pasti ketiganya merupakan “hewan buas” karena merupakan hasil produksi BMW M Performance. BMW M3 dan M4 Competition Coupe dibekali dengan mesin 6-silinder 3,0-liter twin-turbo yang menghasilkan tenaga maksimal hingga 502 hp dan torsi 650 Nm. Tenaga dan torsi tersebut dialirkan ke roda belakang melalui transmisi otomatis 8-percepatan.

Sedangkan BMW M5 CS 2021 diketahui menggendong mesin V8 4,4-liter twin-turbo yang mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 626 hp dan torsi 750 Nm. Ini merupakan performa terbuas yang pernah diproduksi oleh BMW sebagai safety car dan M5 CS memiliki keunikan yakni rangka alumuniumnya yang lebih ringan di banding model lainnya. Sehingga performa dapat lebih maksimal dengan dukungan bobot yang ringan.

BMW MotoGP

Untuk safety bike pada ajang MotoGP 2021 ini adalah BMW M 1000 RR yang diketahui merupakan model pertama yang disentuh oleh divisi M. Sesuai dengan namanya BMW M 1000 RR dibekali dengan mesin 4-silinder 1.000 cc dengan tenaga 212 hp dan torsi maksimal 112 Nm. Bahkan tenaganya tersebut dapat melesatkan 1000 RR hingga pada kecepatan maksimal 300 km/jam.

“Pada tahun 2021, kami akan memulai musim ke-23 bersama-sama (Dorna Sport & BMW M) dan mepresentasi armada baru BMW yakni tiga safety car dan safety bike dengan performa tinggi. Ini menunjukkan kekuatan dan keseriusan kemitraan kami dan kami sangat berterima kasih kepada BMW M GmbH atas keterlibatannya,” kata Carmelo Ezpeleta, CEO of Dorna Sport sekaligus penyelenggara MotoGP. ALVANDO NOYA / RS

Artikel yang direkomendasikan untuk anda